Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pembuatan Tangga Besi

Biaya Pembuatan Tangga Besi

Biaya Pembuatan Tangga Besi – Tangga merupakan sebuah material dengan peranan sangat penting pada bangunan bertingkat. Selain harus memperhatikan tingkat kekuatan dan daya tahannya, pemilihan bahan material pembuatannya juga diperlukan pertimbangan dengan matang.

Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat cukup banyak material tangga yang dapat kalian jadikan preferensi, salah satunya yaitu tangga besi. Karena sejumlah keunggulannya, tangga besi kerap diaplikasikan pada rumah-rumah bertingkat bergaya modern minimalis.

Berbicara mengenai pembuatan tangga besi di rumah bertingkat, tentunya kegiatan tersebut tidak akan pernah terlepas dari persoalan bujet atau anggaran dana. Sebab, biaya pembuatan konstruksi pada bangunan bertingkat tersebut perlu diperhitungkan dengan matang sejak awal.

Perhitungan ini bertujuan agar nantinya kalian bisa menekan anggaran biaya pembuatannya serta mencegah terjadinya kelebihan ataupun kekurangan dana. Oleh sebab itu, di bawah ini akan kami berikan contoh perhitungan biaya pembuatan tangga besi untuk semua model, entah itu model lurus ataupun spiral.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Besi

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Besi

Sebagaimana diketahui, setiap material tangga hunian tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan, termasuk tangga besi. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membuatnya, berikut akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangan dari tangga besi.

Kelebihan

  • Mampu memberikan kesan elegan pada hunian.
  • Tangga besi tersedia dalam berbagai macam model.
  • Mudah diubah menjadi beragam bentuk.
  • Memiliki sifat awet dan tahan lama.
  • Memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan tangga jenis kayu ataupun beton.
  • Tangga besi tidak berderit.
  • Tidak licin.
  • Mampu menghemat ruang.

Kekurangan

  • Proses pengerjaan tangga besi tergolong sulit.
  • Desain tangga besi yang biasa akan mengganggu nilai estetika.
  • Rentan terserang korosi.
  • Menimbulkan suara bising saat berjalan di atasnya.
  • Tangga besi bergaya dekoratif yang rumit harganya cenderung mahal.

Model Tangga Besi

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini tangga besi sudah hadir dalam beragam desain maupun model. Nah, sebelum pembahasan utama mengenai biaya pembuatan tangga besi berlanjut, sebaiknya pahami beberapa model tangga yang kerap diaplikasikan di rumah-rumah bertingkat.

Tangga Besi Lurus

Tangga Lurus

Model tangga besi pertama yaitu bergaya lurus. Dimana tangga besi tersebut merupakan desain tangga yang dibuat lurus secara menerus dari bawah sampai ke atas tanpa adanya lekukan. Tangga besi ini dapat diaplikasikan baik itu di dalam ruangan ataupun luar ruangan.

Tangga Besi Spiral

Tangga Spiral

Sesuai namanya, tangga besi spiral memiliki bentuk spiral atau putar. Umumnya tangga besi model ini banyak ditemukan pada rumah-rumah bertingkat dengan luas terbatas. Biasanya tangga besi spiral kerap diaplikasikan di luar ruangan.

Kebutuhan Bahan Pembuatan Tangga Besi

Perlu diketahui, bahan dasar pembuatan tangga besi juga nantinya akan mempengaruhi besaran total biaya atau upah pemasangannya. Biasanya tiang tangga besi terbuat dari material besi CNP atau besi pipa dan anak tangga terbuat dari plat bordes.

Sementara rangka tangga besi umumnya terbuat dari besi siku berukuran 4×4 dengan ketebalan sekitar 3.2 mm. Untuk railing tangga besi sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah, apakah menggunakan besi pipa ataupun rangka BESI HOLLOW.

Biaya Pembuatan Tangga Besi

Biaya Pembuatan Tangga Besi Semua Model

Seperti halnya HARGA BORONGAN PEMBUATAN TANGGA BETON, besaran biaya pembuatan pagar besi juga ditentukan oleh upah jasa pekerjanya. Selain itu, antara model tangga besi lurus dengan tangga besi spiral juga biasanya memiliki sedikit perbedaan.

Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan contoh perhitungan estimasi biaya pembuatan tangga besi, entah itu model lurus ataupun spiral.

Pembuatan Tangga Lurus

Pada pembuatan tangga besi lurus, biasanya kalian membutuhkan beberapa material seperti besi CNP, plat bordes, besi siku serta besi hollow. Berikut adalah spesifikasi pembuatan tangga besi model lurus.

  • Tiang tangga besi : Besi CNP kanan maupun kiri.
  • Anak tangga : Plat bordes tebal 2.3 mm.
  • Rangka anak tangga : Besi siku ukuran 4×4 tebal 3.2 mm.
  • Railing tangga : Besi hollow 4×4 dan 2×2 tebal 1.4 mm.

Dari spesifikasi di atas, biasanya para pemborong pembuatan tangga besi mematok harga kurang lebih sekitar Rp 950.000 per meternya. Sementara untuk pembuatan railing tangga besi juga dihitung dengan satuan per meter, yaitu sekitar Rp 290.000 sampai Rp 385.000.

Pembuatan Tangga Spiral

Khusus pembuatan tangga besi spiral, umumnya para pemborong mematok harga sedikit lebih mahal. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan model tangga spiral lebuh rumit dibandingkan tangga besi model lurus. Di bawah ini adalah spesifikasi tangga besi model spiral.

  • Tiang tangga : Besi pipa 3 inch atau 4 inch.
  • Anak tangga : Plat bordes tebal 2.3 mm.
  • Rangka anak tangga : Besi siku 4×4 tebal 3.2 mm.
  • Railing tangga : Besi pipa 1.5 inch dan 1 inch.

Total biaya pembuatan tangga besi model spiral dengan spesifikasi di atas yaitu berada di kisaran Rp 1.250.000 per meternya. Biaya tersebut sudah termasuk pembuatan struktur tangga besi hingga railing tangga.

Jadi, biaya di atas sudah mencakup seluruh konstruksi pembuatan tangga, mulai dari tahap awal hingga akhir. Namun, perlu diingat bahwa besaran harga tersebut bisa saja berbeda di beberapa daerah karena dipengaruhi oleh kondisi pengerjaan, tingkat kerumitan serta risiko pembuatannya.

Tips Membuat Tangga Besi

Tips Membuat Tangga Besi

Di atas sudah dijelaskan secara rinci terkait perhitungan biaya pembuatan tangga besi untuk semua desain dan modelnya. Supaya konstruksi bangunan bertingkat tersebut bisa awet dan aman, sebaiknya ikuti beberapa tips membuatnya berikut ini.

  • Sesuaikan bahan dasar pembuatan tangga besi dengan kebutuhan.
  • Pilihlah model tangga yang aman dan efisien.
  • Sesuaikan tangga dengan gaya serta konsep hunian.
  • Buatlah ukuran anak tangga sesuai standar.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran anggaran dana dalam pembuatan tangga besi tergantung pada pemilihan bahan materialnya. Selain itu, model tangga besi juga biasanya akan mempengaruhi total biaya pembuatannya.

Itulah sekiranya pembahasan seputar perhitungan biaya pembuatan tangga besi semua model versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat tangga besi di rumah bertingkat.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *