Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

√ Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter & Cara Menghitungnya!

Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter

Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter – Sebagaimana diketahui, tangga merupakan salah satu bagian terpenting yang terdapat di dalam bangunan rumah bertingkat. Dimana dalam proses pembuatan konstruksi tersebut, tentunya dibutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal, mulai dari kemiringan, anak tangga hingga ketinggiannya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya konstruksi tangga sendiri termasuk ke dalam komponen vital yang nantinya sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan penghuni rumah. Ketinggian tangga rumah juga tentunya sangat beragam, tergantung dengan kebutuhan dan keinginan pemilik bangunan itu sendiri.

perkakas

Untuk rumah dengan konsep atau model minimalis, ketinggian tangga yang tergolong cukup ideal pada bangunan tersebut yaitu sekitar 3 meter sampai 3.5 meter dari lantai satu ke lantai dua. Akan tetapi, masih ada sebagian besar orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan berapa ukuran standar untuk anak tangga dan ketinggiannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana membangun tangga dengan tinggi 3 meter, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa ukuran standarnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung ukuran tangga rumah tinggi 3 meter dilengkapi dengan standar kemiringannya.

Model Tangga Rumah

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ukuran ideal tangga rumah tinggi 3 meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis ataupun modelnya. Di Indonesia sendiri, sebenarnya saat ini terdapat cukup banyak jenis tangga rumah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik bangunan.

Akan tetapi, pemilihan model dan bentuk tangga rumah sendiri sebenarnya harus mempertimbangkan kondisi di ruangan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis atau model tangga rumah bertingkat dengan konsep minimalis modern.

  • Tangga lurus.
  • Tangga bentuk L.
  • Tangga bentuk U.
  • Tangga melengkung.
  • Tangga spiral.
  • Tangga layang.
  • Tangga fungsional.

Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter

Standar Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat berbagai macam hal penting yang perlu diketahui ketika membahas tentang ukuran tangga rumah tinggi 3 meter. Dimana hal penting tersebut diantaranya yaitu seperti model tangga, kemiringan tangga, jumlah serta lebar hingga tinggi anak tangga dan lain sebagainya.

Dimana semua komponen dalam pembuatan tangga rumah bertingkat ini harus melalui perhitungan dengan rumus tertentu. Secara garis besarnya, untuk jumlah anak tangga dengan ukuran tinggi 3 meter sendiri tersedia dalam beberapa pilihan, mulai dari 15 buah, ketinggian anak tangga 20 cm dengan lebar anak tangga atau pijakan sekitar 30 cm.

Kemudian terdapat juga jumlah anak tangga sebanyak 16 buah dengan ketinggian anak tangga hingga 18.7 cm. Kedua jenis ukuran standar anak tangga di atas diklaim sangat ideal untuk ukuran tangga rumah tinggi 3 meter. Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan anak tangga juga harus disesuaikan dengan model tangga.

Nah, apabila menggunakan tangga model U dengan tinggi 3 meter, maka tinggi anak tangga bisa dibuat dengan ukuran sekitar 20 cm serta lebar 30 cm. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tangga model U membutuhkan plat bordes sehingga kalian bisa membuat lebar bordes tersebut mencapai 1 meter dengan lebar tangga 2 meter.

Cara Menghitung Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter

Setelah mengetahui standar ukuran tangga rumah tinggi 3 meter, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghitungnya. Sebenarnya pada pembahasan mengenai cara menghitung volume anak tangga sudah dijelaskan bahwa perhitungan ukuran tangga rumah bisa dilakukan dengan mudah asalkan memahami rumusnya.

Pasalnya, kalian bisa mengetahui berapa jumlah anak tangga hanya dengan menggunakan rumus sederhana, yaitu tinggi tangga rumah keseluruhan dibagi tinggi setiap anak tangga. Apabila tinggi tangga rumah 3 meter (300 cm) dengan tinggi anak tangga 20 cm, maka cara menghitungnya yaitu 300 dibagi 30 sehingga menghasilkan 15 buah anak tangga (300 ÷ 20 = 15).

Kemudian apabila tangga rumah tinggi 3 meter dibuat dengan tinggi tiap anak tangga 18.7 cm, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Jumlah anak tangga = Tinggi tangga ÷ Tinggi anak tangga.
  • Jumlah anak tangga = 300 ÷ 18.7.
  • Jumlah anak tangga = 16 buah.

Perlu diketahui, lokasi yang dibutuhkan untuk membuat ukuran tangga rumah tinggi 3 meter dengan jumlah anak tangga 16 buah yaitu kurang lebih setinggi 4.8 meter. Nah, apabila tangga rumah tersebut membutuhkan bordes, maka cara menghitungnya yaitu cukup gunakan tinggi keseluruhan dibagi tiap anak tangga kemudian dikurangi satu, berikut adalah contoh perhitungannya.

Diketahui :

  • Tinggi tangga keseluruhan : 300 cm.
  • Tinggi anak tangga : 20 cm.

Perhitungan :

  • Jumlah anak tangga = (Tinggi tangga keseluruhan ÷ Tinggi anak tangga) – 1.
  • Jumlah anak tangga = (300 ÷ 20) – 1.
  • Jumlah anak tangga = 14 buah.

Kemiringan Tangga Rumah Tinggi 3 Meter

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai standar ukuran tangga rumah tinggi 3 meter beserta tata cara menghitungnya menggunakan rumus sederhana. Setelah itu, kalian juga pastinya harus mengetahui berapa tingkat kemiringan tangga rumah setinggi 3 meter tersebut.

Pada artikel mengenai cara menghitung kemiringan tangga sebenarnya sudah dijelaskan bahwa terdapat standar koefisien kemiringan tangga berdasarkan lantainya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan daftar koefisien kemiringan tangga rumah.

Lantai MiringKemiringan Tangga
75 – 90 derajat> 3.7
45 – 75 derajat0.44 – 1.0
24 – 45 derajat0.36 – 0.44
6 – 10 derajat0.1 – 0.36

Untuk menghitung kemiringan tangga rumah tinggi 3 meter juga tergolong cukup mudah, yaitu membandingkan tinggi tangga atau lantai bagian bawah dengan lantai atas dan panjang tangga, yaitu ruang yang dibutuhkan untuk tangga itu sendiri. Di bawah ini adalah rumus perhitungannya.

z = y ÷ x.

Keterangan :

z = Koefisien kemiringan tangga

y = Tinggi tangga

x = Panjang tangga

Sebagai contoh kalian akan menghitung kemiringan tangga rumah tinggi 3 meter dengan panjang 5 meter, maka kemiringan tangga rumah tersebut yaitu akan seperti perhitungan di bawah ini.

Diketahui :

  • x = 5 meter (500 cm).
  • y = 3 meter (300 cm).

Perhitungan :

  • z = y ÷ x.
  • z = 3÷ 5.
  • z = 0.6.

Jadi, apabila mengacu pada koefisien di atas, maka kemiringan tangga rumah tinggi 3 meter adalah 45 derajat sampai 75 derajat dengan koefisiensi kemiringan 0.44 hingga 1.0 dan ukuran tersebut sudah tergolong ideal.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar ukuran standar tangga rumah tinggi 3 meter mulai dari cara menghitung jumlah anak tangga hingga tingkat kemiringannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat tangga rumah setinggi 3 meter.

Sumber gambar : archdaily.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.