Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

20 Biaya Bikin Rumah Bambu Sederhana 2022 : Material & Upah

Biaya Bikin Rumah Bambu Sederhana

Biaya Bikin Rumah Bambu Sederhana – Membangun rumah impian sendiri memang menjadi impian bagi sebagian besar orang. Dimana kalian bisa membangun rumah mulai dari nol sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, pembangunan rumah sendiri sering kali mengalami kendala terkait masalah biaya, waktu serta tenaga.

Oleh sebab itu, apabila kalian memiliki bujet yang tidak terlalu besar untuk membangun rumah, maka rumah bambu dapat menjadi solusi alternatif lainnya. Selain proses pembangunannya terbilang murah, rumah bambu juga tergolong sangat sederhana, namun tetap dapat memberikan kesan elegan.

Bahkan jika konsep rumah bambu sederhana di modifikasi menjadi seperti rumah minimalis modern, maka akan menghasilkan tampilan yang sangat indah. Tentunya ketika memutuskan untuk membangun rumah bambu sederhana, kalian harus memperhitungkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan matang sejak awal, entah itu untuk ongkos pekerja ataupun pembelian materialnya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membantu menjelaskan bagaimana cara menghitung biaya bikin rumah bambu sederhana untuk semua tipe ataupun ukurannya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami bahas secara tuntas mengenai tips atau cara membangun serta merawat rumah bambu sederhana.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Bambu

Seperti diketahui, saat ini material bambu merupakan salah satu bahan alami terbesar yang memiliki peran cukup penting di dalam dunia konstruksi bangunan. Dimana salah satu kegunaan atau fungsi bambu sebagai bahan bangunan yaitu ramah terhadap lingkungan sekitar.

Meskipun demikian, bukan berarti rumah bambu sederhana tidak mempunyai kelemahan sedikitpun. Sebagai bahan pertimbangan sebelum bikin rumah bambu sederhana, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Harga material bambu terjangkau dan sangat ekonomis.
  • Bambu memiliki sifat elastisitas tinggi.
  • Proses pembuatan rumah bambu terbilang cukup mudah.
  • Bambu ramah terhadap lingkungan sekitar.
  • Bambu dapat diubah menjadi beragam bentuk dengan mudah.
  • Rumah bambu mempunyai desain berestetika tinggi.
  • Rumah bambu tahan terhadap guncangan gempa.
  • Rumah bambu lebih nyaman dihuni.

Kekurangan

  • Rumah bambu rentan mengalami pembusukan.
  • Rumah bambu rentan terbakar.
  • Karakteristik material bambu tidak seragam.
  • Rumah bambu rentan terserang hama.
  • Sambungan pada rumah bambu kurang kuat.
  • Tingkat kekuatannya lebih rendah dari kayu.

Ukuran Standar Rumah Bambu Sederhana

Ukuran Standar Rumah Bambu Sederhana

Perlu diketahui, besaran biaya bikin rumah bambu sederhana sebenarnya akan dipengaruhi oleh ukuran atau tipe bangunannya. Namun secara garis besar ukuran rumah bambu sederhana dibuat menjadi bangunan tipe 36 di atas tanah seluas 45 sampai 60 meter persegi.

Biasanya rumah bambu sederhana tipe 36 ini mempunyai 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu sekaligus ruang keluarga serta dapur. Namun, terdapat juga beberapa orang yang membangun rumah bambu sederhana dengan 2 kamar tidur, namun ukuran ruangannya tentu akan lebih kecil.

Sebenarnya penataan ruang pada rumah bambu sederhana tergantung pada keinginan pemiliknya, asalkan bisa memberikan suasana nyaman dan aman. Akan tetapi, kembali lagi bahwa penataan ruang nantinya juga bisa mempengaruhi besaran biaya bikin rumah bambu sederhana.

Biaya Bikin Rumah Bambu Sederhana

Menurut sebagian besar orang, besaran biaya bikin rumah bambu sederhana akan sedikit lebih murah dibandingkan biaya pembuatan rumah kayu sederhana. Sebab, di pasaran Indonesia sendiri harga bambu masih lebih rendah dibandingkan dengan harga material kayu.

Bahkan rumah bambu sederhana dapat kalian bikin dengan anggaran dana tidak lebih dari Rp 10.000.000. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya bikin rumah bambu sederhana tipe 36 (6 m x 6 m) di bawah ini, mulai dari pondasi, struktur dinding hingga rangka atap.

Pondasi Rumah Bambu

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika hendak bikin rumah bambu sederhana yaitu terkait biaya pembuatan pondasi bangunannya. Biasanya pondasi rumah bambu menggunakan batu kali dan hanya ditaruh di bagian struktur kolom utamanya saja.

Dimana rumah bambu sederhana hanya membutuhkan 9 buah batu kali. Apabila masing-masing pondasi batu kali di banderol dengan harga Rp 20.000 per buahnya, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 180.000.

Urugan Tanah Rumah Bambu

Urugan tanah juga termasuk ke dalam pekerjaan persiapan pembuatan rumah bambu sederhana. Rumah bambu sederhana membutuhkan pengerjaan urugan tanah setinggi 30 cm sehingga total volumenya yaitu sekitar 19.2 m3 (8 m x 8 m x 0.3 m). Apabila saat ini harga tanah per meter kubiknya adalah Rp 50.000, maka siapkanlah anggaran biaya untuk pekerjaan urugan tanah sebesar Rp 960.000.

Struktur Kolom Rumah Bambu

Seperti diketahui, struktur kolom utama pada sebuah bangunan berfungsi untuk menopang beban berat di atasnya, termasuk para rumah bambu sederhana. Pada pembuatan rumah bambu sederhana, tentunya struktur kolom utamanya pasti menggunakan material bambu sejumlah 9 buah.

Misalkan asumsi harga satu buah material bambu sebagai kolom utama rumah di banderol sebesar Rp 50.000, maka untuk 9 buah bambu membutuhkan anggaran dana sebesar Rp 450.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa harga bambu dapat berbeda di beberapa daerah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Dinding Rumah Bambu

Perhitungan biaya bikin rumah bambu sederhana selanjutnya yaitu mengenai dinding bangunannya. Kebanyakan orang membuat dinding rumah bambu sederhana menggunakan anyaman bambu. Misalkan ukuran bangunannya adalah (6 m x 3 m) x 6 buah, maka kalian perlu mempersiapkan anyaman bambu seluas 108 meter persegi.

Di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali penyedia material anyaman bambu yang menjualnya dengan ukuran standar 3 meter persegi (3 m x 1 m) seharga Rp 100.000. Maka, untuk dinding rumah bambu sederhana seluas 108 m2, kalian membutuhkan biaya sebesar Rp 3.600.000 ((108 m2 ÷ 3 m2)) x Rp 100.000).

Lantai Rumah Bambu

Langkah selanjutnya yaitu menghitung lantai rumah bambu sederhana. Jika ingin lebih menarik, saran kami sebaiknya gunakanlah material lantai dari screed beton setebal 7 cm. Biasanya harga material beton ukuran tersebut berada di kisaran Rp 500.000 per meter kubiknya.

Untuk rumah bambu sederhana, total volume bidang pekerjaan lantainya yaitu sekitar 2.52 m3 (6 m x 6 m x 0.07 m). Jadi, untuk bikin lantai screed beton setebal 7 cm pada rumah bambu sederhana seluas 2.52 meter kubik, kalian membutuhkan biaya sebesar Rp 1.260.000.

Rangka Atap Rumah Bambu

Karena konsep pembuatan rumah bambu seluruhnya akan menggunakan material bambu, hal ini juga pastinya berlaku untuk rangka atapnya. Siapkanlah anggaran biaya untuk pembuatan rangka atap beserta penutupnya sekitar Rp 2.000.000. Sebagai informasi, rumah bambu sederhana tidak membutuhkan plafon supaya ruangan bisa menjadi lebih tinggi dan sejuk.

Kamar Mandi Rumah Bambu

Perhitungan biaya bikin rumah bambu sederhana terakhir yaitu terkait pembangunan kamar mandi serta septic tank. Karena rumah bambu sederhana hanya bisa ditinggali oleh keluarga kecil, maka pembuatan septic tank juga bisa menggunakan ukuran sedang. Setidaknya kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 1.500.000 untuk membuat kamar mandi dan septic tank.

Dari data perhitungan di atas, maka total biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat rumah bambu sederhana mulai dari pondasi, struktur dinding hingga rangka atap yaitu kurang lebih sekitar Rp 9.995.000. Namun, kembali lagi bahwa anggaran biaya tersebut tergantung pada harga material bambu saat ini di daerah kalian.

Tips Membangun & Merawat Rumah Bambu

Tips Membangun & Merawat Rumah Bambu

Di atas sudah dibahas secara lengkap besaran biaya bikin rumah bambu sederhana untuk semua tipe dan ukurannya. Selanjutnya juga akan kami berikan sejumlah tips membangun serta merawat rumah bambu sederhana. Adapun beberapa tips membangun beserta merawat rumah bambu tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pilihlah material bambu yang sudah matang.
  • Pilih jenis bambu berkualitas.
  • Diamkan bambu beberapa hari sebelum digunakan.
  • Bersihkan bambu dari kotoran ataupun noda.
  • Pastikan bambu tidak mengandung cairan glukosa di dalamnya.
  • Awetkan bambu menggunakan oli bekas ataupun minyak tanah.
  • Keringkan bambu dengan memanfaatkan udara alami.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar perhitungan estimasi biaya bikin rumah bambu sederhana untuk semua tipe dan ukurannya, mulai dari pondasi, dinding bangunan hingga rangka atap. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat rumah sederhana dari material bambu.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *