Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Besi Hollow Untuk Railing Tangga Semua Model!

Ukuran Besi Hollow Untuk Railing Tangga

Ukuran Besi Hollow Untuk Railing Tangga – Sesuai dengan namanya, besi hollow merupakan sebuah material bahan bangunan berupa besi yang mempunyai rongga. Karena mempunyai bentuk penampang segi empat, besi hollow atau holo juga seringkali disebut sebagai pipa kotak.

Apabila dilihat dari segi teknis, besi hollow juga dikenal dengan nama Hollow Structural Section (HSS). Dimana jenis besi yang termasuk ke dalam jenis besi hollow ini mempunyai berbagai macam jenis penampang, mulai dari lingkaran, bujur sangkar, elips hingga persegi panjang.

Berbicara mengenai besi hollow, saat ini bahan material bangunan tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya yaitu railing tangga. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya besi hollow sendiri mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan material sejenisnya.

Oleh sebab itu, ketika diantara kalian hendak menggunakan material tersebut sebagai railing tangga, maka kalian harus mengetahui standar ukurannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai standar ukuran besi hollow untuk railing tangga semua jenis dan model.

Kelebihan dan Kekurangan Besi Hollow

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang menggunakan besi hollow sebagai railing tangga yaitu karena sejumlah keunggulannya. Salah satu keunggulannya yaitu memiliki standar kualitas dan mutu prima sehingga bisa diaplikasikan untuk kebutuhan bangunan secara fleksibel.

Meskipun demikian, bukan berarti besi hollow tidak memiliki kelemahan sebagai bahan material bangunan sama sekali. Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai ukuran standar besi hollow untuk railing tangga lebih lanjut, simak baik-baik kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan

  • Mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan material sejenisnya.
  • Pemasangan besi hollow untuk kebutuhan konstruksi relatif mudah, cepat dan pastinya praktis.
  • Sangat mudah dirawat dan awet digunakan.
  • Tidak gampang mengalami korosi sehingga warnanya senantiasa tetap terus tajam.
  • Material antirayap.
  • Tahan terhadap api.

Kekurangan

  • Meskipun dapat digunakan dalam jangka waktu lama, namun besi hollow tidak mampu menahan beban berat karena bagian dalamnya berongga sehingga memungkinkan udara masuk.
  • Pada umumnya ukuran besi hollow hanya mencapai 6 meter saja, sehingga jika menginginkan ukuran jauh lebih besar tampaknya akan cukup sulit.
  • Struktur material tidak solid.

Jenis Besi Hollow Untuk Railing Tangga

Ketika hendak mencari tahu berapa standar ukuran besi hollow untuk kebutuhan pembuatan railing tangga, tentunya kalian juga harus mengerti beberapa jenis-jenisnya. Dimana di pasaran Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis besi hollow yang masing-masing mempunyai karakteristik berbeda-beda.

Hadirnya varian jenis besi hollow untuk kebutuhan railing tangga tersebut membuat kalian dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan serta ketersediaan dana. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik daftar jenis besi hollow yang bisa digunakan untuk membuat railing tangga di bawah ini.

  • Besi hollow galvalum.
  • Besi hollow galvanis.
  • Besi hollow hitam.

Ukuran Besi Hollow Untuk Railing Tangga

Standar Ukuran Besi Hollow Untuk Railing Tangga

Setelah memahami beberapa kelebihan dan kekurangan hingga jenis-jenis besi hollow untuk kebutuhan railing tangga, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa standar ukurannya. Sebelumnya kalian harus memahami bahwa railing merupakan sebuah pagar pembatas atau rel pembatas yang bisa digunakan untuk menyebut batas pagar tangga balkon.

Ketika digunakan sebagai railing tangga, standar ukuran besi hollow yang digunakan yaitu 30×60 dengan ketebalan 1.2 milimeter dan jari-jari berukuran 20×60 dengan ketebalan 1.2 milimeter. Selain itu, terdapat juga beberapa orang yang menggunakan ukuran besi hollow 4×4 dengan ketebalan 1.2 mm dan jari-jari 20×40 mm ketebalan 1.2 mm untuk railing tangga.

Tentunya ukuran standar tersebut akan berbeda jika besi hollow digunakan sebagai bahan untuk membuat railing pagar. Kebanyakan tukang atau pekerja biasanya menggunakan besi hollow ukuran 40×40 atau 50×100 dengan ketebalan 1.6 mm dan jari-jari berukuran 20×40 dengan ketebalan 1.2 mm.

Saran kami ketika hendak memilih railing tangga, kalian perlu memperhatikan bahan dari produk sehingga mendapatkan hasil berkualitas tinggi. Selain itu, jangan tergiur dengan harga besi hollow yang murah. Pasalnya, besi hollow tersebut biasanya mempunyai mutu atau kualitas yang sudah menurun jika digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran besi hollow untuk railing tangga untuk semua jenis dan model dilengkapi dengan kelebihan beserta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli besi hollow untuk kebutuhan pembuatan railing tangga di rumah.

Sumber gambar : accurateperforating.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *