Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Bangun Rumah Type 45

Biaya Bangun Rumah Type 45

Biaya Bangun Rumah Type 45 – Memiliki hunian pribadi merupakan impian bagi semua orang, terutama mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Karena dengan tinggal di rumah sendiri, kehidupan rumah tangga akan terasa lebih nyaman dan kalian juga bisa mengatur urusan rumah tangga dengan lebih teratur.

Selain itu, kalian juga bisa mendesain dan mengkonsep rumah sesuai dengan keinginan yang tentunya memberi kepuasan tersendiri. Salah satu jenis hunian yang sangat popular di Indonesia dan paling banyak diminati oleh masyarakat adalah rumah type 45.

Rumah type 45 ini memiliki desain yang menarik dan mempunyai ruang yang sedikit lebih luas daripada rumah type 36. Hunian ini juga tergolong dalam rumah minimalis yang memiliki luas bangunan sekitar 45 meter persegi dan luas tanah yang biasanya tidak lebih dari 100 meter persegi.

Nah, bagi kalian yang berminat untuk membangun rumah type ini, sebaiknya kalian persiapkan perencanaan pembangunannya dengan matang. Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai biaya bangun rumah type 45.

Biaya Bangun Rumah Type 45 Terlengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hunian type 45 ini tergolong dalam jenis rumah minimalis yang mewah. Hal itu bukan tanpa alasan, rumah tersebut sudah didukung dengan fasilitas satu ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi, garasi, dapur dan taman. Ada juga orang yang mendesain hunian ini dengan desain 2 LANTAI, sehingga rumah akan terasa lebih luas.

Tips Membuat Biaya Anggaran Pembangunan Rumah

Tips Membuat Biaya Anggaran Pembangunan Rumah

Supaya anggaran biaya bangun rumah type 45 tepat sasaran, berikut ini akan kami berikan beberapa tips dalam membuat biaya anggaran pembangunan rumah. Di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Tujuan Membuat Anggaran Biaya

Melakukan perencanaan yang matang mengenai anggaran pada saat membangun rumah sejak awal sangat penting untuk dilakukan. Hal itu bertujuan agar kalian dapat memonitor penggunaan ruang serta memantau harga material yang naik-turun, perangkat halus, perangkat keras dan ongkos tukang yang mengerjakan.

2. Keuntungan Melakukan Perhitungan Anggaran

Apabila kalian sudah membuat anggaran dana pembangunan rumah, hal ini bisa jadi patokan kalian pada saat ingin merenovasi rumah. Kalian harus mencatat anggaran dengan detail, mulai dari desain, harga bangunan, serta tarif pekerja.

3. Simulasi Membuat Anggaran Biaya

Lakukanlah simulasi untuk menyusun perkiraan anggaran biaya untuk membangun rumah yang biasa dilakukan oleh kontraktor. Hal itu bertujuan agar nantinya pada proses pembangunan tidak terjadi pembengkakan dana.

Mengitung Biaya Bangun Rumah Type 45

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang harus kalian perhatikan dan rencanakan dengan matang sebelum membangun rumah type 45. Simak baik-baik penjelasan berikut ini.

1. Menghitung Biaya Luas Tanah

Menghitung Biaya Luas Tanah

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengukur terlebih dahulu luas lahan yang tersedia. Dengan begitu kalian bisa memperkirakan berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk membangun rumah per meter persegi.

Sebagai contoh, kalian ingin membangun rumah type 45/60 dengan harga tanah saat ini sebesar Rp 1 juta per meter persegi. Maka anggaran biaya tanah dalam membangun rumah type 45 berkisar Rp 1 juta x 60 = Rp 60 juta.

2. Memilih Desain Bangunan

Memilih Desain Bangunan

Setelah kalian mengetahui ukuran rumah, selanjutnya cari dan pilih desain sesuai keinginan. Sebaiknya kalian diskusikan dengan arsitek yang sudah berpengalaman untuk menentukan skala setiap ruangan yang akan kalian bangun.

Biasanya arsitek yang profesional memasang tarif desain rumah per meter persegi, berkisar antara Rp 1 juta sampai Rp 5 juta. Atau bisa dihitung berdasarkan 8% dari total anggaran biaya bangun rumah type 45. Misal anggaran biaya sebesar Rp 200 juta, maka ongkos jasa arsiteknya sekitar Rp 18 juta.

3. Menghitung Biaya Material Bangunan

Menghitung Biaya Material Bangunan Rumah Type 45

Setelah menentukan desain dan konsep rumah yang ingin dibangun, kemudian kalian melakukan perhitungan biaya material bangunan. Material umum yang digunakan pada saat membangun rumah yaitu seperti semen, PASIR, batu bata, kayu, besi, genteng, KUSEN, konstruksi baja ringan, cat dan lain sebagainya.

Bahan-bahan material bangunan tersebut diperkirakan mencapai Rp 3 juta per meter dan biasanya belum termasuk dengan pemasangan instalasi listrik. Saran kami, kalian bisa menghemat dana dengan membeli bahan bangunan sesuai anggaran biaya yang dimiliki.

4. Menghitung Biaya Tukang

Menghitung Biaya Tukang

Kalian bisa menggunakan pembayaran tukang dengan sistem harian atau borongan. Apabila menggunakan sistem pembayaran harian, kalian harus menyiapkan sendiri desain dan materialnya serta kalian harus meluangkan waktu untuk mengawasi para pekerja.

Biasanya, biaya jasa tukang harian memiliki kisaran harga mulai dari Rp 70 ribu sampai Rp 200 ribu, tergantung dengan jenis penkerjannya. Dengan begitu, jika kalian akan menyelesaikan pembangunan rumah dalam dua bulan, maka kalian perlu membayar ongkos tukang harian sebesar Rp 4.2 juta per orang.

Sedangkan sistem borongan total, kalian tinggal mengkomunikasikan dengan mandor. Mandor tersebut akan bertanggung jawab untuk membagi pembayaran kepada tukang bangunan dan mengatur biaya pembelian material bahan bangunan.

5. Menghitung Biaya Lainnya

Menghitung Biaya Lainnya

Terakhir, jangan lupakan biaya-biaya lainnya yang sifatnya mendadak pada saat proses pembangunan rumah. Seperti contoh untuk biaya pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), biaya pembersihan atau biaya pindahan sekalipun.

Kalian juga harus mempersiapkan dana tambahan dalam membangun hunian sebesar 10% dari total semua pengeluaran yang dibutuhkan. Anggaran dana ini nantinya bisa kalian jadingan cadangan untuk anggaran yang tidak terduga, mengingat proses pembangunan rumah membutuhkan waktu yang cukup lama.

Keunggulan Rumah Type 45

Keunggulan Rumah Type 45

Rumah type 45 merupakan salah satu jenis hunian yang popular saat ini. Terdapat banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh rumah minimalis ini, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Tidak terlalu memerlukan lahan yang luas
  • Lebih menghemat biaya
  • Biaya perawatan yang terjangkau
  • Memiliki area yang lebih luas dan fungsional
  • Termasuk dalam hunian yang asri

Akhir Kata

Setelah membuat anggaran dana dalam membangun rumah dengan matang, kalian pun sudah siap untuk memulai proyek pembangunan rumah. Sebaiknya belilah material bahan bangunan di toko bangunan yang dapat dipercaya, sehingga kalian bisa mendapatkan material dengan kualiatas yang bagus.

Itulah penjelasan mengenai biaya bangun rumah type 45 yang dapat Epropertyrack sampaikan. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah serta memperluas wawasan kalian semua.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Contoh RAB Renovasi Rumah

Jihan
3 min read

Contoh RAB Rumah

Jihan
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *