Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Cara Menghitung Kebutuhan Besi Untuk Cor Jalan

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Untuk Cor Jalan

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Untuk Cor Jalan – Pada saat merancang sebuah bangunan, biasanya seseorang akan menghitung dan memperhatikan segala komponen serta material pembuatannya. Salah satu material yang memiliki peran penting hampir di semua jenis konstruksi bangunan yaitu besi beton atau biasa dikenal juga dengan beton bertulang.

Dimana besi beton sebenarnya tidak hanya digunakan sebagai bahan material pembuatan rumah tinggal ataupun gedung perkantoran saja, namun juga kerap dimanfaatkan sebagai material pembuatan jalan beton. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya besi beton sendiri berfungsi sebagai landasan ataupun penopang jalan cor supaya bisa kuat dan tahan lama.

Pada saat proses penerapan ataupun pengaplikasiannya, pastinya seseorang perlu memperhitungkan kebutuhan besi beton dengan matang sejak awal. Hal ini penting dilakukan supaya nantinya anggaran biaya dalam proses pembangunan cor jalan tidak mengalami kelebihan ataupun kekurangan karena tidak adanya perhitungan sejak awal perencanaan.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak membuat cor jalan di sekitar halaman rumah, alangkah baiknya hitung terlebih dahulu total kebutuhan material besi betonnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai cara menghitung kebutuhan besi untuk cor jalan, baik itu dalam hitungan meter ataupun kilogram.

Fungsi Besi Pada Jalan Beton

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menghitung kebutuhan besi untuk cor jalan berlanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja fungsi ataupun kegunaan material tersebut. Seperti dijelaskan sebelumnya, besi di dalam konstruksi jalan beton berguna sebagai rangka tulangan.

Besi beton juga berfungsi sebagai pondasi jalan cor karena pada dasarnya konstruksi tersebut harus mempunyai landasan yang kuat sehingga mampu menahan beban di atasnya. Selain itu, rangka besi pada jalan cor juga mempunyai peran penting untuk mencegah jalanan retak ataupun amblas.

Jadi, pada intinya fungsi utama rangka besi pada pekerjaan ini yaitu menjadi penopang ataupun tulangan kuat untuk jalanan berbahan beton. Maka dari itulah pembuatan rangka besi untuk kebutuhan pembuatan cor jalan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, entah itu skala kecil maupun besar.

Rumus Menghitung Kebutuhan Besi Untuk Cor Jalan

Rumus Menghitung Kebutuhan Besi Untuk Cor Jalan

Sama halnya seperti saat menghitung kebutuhan besi beton untuk pekerjaan lainnya, dalam menghitung kebutuhan besi untuk cor jalan juga pastinya perlu menggunakan rumus. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab penggunaan rumus ini bertujuan supaya hasil akhir perhitungannya bisa lebih akurat.

Perlu diketahui, dalam proses pembuatan cor jalan tidak hanya membutuhkan material besi beton saja, namun juga membutuhkan beberapa jenis lainnya. Selain itu, pembuatan cor jalan juga harus melalui beberapa tahapan, mulai dari perataan permukaan jalan, pemberian pondasi, pemasangan kerangka besi, proses pengecoran hingga proses pemadatan beton.

Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rumus perhitungan kebutuhan besi untuk cor jalan berikut ini.

Kebutuhan Besi : ((pj ÷ jb) x lj) + ((lj ÷ jb) x pj)

Keterangan :

  • pj : Panjang jalan.
  • jb : Jarak besi.
  • lj : Lebar jalan.

Catatan :

  • Semua satuan ukuran dalam hitungan meter (m).
  • Hasil perhitungan nantinya dalam satuan meter panjang besi.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Untuk Cor Jalan

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Untuk Cor Jalan Beton

Setelah memahami rumus menghitung kebutuhan besi untuk cor jalan, berikutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara perhitungannya. Sekedar informasi, sebenarnya perhitungan kebutuhan besi untuk cor jalan juga diperlukan ketika kalian hendak menghitung biaya cor jalan.

Di dalam perhitungan kebutuhan besi untuk cor jalan ini nantinya bisa memberikan hasil dalam bentuk satuan meter panjang, batang ataupun berat kilogram. Agar lebih jelasnya, berikut adalah contoh tata cara menghitung kebutuhan besi untuk cor jalan, baik itu dalam satuan meter panjang, batang ataupun berat kg.

Kebutuhan Besi Dalam Satuan Meter Panjang

Cara pertama yaitu mencari tahu ukuran panjang, lebar dan tinggi cor jalan. Sebagai contoh kalian akan membuat jalan cor sepanjang 100 meter, lebar 3 meter serta tinggi 25 cm menggunakan besi tulangan 1 lapis berdiameter 13 mm dengan jarak pemasangan 50 cm, maka cara menghitung total kebutuhannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang jalan (pj) : 100 m.
  • Lebar jalan (lj) : 3 m.
  • Tinggi jalan : 25 cm.
  • Jarak pemasangan besi (jb) : 50 cm atau 0.5 m.

Perhitungan :

  • Kebutuhan besi : ((pj ÷ jb) x lj) + ((lj ÷ jb) x pj).
  • Kebutuhan besi : ((100 m ÷ 0.5) x 3 m) + ((3 m ÷ 0.5 m) x 100 m).
  • Kebutuhan besi : (200 bh x 3 m) + (6 bh x 100 m)
  • Kebutuhan besi : 600 m + 600 m = 1.200 m

Jadi, kebutuhan besi d13 untuk membuat cor jalan sepanjang 100 meter dengan lebar 3 meter yaitu kurang lebih sekitar 1.200 meter.

Kebutuhan Besi Dalam Jumlah Batang

Cara selanjutnya yaitu menghitung keperluan besi d13 sepanjang 1.200 meter dalam satuan batang untuk jalan cor sepanjang 100 meter. Sebagai contoh saat ini ukuran standar besi beton di pasaran adalah 12 meter per batangnya, maka cara menghitung kebutuhannya yaitu akan seperti berikut ini.

  • Kebutuhan besi : Panjang kebutuhan besi ÷ Panjang besi per batang.
  • Kebutuhan besi : 1.200 m ÷ 12 m = 100 batang.

Jadi, jika dihitung dalam satuan batang, maka kalian membutuhkan besi d13 sebanyak 100 batang untuk membuat cor jalan sepanjang 100 meter.

Kebutuhan Besi Dalam Satuan Berat Kg

Cara menghitung kebutuhan besi untuk cor jalan terakhir yaitu untuk mengetahui jumlah total dalam satuan berat kilogram. Sebelumnya, kalian perlu menghitung berat besi beton d13 terlebih dahulu. Atau jika ingin lebih mudah, saat ini sebenarnya berat besi sudah tercantum di tabel berat besi beton ulir d13 dalam satuan SNI yaitu sekitar 1.04 kg per meternya.

Nah, untuk tata cara menghitung total kebutuhan besi untuk cor jalan dalam satuan berat kg yaitu seperti berikut ini.

  • Kebutuhan besi : Berat besi per meter x Panjang kebutuhan besi.
  • Kebutuhan besi : 1.04 kg x 1.200 m = 1.248 kg.

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan besi d13 untuk cor jalan sepanjang 100 m, lebar 3 m serta tinggi 25 cm dengan jarak pemasangan 50 cm yaitu kurang lebih sekitar 1.200 meter, 100 batang ataupun 1.248 kg.

Tips Memilih Besi Untuk Cor Jalan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung kebutuhan besi untuk cor jalan baik itu dalam satuan meter, batang ataupun berat. Supaya bisa mendapatkan material berkualitas, maka kalian tentunya perlu mengetahui bagaimana tata cara memilih material tersebut.

Adapun beberapa tips memilih dan membeli besi beton untuk kebutuhan cor jalan tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Pilihlah besi beton berstandar SNI.
  • Hindari memilih besi berkarat.
  • Pilihlah diameter besi sesuai kebutuhan konstruksi.
  • Pilih bentuk dan jenis besi sesuai kebutuhan.
  • Jangan tergiur dengan penawaran harga murah.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa perhitungan kebutuhan besi untuk cor jalan sebenarnya terbilang cukup mudah, asalkan mengetahui rumusnya. Selain itu, hasil perhitungan kebutuhan besi juga nantinya bisa disesuaikan entah itu dalam satuan meter, batang ataupun berat.

Demikian sekiranya penjelasan seputar cara menghitung kebutuhan besi untuk cor jalan versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung total keperluan besi dalam pekerjaan cor jalan di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *