Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter – Pagar besi merupakan salah satu jenis pagar yang kerap diaplikasikan pada sebuah bangunan, terutama di rumah minimalis. Selain berfungsi untuk menjaga keamanan rumah, pagar besi juga bisa menampilkan kesan artistik sebuah hunian sehingga terlihat cukup elegan.

Ketika hendak membangunnya, tentu diperlukan adanya perhitungan kebutuhan material serta Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya sejak awal. Dengan mengetahui harga pembuatan pagar besi, maka kalian dapat mempersiapkan berapa besar dana yang diperlukan untuk membuat konstruksi pagar besi.

Selain itu, perhitungan tersebut juga berguna untuk memperkecil risiko kalian mendapatkan harga material terlalu mahal ketika melakukan pembelian. Namun, sebagian besar orang belum mengetahui bagaimana langkah-langkah yang benar untuk menghitung kebutuhan pagar besi per meternya.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung harga pagar besi per meter mulai dari kebutuhan material hingga biaya pembeliannya. Daripada penasaran, perhatikan baik-baik tutorial perhitungannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi

Perlu diketahui, setiap material bahan bangunan pastinya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, termasuk pagar besi. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan sejumlah kelebihan dan kekurangan pagar besi.

Kelebihan

  • Tahan lama hingga bertahun-tahun.
  • Lebih kuat dibandingkan material pagar umum lainnya.
  • Memiliki visibilitas yang baik.
  • Mampu membuat hunian tampak lebih elegan.
  • Pagar besi tidak mudah di bobol sehingga keamanan rumah semakin terjamin.
  • Mudah dibentuk menjadi berbagai macam desain sesuai kebutuhan.

Kekurangan

  • Harga pagar besi cenderung mahal.
  • Kurang memberikan privasi bagi penghuninya.
  • Mudah mengalami perkaratan.
  • Bobotnya cukup berat.

Rumus Menghitung Harga Pagar Besi

Rumus Menghitung Harga Pagar Besi

Sebelum membahas cara menghitung harga pagar besi per meter lebih lanjut, tentunya kalian harus mengetahui terlebih dahulu rumus perhitungannya. Pada dasarnya perhitungan harga pagar besi tidak jauh berbeda ketika kalian menghitung BIAYA PEMBUATAN PAGAR TEMBOK.

Perlu diketahui, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan material besi Hollow sebagai bahan pembuatan pagar besi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya HARGA BESI HOLLOW cenderung lebih murah dibandingkan dengan material sejenisnya. Berikut adalah rumus perhitungan harga pagar besi per meter.

  • Volume pagar besi : Panjang x Tinggi
  • Harga pagar besi : Volume x Harga satuan

Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Setelah mengetahui rumus harga pagar besi per meter, selanjutnya kalian tinggal melakukan praktek perhitungannya. Sebagai contoh kalian akan membuat pagar besi untuk rumah dengan panjang 3.3 meter serta tinggi 1.5 meter, maka cara menghitung harga pagar besi per meter perseginya yaitu seperti berikut ini.

Volume Pagar Besi

Volume Pagar Besi

Langkah pertama yaitu cari luas atau volume pagar besi terlebih dahulu menggunakan rumus di atas. Perhitungan volume pagar besi ini wajib dilakukan karena nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk mendapatkan harga pagar besi.

  • Volume pagar besi : Panjang x Tinggi
  • Volume pagar besi : 3.3 m x 1.5 m = 4.95 m2.

Dari data perhitungan di atas, volume atau luas pagar besi dengan panjang 3.3 meter serta tinggi 1.5 meter yaitu 4.95 meter persegi.

Harga Pagar Besi Per Meter

Harga Pagar Besi Per Meter

Cara menghitung harga pagar besi per meter selanjutnya yaitu mencari tahu harga terbaru dari bahan materialnya di pasaran. Untuk mencari harga pagar besinya, kalian bisa datang secara langsung ke penyedia jasa pembuatan pagar atau juga bisa menanyakan kepada tetangga yang sudah pernah membuat pagar besi di rumahnya.

Misalkan harga pagar besi per meter di bengkel atau tukang las sekitar Rp 450.000 per meter perseginya, maka total biaya yang diperlukan ketika hendak membuat pagar besi yaitu sebagai berikut.

  • Harga pagar besi : Volume x Harga satuan
  • Harga pagar besi : 4.95 m2 x Rp 450.000 = Rp 2.227.500.

Jadi total biaya untuk membuat pagar besi dengan ukuran panjang 3.3 meter serta tinggi 1.5 meter membutuhkan anggaran dana kurang lebih sekitar Rp 2.227.500.

Biaya Lainnya

Biaya Lainnya

Selain biaya pembelian material pagar besi, kalian juga perlu menghitung biaya lain-lain supaya bisa mempersiapkan dana secara pembangunan secara tepat. Biaya lain-lain tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

KeteranganBiaya
Biaya kawat las dan cat besiRp 500.000
Harga borongan atau ongkos tukang lasRp 125.000
Biaya tambahanRp 100.000
TOTALRp 725.000

Nah, dari rincian perhitungan-perhitungan di atas, apabila dijumlahkan maka akan diperoleh hasil sebesar Rp 2.952.500. Biaya tersebut sudah termasuk pembelian material pagar besi per meter hingga ongkos jasa tukang las pemasangannya.

Tips Memilih Pagar Besi Rumah Minimalis

Tips Memilih Pagar Besi Rumah Minimalis

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung harga pagar besi per meter untuk rumah minimalis. Agar mendapatkan material pagar besi berkualitas, alangkah baiknya ikuti beberapa tips memilihnya berikut ini.

  • Gunakan material berkualitas meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.
  • Sesuaikan warna pagar besi dengan konsep hunian.
  • manfaatkan pencahayaan lampu sorot di sekitar area pagar besi.
  • Gunakan kombinasi material.
  • Utamakan faktor keamanan rumah.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa semakin besar volume pagar besi, maka akan semakin mahal pula harganya. Selain itu, harga pagar besi tersebut juga bisa saja berbeda-beda di beberapa wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung harga pagar besi per meter mulai dari volume hingga biaya pembangunannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat pagar besi di rumah minimalis.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *