Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Bangun Rumah 50 Juta

Biaya Bangun Rumah 50 Juta

Biaya Bangun Rumah 50 Juta – Memiliki sebuah hunian dengan bujet murah pastinya menjadi keinginan bagi setiap orang. Pasalnya, rumah dengan biaya pembangunan terjangkau mampu memberikan keringanan kepada pemilik hunian untuk mewujudkan rumah impian mereka.

Di Indonesia sendiri saat ini memiliki rumah minimalis memang menjadi idaman oleh sebagian besar orang. Bagaimanapun juga, rumah desain minimalis bisa memberikan kesempatan bagi pemilik dalam membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya sejak awal.

Pembuatan RAB tersebut diharapkan bisa merealisasikan rumah impian, bahkan hanya bermodalkan biaya 50 juta sekalipun. Akan tetapi, pemilik benar-benar harus teliti dalam mengendalikan atau mengalokasikan anggarannya sehingga pengeluaran dana bisa terkontrol.

Oleh sebab itu, jika berencana membangun rumah 50 juta, alangkah baiknya buat perencanaan pembangunannya dengan matang sejak awal. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya bangun rumah 50 juta, mulai dari konsep, desain, pemilihan bahan material hingga pekerjanya.

Konsep Rumah Modal Biaya 50 Juta

Konsep Rumah Modal Biaya 50 Juta

Sebagaimana diketahui, perihal membangun rumah dapat dipastikan semua orang memiliki prinsip sama, yaitu mendapatkan rumah sebagus mungkin dengan biaya semurah mungkin. Untuk mewujudkan prinsip tersebut, diperlukan adanya komitmen dalam merencanakan segala hal terkait biaya pembangunannya.

Maka dari itu, disini akan kami bahas mengenai bagaimana cara membangun rumah dengan modal biaya 50 juta. Namun, sebelum pembahasan biaya bangun rumah 50 juta berlanjut ke substansial, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa konsepnya.

Rumah Minimalis

Seperti dijelaskan di atas, rumah minimalis merupakan gaya desain rumah yang sedang populer di dunia properti saat ini. Tidak hanya memberikan kesan modern, keuntungan dari rumah konsep minimalis merupakan salah satu cara efektif dalam menghemat anggaran biaya pembangunan.

Meskipun pengadaan perabotan terbatas, namun masih tetap mempertahankan tampilan rumah yang elok. Jadi, jika kalian berkomitmen membangun rumah minimalis maka seharusnya pembiayaan tidak akan terlalu memforsir anggaran dana.

Rumah Tumbuh

Salah satu cara untuk mewujudkan membangun rumah impian biaya 50 juta yaitu menerapkan konsep rumah tumbuh. Dimana konsep ini memungkinkan pemiliknya bisa merenovasi ketika hendak menambah ruangan utama di dalamnya, akan tetapi tidak merubah rangka atasnya.

Rumah Tanpa Sekat

Konsep terakhir untuk memangkas biaya bangun rumah menjadi 50 juta yakni menerapkan desain interior rumah tanpa sekat atau blong. Tentunya rumah blong atau minim sekat ini akan menekan biaya pengeluaran menjadi lebih kecil karena pengadaan perabot menjadi lebih sedikit.

Tips Mengatur Biaya Bangun Rumah 50 Juta

Setelah mengetahui beberapa konsep rumah di atas, selanjutnya kalian juga harus mengerti beberapa tips dan cara cermat dalam membangun rumah dengan modal biaya 50 juta. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian biaya bangun rumah 50 juta di bawah ini.

Menentukan Desain Rumah 50 Juta

Menentukan Desain Rumah 50 Juta

Maksud dari komitmen desain disini yaitu pemilik rumah harus menyadari ekspetasi anggaran biaya 50 juta akan dibelanjakan kemana saja. Sebagai contoh biaya mendirikan konstruksi bangunan per meter persegi saat ini adalah Rp 2.000.000, maka rencanakan PEMBANGUNAN RUMAH TYPE 36 atau type 25. Pada rumah seluas itu kalian dituntut agar bisa mengalokasikan dana secara bijak.

Belanja Bahan Material Murah

Belanja Bahan Material Murah

Perencanaan selanjutnya dalam pembangunan rumah modal bujet 50 juta yaitu membelanjakan material berharga murah. Meskipun murah, kalian juga harus tetap memperhatikan kualitas bahan materialnya, minimal pilih material bangunan lokal kualitas standar.

Pemilihan Tukang

Pemilihan Tukang

Hal penting selanjutnya dalam mengalokasikan biaya bangun rumah 50 juta yaitu pemilihan tukang atau pekerja bangunan. Saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja sistem borongan atau pemborong. Hal ini dikarenakan HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN diklaim lebih murah dibandingkan tukang harian.

Namun, pastikan kalian memilih jasa pemborong atau kontraktor berpengalaman di bidangnya. Jika bingung, silahkan pertimbangkan dengan menanyakan ke teman atau tetangga yang pernah menggunakan jasa kontraktor ketika membangun sebuah hunian.

Susunan Bangunan

Susunan Bangunan

Tips terakhir yaitu pemilihan susunan atau lapisan bangunannya. Mengingat anggaran biaya pembangunan rumah hanya 50 juta, maka pertimbangkan dengan baik pemilihan struktur bangunannya. Sebagai gambaran, berikut akan kami berikan beberapa bangunan yang perlu kalian perhatikan perencanaannya.

  • Dinding luar sebaiknya tersusun dari batu bata menggunakan finishing aci ataupun plester.
  • Gunakan rangka atap baja ringan karena harganya lebih murah dibandingkan rangka atap kayu.
  • Jika membeli keramik dirasa terlalu mahal, lapisi lantai menggunakan karpet untuk sementara.
  • Apabila rangka atap rumah sudah bagus, maka tidak perlu memasang plafon, cukup ditutup dengan gypsum rangka besi saja.
  • Pilihlah keperluan lainnya seperti perabotan dan ornamen tambahan sesuai kebutuhan.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar tips dan cara merencanakan biaya bangun rumah 50 juta mulai dari penentuan konsep hunian, desain, pembelanjaan material hingga pemilihan pekerja bangunannya. Pada intinya, supaya mendapatkan rumah dengan biaya tidak terlalu besar memang mengharuskan kalian cermat dalam mengatur alokasi dana.

Jadi, tidak ada salahnya untuk bereksperimen dan mencari informasi secara teliti agar rumah impian dapat segera terwujud. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membangun rumah dengan modal bujet 50 juta.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *