Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Pasang Conwood Per Meter 2021 (Bahan & Tenaga)

Harga Borongan Pasang Conwood

Harga Borongan Pasang Conwood – Salah satu model atau konsep rumah yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia yaitu rumah serba kayu. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kayu mampu membuat sebuah hunian bisa terlihat lebih natural, cantik, asri serta terkesan hangat untuk ditinggali.

Akan tetapi, sayangnya saat ini kayu mudah sekali mengalami keropos dan rapuh karena termakan oleh hama seperti rayap ataupun tikus. Hal ini tentunya membuat kayu kurang cocok jika diaplikasikan sebagai bahan yang mendominasi pada sebuah bangunan, baik itu rumah tinggal ataupun gedung perkantoran.

Untungnya, saat ini sudah banyak bermunculan material yang memiliki tampilan luar sama persis dengan kayu namun bahannya tidak mengandung kayu, salah satunya yaitu conwood. Dimana conwood sendiri terbuat dari campuran bahan selulosa dengan fiber semen sehingga prosesnya ramah lingkungan serta memiliki kekuatan cukup tinggi.

Jika kalian berencana hendak menggunakan material conwood sebagai pengganti kayu di rumah, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap besaran harga borongan pasang conwood per meter perseginya.

Apa Itu Conwood?

Apa Itu Conwood

Seperti dijelaskan sebelumnya, conwood ialah sebuah material bangunan yang terbuat dari campuran bahan dasar selulosa serta fiber semen. Dimana proses pembuatan bahan material bangunan tersebut melalui proses dan unsur penyusun berteknologi tinggi serta ramah lingkungan.

Hingga kini, material conwood dinilai memiliki kesolidan sama dengan kayu sehingga mudah diubah menjadi berbagai macam bentuk. Selain itu, tekstur conwood juga terlihat seperti kayu asli sehingga sangat cocok jika diterapkan untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan, baik itu interior ataupun eksterior.

Fungsi Conwood

Fungsi Conwood

Perlu diketahui, di dalam dunia konstruksi bangunan material conwood kerap diaplikasikan menjadi berbagai macam kebutuhan. Nah, sebelum pembahasan harga borongan pasang conwood lebih lanjut, berikut akan kami berikan beberapa fungsi conwood sebagai material bangunan jika dilihat dari segi jenisnya.

  • Conwood fence : Material pembuatan pagar rumah.
  • Conwood decorative deck : Lantai bangunan.
  • Conwood lath cut 3″ : Plafon luar ruangan.
  • Conwood lath UG : Plafon dalam ruangan.
  • Conwood plank 1″ : Lisplang bangunan.

Kelebihan dan Kekurangan Conwood

Kelebihan dan Kekurangan Conwood

Meskipun conwood dikenal memiliki sejumlah keunggulan sebagai material bangunan, namun bukan berarti material tersebut tidak memiliki kelemahan sama sekali. Sebagai bahan pertimbangan sebelum memanfaatkannya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa kelebihan serta kekurangan material conwood.

Kelebihan

  • Mempunyai tampilan menyerupai kayu asli.
  • Harganya cukup terjangkau.
  • Mempunyai ketahanan sangat tinggi.
  • Tahan terhadap perubahan cuaca.
  • Tahan terhadap api.
  • Lebih ramah lingkungan.
  • Proses pemasangannya mudah.

Kekurangan

  • Cenderung memiliki bobot berat.
  • Tidak tahan terhadap benturan.
  • Membutuhkan perawatan secara berkala.

Harga Borongan Pasang Conwood Per Meter

Harga Borongan Pasang Conwood Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN PEKERJA BANGUNAN pada umumnya, pastinya besaran harga borongan pemasangan conwood di sejumlah daerah juga akan memiliki sedikit perbedaan. Dimana perbedaan harga atau upah tersebut bisa muncul karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Biasanya kebanyakan para kontraktor mematok harga borongan pasang conwood mulai dari Rp 230.000 sampai Rp 260.000 per meter perseginya. Harga atau ongkos jasa borongan tersebut berlaku untuk pemasangan conwood lantai, dinding serta sunshade dengan finishing cat FBR 3x layer, sealer serta aksesoris lainnya.

Biasanya besaran tarif borongan pasang conwood di atas dipengaruhi oleh kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya. Oleh sebab itu, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu harga borongannya dengan pihak kontraktor atau pemborong yang sudah berpengalaman.

Cara Menghitung Biaya Pasang Conwood

Di atas sudah dijelaskan mengenai berapa besar harga borongan pasang conwood per meter perseginya, baik itu untuk konstruksi dinding, lantai maupun sunshade. Selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana tata cara menghitung biaya pemasangan conwood. Agar lebih jelasnya, berikut adalah cara menghitung biaya pasang conwood menggunakan pekerja borongan.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu mencari tahu total luas atau volume bidang pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan memasang conwood sebagai material lantai teras samping rumah berukuran panjang 7 meter serta lebar 2.5 meter, maka cara menghitungnya akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang teras : 7 meter.
  • Lebar teras : 2.5 meter.

Perhitungan :

  • Volume teras : Panjang x Lebar.
  • Volume teras : 7 m x 2.5 m = 17.5 m2.

Biaya Pasang Conwood

Biaya Pasang Conwood

Kemudian langkah selanjutnya yaitu menghitung biaya pasang conwood lantai pada teras samping rumah berukuran 17.5 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Caranya yaitu tinggal mengalikan volume pekerjaan teras rumah dengan harga borongan pasang conwood lantai per meter perseginya.

  • Biaya pemasangan : Volume teras x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan : 17.5 m2 x Rp 230.000 = Rp 4.025.000.

Total biaya untuk memasang conwood lantai pada teras samping rumah berukuran 7 m x 2.5 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 4.025.000. Perlu diingat, di dalam biaya tersebut sudah termasuk ongkos tukang borongan dan biaya finishing conwood, namun belum termasuk biaya pemasangan rangkanya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan seputar besaran harga borongan pasang conwood per meter persegi dilengkapi dengan perhitungan biaya pemasangannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memasang conwood menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Pasang Conwood

IDR 230000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *