Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis 2022 : Material & Upah

Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis

Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis – Mungkin bagi sebagian orang garasi mobil merupakan salah satu bagian rumah yang tidak memiliki peran begitu penting. Bahkan terkadang di kota-kota besar kebayakan orang lebih memilih untuk memarkirkan kendaraan mereka di luar atau di ruang parkir bersama.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya mereka menganggap biaya pembuatan garasi mobil terbilang cukup mahal sehingga menjadi salah satu faktor kendala dalam proses pembangunannya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu kehadiran garasi kendaraan sangat diperlukan di dalam sebuah hunian.

Jika ingin membangun garasi mobil namun terkendala dengan biayanya, jangan khawatir karena saat ini kalian sudah bisa membuatnya dengan model minimalis. Dimana garasi mobil konsep minimalis tersebut pastinya akan lebih menghemat anggaran dana pembuatannya. Sebab sesuai dengan namanya, proses pembangunan tersebut nantinya akan meminimalisir seluruh kebutuhan komponennya.

Meskipun demikian, tetap saja kalian sebagai pemilik rumah perlu membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembuatan garasi mobil dengan matang sejak awal. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya membuat garasi mobil minimalis.

Struktur Membuat Garasi Mobil Minimalis

Struktur Membuat Garasi Mobil Minimalis

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika hendak membuat garasi mobil minimalis, terdapat berbagai macam aspek penting perlu diperhatikan, termasuk anggaran biaya pembangunannya. Selain itu, terdapat juga beberapa komponen penting lainnya dalam pembuatan garasi mobil minimalis, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Desain Garasi Minimalis

Sebelum pembahasan biaya membuat garasi mobil minimalis berlanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana konsep ataupun desain ruangannya. Pasalnya, di era modern seperti sekarang ini garasi mobil tema minimalis dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu garasi tertutup dan terbuka.

Dimana garasi terbuka sangat disarankan bagi mereka yang memiliki luas bangunan cukup sempit sehingga tidak akan terlalu memakan banyak tempat. Sementara garasi mobil tertutup dibangun di dalam rumah sehingga akan lebih menyita luas tempat sehingga cocok pada bangunan besar.

2. Ukuran Garasi Mobil

Selain desain atau konsep garasi mobil, ukuran ruangan juga wajib diperhatikan ketika ingin menghitung biaya pembangunannya. Jika kalian mempunyai mobil berukuran kecil atau sedang, saran kami sebaiknya bangun garasi sebesar 3 m x 4 m atau 3 m x 5 m. Namun, jika ukuran mobil cukup besar, maka sebaiknya bangun ruang garasi berukuran 4 m x 5 m.

3. Kebutuhan Material

Komponen terakhir dalam perhitungan biaya membuat garasi mobil yaitu mempertimbangkan kebutuhan material penyusunnya. Sebagai contoh jika ingin lebih menghemat anggaran biaya, maka material lantai pada garasi mobil minimalis bisa dipelur atau dilapisi semen saja.

Selain itu, tentukan juga penutup garasi mobil minimalis, apakah ingin menggunakan rangka atap baja ringan ataupun material lainnya. Dengan mempertimbangkan pemilihan material pembangunannya, maka nantinya akan mempengaruhi besaran anggaran biaya dalam proses pembuatan garasi mobil.

Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis

Rincian Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis

Setelah mengetahui beberapa aspek tau komponen penting dalam proses perhitungan biaya pembuatan garasi mobil , selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitungnya. Menurut pengalaman beberapa orang, biaya pembuatan garasi mobil minimalis tidak akan melebihi Rp 20 juta, bahkan kurang dari angka tersebut.

Namun perlu diingat bahwa supaya anggaran dana pembuatan garasi mobil minimalis tidak membengkak, maka kalian juga perlu memperhatikan semua aspek pembangunannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara menghitung biaya membuat garasi mobil minimalis di bawah ini.

1. Luas Garasi Mobil Minimalis

Langkah pertama ketika hendak menghitung biaya membuat garasi mobil minimalis yaitu mencari tahu luas atau volume bidang pekerjaannya. Tahap ini sebenarnya hampir sama seperti saat menghitung biaya bangun rumah minimalis 3 kamar. Jika kalian ingin menggunakan ukuran garasi mobil 3 m x 5 m, maka total luas bidang pekerjaannya adalah 15 meter persegi.

2. Biaya Membuat Lantai Garasi

Cara selanjutnya yaitu menghitung biaya membuat lantai garasi mobil di rumah. Seperti dijelaskan sebelumnya, apabila ingin lebih menghemat anggaran biaya pembangunannya, maka sebaiknya lantai garasi mobil hanya dipelur atau dilapisi semen saja.

Dimana saat ini harga borongan pelur lantai berada di kisaran Rp 400.000 per meter perseginya. Jadi, untuk ruangan garasi mobil minimalis seluas 15 meter persegi, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 6.000.000 (15 m2 x Rp 400.000).

3. Biaya Membuat Atap Garasi

Selain lantai, atap juga menjadi salah satu material penting dalam proses pembangunan garasi mobil minimalis. Supaya lebih menghemat biaya, saran kami sebaiknya manfaatkan atap kanopi. Sebagai contoh, harga borongan kanopi baja ringan menggunakan material alderon saat ini adalah Rp 450.000 per meter perseginya, maka siapkan anggaran dana sebesar Rp 6.750.000 (15 m2 x Rp 450.000).

4. Ongkos Pekerja Bangunan

Tahap terakhir dalam menghitung biaya membuat garasi mobil minimalis yaitu terkait upah atau ongkos pekerja bangunannya. Untuk saat ini, besaran ongkos jasa tukang bangunan rata-rata di banderol dengan harga mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 250.000 per harinya.

Umumnya dalam pembuatan garasi mobil sederhana ini akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 7 sampai 14 hari kerja. Jadi, jika asumsi ongkos jasa bangunan selama satu hari adalah Rp 200.000, maka siapkan anggaran biaya sebesar Rp 1.400.000.

Jika ingin lebih menghemat anggaran biaya dalam proses pembangunan garasi kendaraan di dalam rumah, saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja sistem borongan. Hal ini dikarenakan harga borongan bangunan diklaim lebih murah ketimbang sistem harian, hanya saja hasil pengerjaannya tidak serapi pekerja sistem harian.

Dari data perhitungan di atas, maka total biaya yang dibutuhkan untuk membangun garasi mobil minimalis berukuran 3 m x 5 m menggunakan rangka atap kanopi Alderon yaitu kurang lebih sekitar Rp 14.150.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran anggaran biaya pembuatan garasi mobil tersebut dipengaruhi oleh sejumlah hal, mulai dari kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pembangunannya.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya supaya bisa menghemat anggaran dana pembuatan garasi mobil sederhana, kalian harus cermat dalam pemilihan bahan materialnya. Selain itu, supaya garasi mobil bisa terlihat lebih menyatu, saran kami sebaiknya sesuaikan ruangan tersebut dengan konsep rumah.

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung biaya membuat garasi mobil minimalis untuk semua ukuran, mulai dari pekerjaan lantai hingga atap bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membangun garasi mobil minimalis di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.