Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Membuat Tangga Beton

Harga Borongan Membuat Tangga Beton

Harga Borongan Membuat Tangga Beton – Pada rumah bertingkat, antara lantai satu dengan lantai lainnya biasanya dihubungkan menggunakan konstruksi tangga. Oleh karena itu, konstruksi tangga harus dibuat dengan hati-hati dan teliti sehingga lebih kuat, kokoh serta tahan lama.

Kini sudah tersedia cukup banyak jenis struktur tangga yang kerap digunakan pada bangunan bertingkat, salah satunya yaitu tangga beton bertulang. Konstruksi bangunan tersebut tentunya memiliki beberapa keunggulan seperti kuat serta mudah dibentuk sesuai kebutuhan dan keinginan.

Ketika hendak membuat tangga beton untuk kebutuhan rumah bertingkat, pastinya kalian harus membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) terlebih dahulu. Biaya pembuatan tangga beton cor bertulang bisanya meliputi biaya pembelian material hingga ongkos tukang, entah itu sistem harian ataupun borongan.

Bagi kalian yang ingin membuat tangga beton menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa kisaran harganya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan membuat tangga beton entah itu minimalis ataupun modern.

Keunggulan dan Kelemahan Tangga Beton

Keunggulan dan Kelemahan Tangga Beton

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, namun bukan berarti konstruksi tangga beton bertulang tidak memiliki kekurangan. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa keunggulan dan kelemahan tangga beton.

Keunggulan

  • Memiliki daya tahan serta kekuatan cukup tinggi.
  • Mudah dibentuk menjadi apa saja.
  • Cara perawatannya mudah serta murah.
  • Tahan lama hingga puluhan tahun.
  • Tahan api.
  • Tidak cepat rusak.

Kelemahan

  • Membutuhkan waktu lama pada saat proses pengecoran.
  • Harus menunggu cor beton benar-benar kering.
  • Bobotnya berat.
  • Kurang elastis.

Prosedur Membuat Tangga Beton

Prosedur Membuat Tangga Beton

Seperti dijelaskan di atas, dalam pekerjaan pembuatan tangga beton di rumah bertingkat harus dilakukan secara teliti. Pasalnya, jika dibuat secara asal-asalan atau sembarangan maka konstruksi tangga tersebut bisa roboh. Maka dari itu sebelum membahas harga borongan membuat tangga beton lebih lanjut, ada baiknya pahami tahapan pembuatannya di bawah ini.

  • Pembuatan pondasi tangga,
  • Bekisting bordes dan badan tangga.
  • Pemasangan tulangan badan serta sengkang badan tangga.
  • Pemasangan tulangan anak tangga.
  • Pemasangan bekisting tangga, dinding, bordes hingga dinding anak tangga.
  • Proses pengecoran.
  • Tahap pembongkaran dinding badan tangga serta trape.

Harga Borongan Membuat Tangga Beton

Pembuatan tangga beton menggunakan pekerja sistem borongan memang akan lebih murah jika dibandingkan dengan pekerja sistem harian. Oleh sebab itu, kebanyakan orang lebih memilih membangun sebuah rumah menggunakan jasa kontraktor atau pemborong. Nah, daripada penasaran berapa harga borongan membuat tangga beton minimalis hingga modern, simak penjelasan berikut ini.

Menghitung Volume Cor Beton

Menghitung Volume Cor Beton

Sebelum mengetahui harga borongan membuat tangga beton, ada baiknya MENGHITUNG VOLUME COR BETON terlebih dahulu. Apabila terjadi kekeliruan dalam menakar bahan campuran beton cor, bisa berisiko pada daya tahan tangga beton cor yang akan dibuat.

Perhitungan tersebut sangat diperlukan ketika kalian membuat adonan beton cor sendiri. Di sisi lain, apabila kalian memesan dalam bentuk jadi seperti beton cor readymix, maka perhitungan volume beton cor tidak perlu dilakukan. Namun, pastinya biayanya jauh lebih mahal dibandingkan dengan membuat adonan sendiri.

Ongkos Pekerja Borongan

Ongkos Pekerja Borongan

Untuk ongkos atau upah pekerja borongan pembuatan tangga beton sendiri bisanya cukup berbeda di beberapa daerah karena beberapa faktor. Sebaiknya gunakan sistem pekerja HARGA BORONGAN PLUS MATERIAL supaya biaya yang dikeluarkan sudah mencakup keseluruhan.

Umumnya para kontraktor mematok harga borongan membuat tangga beton sekitar Rp 850.000 per meter persegi (m2). Besaran biaya tersebut sudah mencakup pekerjaan pondasi tangga, bekisting, pengecoran hingga tahap pembongkaran dinding badan tangga.

Tips Membuat Tangga Beton

Tips Membuat Tangga Beton

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai kisaran harga borongan membuat tangga beton per meter perseginya. Agar konstruksi tangga beton tersebut aman dan nyaman, ikuti beberapa tips pembuatannya berikut ini.

  • Tangga beton harus sesuai dengan konsep rumah.
  • Tentukan ukuran anak tangga sesuai kebutuhan.
  • Penyederhanaan akan membantu meringankan pemeliharaan seperti pembersihan.
  • Gunakan material berkualitas agar struktur tangga kuat serta tahan lama.

Akhir Kata

Demikian penjelasan terkait kisaran harga borongan membuat tangga beton per meter persegi beserta prosedur pembangunannya versi Epropertyrack. Perlu diingat, untuk beberapa daerah mungkin memiliki harga cukup berbeda karena beberapa faktor. Namun, perbedaan harga tersebut biasanya tidak akan terlalu jauh sehingga kisaran di atas dapat menjadi patokan bagi kalian yang hendak membuat tangga beton.

Harga Borongan Membuat Tangga Beton

IDR 850000
9.2

Harga

9.0/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.6/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.0/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Paving Block

Jihan
3 min read

Harga Kusen Aluminium

Jihan
2 min read

Harga Besi Hollow

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *