Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Cara Menghitung Volume Anak Tangga (Lurus, Leter L & Melingkar)

Cara Menghitung Volume Anak Tangga

Cara Menghitung Volume Anak Tangga – Pada saat ingin membangun rumah bertingkat, tentunya terdapat berbagai macam hal yang perlu diperhatikan. Salah satu struktur yang memiliki peran penting untuk menghubungkan antara lantai satu dengan lantai di atasnya yaitu tangga.

Selain itu, tugas menata tangga juga sebenarnya penting untuk diperhatikan oleh pemilik rumah, mulai dari bentuk, jumlah anak tangga, penempatan railing tangga dan lain sebagainya. Anak tangga mungkin menjadi salah satu komponen penting yang membutuhkan perhatian khusus.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya anak tangga sendiri berfungsi sebagai pijakan atau tumpuan telapak kaki. Maka dari itu, proses pembuatan anak tangga di dalam rumah bertingkat juga perlu diperhitungkan dengan matang sejak awal, terutama untuk volume atau luasnya.

Perlu diketahui, langkah-langkah menghitung luas anak tangga sebenarnya cukup mudah dilakukan, entah itu untuk tangga lurus, leter L ataupun melingkar. Agar lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait cara menghitung volume anak tangga untuk semua jenis-jenisnya.

Ukuran Standar Anak Tangga

Ukuran Standar Anak Tangga

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menghitung volume anak tangga berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu syarat utama atau ukuran standar pembuatannya. Umumnya tinggi standar anak tangga pada rumah bertingkat dibuat dengan ukuran maksimal 20 cm.

Sementara untuk lebar anak tangga biasanya tergantung pada kebutuhan serta keinginan pemilik rumah atau minimal 30 cm supaya sesuai dengan lebar langkah. Dengan pertimbangan ukuran pembuatan anak tangga tersebut, maka pemilik rumah tidak akan cepat lelah ketika melaluinya.

Selain itu, kalian juga sebenarnya harus mengerti ukuran standar tangga pada rumah bertingkat. Lebar tangga sendiri bisa dibuat minimal 70 cm jika digunakan untuk dilalui 1 orang saja tanpa simpangan. Akan tetapi, jika terdapat sebuah simpangan maka buatlah tangga dengan lebar minimal 120 cm.

Rumus Menghitung Volume Anak Tangga

Rumus Menghitung Volume Anak Tangga

Ketika seseorang hendak menghitung luas anak tangga, tentunya mereka membutuhkan adanya sebuah rumus perhitungan. Dimana penggunaan rumus tersebut nantinya bertujuan supaya hasil akhir perhitungan bisa lebih akurat dan pas. Berikut adalah rumus menghitung volume anak tangga.

Volume 1 Anak Tangga : ½ x Tinggi Anak Tangga x Lebar Anak Tangga x Lebar Tangga / Panjang Anak Tangga

Volume Total Anak Tangga : Luas 1 Anak Tangga x Jumlah Anak Tangga

Cara Menghitung Volume Anak Tangga

Cara Menghitung Volume atau Luas Anak Tangga

Seperti dijelaskan sebelumnya, perhitungan luas anak tangga juga pada dasarnya penting untuk dilakukan seperti saat hendak menghitung BIAYA PEMBUATAN TANGGA BESI. Pasalnya dengan mengetahui total volume anak tangga, nantinya kalian jadi bisa memperkirakan berapa besar anggaran biaya untuk pembelian bahan material pembuatannya.

Di sisi lain, perhitungan tersebut juga bertujuan supaya pemilik rumah mengetahui seberapa besar daya tahan atau kekuatan dari sebuah konstruksi tangga itu sendiri. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menghitung volume anak tangga di bawah ini, baik itu tangga lurus, leter L ataupun melingkar.

Volume 1 Anak Tangga

Cara pertama dalam menghitung luas anak tangga yaitu mencari luas 1 buah anak tangganya. Sebagai contoh kalian akan membuat tangga lurus berjumlah 12 anak tangga dengan lebar tangga 1 meter, tinggi anak tangga 20 cm serta lebar anak tangga 30 cm, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Jumlah anak tangga : 12.
  • Lebar tangga : 1 m.
  • Tinggi anak tangga : 20 cm = 0.2 m.
  • Lebar anak tangga : 30 cm = 0.3 m.

Perhitungan :

  • Volume 1 anak tangga : ½ x Tinggi x Lebar anak tangga x Lebar tangga.
  • Volume 1 anak tangga : ½ x 0.2 m x 0.3 m x 1 m = 0.03 m3.

Dari data perhitungan di atas, total volume 1 anak tangga dengan lebar 30 cm, tinggi 20 cm serta panjang 1 m yaitu sekitar 0.03 meter kubik.

Volume Total Anak Tangga

Setelah mengetahui luas 1 anak tangga, selanjutnya kalian juga harus menghitung volume total untuk 12 buah anak tangga. Berikut adalah perhitungan volume total untuk 12 buah anak tangga berukuran 30 cm x 20 cm x 1 m.

  • Volume total : Jumlah anak tangga x Volume 1 anak tangga.
  • Volume total : 12 buah x 0.03 m3 = 0.36 m3.

Jadi, total volume 12 buah anak tangga dengan lebar 20 cm, tinggi 30 cm dan panjang 1 meter yaitu sekitar 0.36 meter kubik.

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung total volume anak tangga pada rumah bertingkat, baik itu jenis tangga lurus, leter L ataupun melingkar. Semoga ulasan di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung volume atau luas anak tangga.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *