Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter – Seperti diketahui, pagar merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah hunian. Tidak hanya berfungsi sebagai pengaman bangunan saja, namun pagar juga dapat digunakan untuk mempercantik tampilan hunian, terutama pada bagian eksterior.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia beragam model pagar yang dijual atau dibuat oleh produsennya, salah satunya yaitu wrought iron gate atau biasa disebut dengan pagar besi tempa. Karena mengusung tema klasik yang elok, harga pagar jenis tersebut memang tidak bisa dibilang murah.

Selain itu, keunggulan lainnya dari pagar besi tempa yaitu memiliki daya tahan tinggi terhadap berbagai macam cuaca, bahkan cuaca ekstrim sekaligus. Maka dari itu, sebagian besar orang pasti lebih memilih menggunakan pagar besi tempa dibandingkan dengan pagar jenis lainnya.

Jika kalian hendak membeli pagar besi tempa sebagai pelengkap sebuah hunian, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa harga jualnya di pasaran. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang daftar harga pagar besi tempa per meter semua ukuran, entah itu model sederhana, klasik ataupun minimalis.

Apa Itu Besi Tempa?

Apa Itu Besi Tempa

Sebelum MENGHITUNG HARGA PAGAR BESI PER METER, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertian pagar besi tempa. Besi tempa sendiri merupakan campuran besi dengan karbon rendah. Dimana kandungan karbon ini nantinya akan berpengaruh pada kekuatannya.

Pasalnya, semakin rendah tingkat karbonnya, maka akan semakin kuat besinya. Dengan kata lain, besi tempa jauh lebih kuat dibandingkan besi cor. Meskipun demikian, besi tempa mudah dibentuk dan ditempa menjadi berbagai macam produk, salah satunya pagar rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi Tempa

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi Tempa

Meskipun dari segi kekuatan pagar besi tempa sangat kuat, namun bukan berarti material tersebut tidak memiliki kekurangan sama sekali. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangan dari pagar besi tempa.

Kelebihan

  • Memiliki sifat tahan lama.
  • Memiliki visibilitas yang baik.
  • Mampu memberikan kesan elegan pada hunian.
  • Mempunyai tingkat keamanan cukup tinggi.

Kekurangan

  • Harganya cenderung lebih mahal dibandingkan pagar jenis lainnya.
  • Kreasi bukaan pada pagar besi tempa membuatnya tidak memberikan privasi bagi penghuni rumah.
  • Memerlukan perawatan secara berkala agar terhindar dari karat.
  • Apabila dilihat dari segi beban, pagar besi tempa tergolong cukup berat.

Model Pagar Besi Tempa

Umumnya, besaran harga pagar besi tempa per meter di pasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti model pagar, tingkat kerumitan desain dan lain sebagainya. Sampai saat ini setidaknya terdapat 3 jenis pagar besi tempa yang kerap digunakan oleh masyarakat, yaitu model sederhana, klasik serta minimalis.

Sederhana

Sederhana

Meskipun pagar besi tempa jenis ini memiliki kesan sederhana dan desain tidak terlalu rumit, namun material tersebut masih tetap memiliki tampilan elegan. Pagar besi tempa model sederhana sangat cocok jika diaplikasikan pada rumah dengan halaman atau pekarangan luas.

Klasik

Klasik

Di negara-negara Eropa, biasanya pagar besi tempa ditemui pada rumah-rumah bergaya klasik. Model pagar klasik mampu membuat tampilan hunian menjadi lebih elegan, terlebih lagi jika dikombinasikan dengan cat warna hitam legam.

Minimalis

Minimalis

Jenis pagar besi tempa terakhir yaitu model minimalis modern. Dimana pagar minimalis bisa dibuat dengan gaya minimalis tanpa adanya dekoratif yang berlebihan. Pagar besi tempa minimalis merupakan ide pagar simpel namun tetap elegan, apalagi jika dipadukan bersama bata ekspos.

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter

Daftar Harga Pagar Besi Tempa Per Meter

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan beserta model pagar besi tempa, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa harga jual per meter di pasaran. Seperti dijelaskan sebelumnya, karena produk tersebut mengusung material berkualitas serta memiliki arsitektur menarik, maka harga jualnya juga cenderung lebih mahal.

Di pasaran Indonesia sendiri, kini harga pagar besi tempa per meter berada di kisaran Rp 2.600.000 sampai Rp 4.500.000 untuk model klasik. Sementara pagar besi tempa bergaya minimalis, biasanya di pasaran di banderol dengan harga mulai dari Rp 1.800.000 hingga Rp 3.000.000 per meternya.

Perlu diingat, harga pagar besi tempa per meter tersebut bukanlah harga tetap dan bisa saja berbeda di beberapa daerah. Pasalnya, suatu saat harganya bisa berubah karena terpengaruh oleh beberapa faktor seperti penggunaan motif atau desain serta tingkat kesulitan pengerjaannya.

Cara Merawat Pagar Besi Tempa

Cara Merawat Pagar Besi Tempa

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga pagar besi tempa per meter untuk semua jenis beserta ukurannya. Setelah membelinya, kalian juga harus tahu bagaimana tata cara merawat pagar besi tempa agar tidak mudah rusak ataupun berkarat. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa tips dan cara merawat pagar besi tempa.

  • Bersihkan pagar besi tempa secara rutin mengunakan campuran air hangat dan sabun piring.
  • Jika memang terdapat noda membandel, sebaiknya gunakan sikat gigi untuk membersihkannya.
  • Jaga jarak pagar besi tempa dengan tanaman di sekitar.
  • Lapisi pagar besi tempa menggunakan cat besi secara berkala.
  • Lindungi pagar besi tempa dari ancaman air hujan dengan cara melapisi minyak pada bagian permukaannya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa harga material pagar besi tempa bisa berbeda di beberapa daerah. Biasanya besaran harga tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti model pagar, desain pagar hingga tingkat kerumitan pengerjaannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga pagar besi tempa per meter untuk semua model dan ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membeli ataupun membuat pagar besi tempa.

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter

IDR 1800000
9.4

Harga

9.2/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.5/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *