Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Gypsum

Harga Gypsum

Harga Gypsum – Dalam membangun sebuah gedung atau hunian, diperlukan adanya material sebagai bahan kontruksi bangunan. Tentunya material tersebut harus sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kalian.

Apabila kalian sedang mencari material untuk dinding yang ringan tetapi memiliki banyak keunggulan, papan gypsum adalah salah satu solusi yang tepat. Saat ini sudah banyak toko-toko material yang menyediakan produk ini, tentunya dengan harga yang bervariasi.

Produk ini sebenarnya sudah lama digunakan sebagai bahan material bangunan. Biasanya gypsum diaplikasikan sebagai material kontruksi pembentuk dinding, partisi, penyekat ataupun plafon rumah.

Kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai jenis-jenis gypsum beserta harganya. Langsung saja kalian simak baik-baik penjelasan harga gypsum berikut ini.

Harga Gypsum Terbaru & Terlengkap

Papan Gypsum merupakan material bangunan yang terbuat dari campuran bahan kertas. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, material bangunan yang satu ini banyak digunakan untuk dijadikan sebagai plafon atau dinding rumah.

Berbeda dengan BATA MERAH yang harus dipasang satu per satu, pemasangan gypsum tidak membutuhkan waktu yang lama serta tenaga yang banyak. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan material gypsum sehingga diminati oleh masyarakat.

Jenis-Jenis Gypsum

Sebelum kalian membeli papan gypsum, ada baiknya jika mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa jenis gypsum yang umum digunakan di kontruksi bangunan.

1. Gypsum Elephant

Gypsum Elephant

Jenis gypsum yang pertama adalah produk keluaran PT. Siam Indo Gypsum yang telah berdiri sejak 1996. Gypsum Elephant memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Gypsum jenis ini terbuat dari batuan gips alami yang dilapisi dengan kertas khusus pada permukaannya.

2. Gypsum Jayaboard

Jenis Jayaboard

Gypsum Jayaboard juga memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan jenis gypsum sebelumnya. Gypsum ini tahan terhadap air yang membuatnya cocok untuk diterapkan pada area yang lembap.

3. Gypsum Knauf

Jenis Knauf

Gypsum Knauf memiliki karakteristik yang ringan namun kuat dan mudah untuk dipotong. Produk ini dibanderol dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang terjamin. Jadi, produk ini sangat cocok apabila kalian sedang mencari gypsum murah dengan kualitas bagus.

4. Gypsum Aplus

Gypsum Aplus

Gypsum Aplus juga termasuk dalam produk lokal yang dikeluarkan oleh PT. Aplus PACIFIC. Gypsum jenis ini memiliki berbagai macam tipe yang masing-masing mempunyai karakteristik khusus tersendiri.

Harga Gypsum Per Lembar

Apabila kalian sudah mengerti tentang beberapa jenis gypsum yang sudah dijelaskan di atas, kalian juga harus mengerti tentang harga masing-masing jenis gypsum yang biasa beredar di pasaran. Berikut ini adalah daftar harga gypsum yang sudah kami rangkum untuk kalian.

1. Harga Gypsum Elephant

Gypsum Elephant ini memiliki ketebalan dari 9 mm hingga 12 mm, tentunya dengan harga yang bervariasi. Material ini juga memiliki jenis yang tahan terhadap air dan api.

JENISUKURANTEBALHARGA
Elephant Standard120 cm x 40 cm9 mmRp 60.000
Elephant Standard120 cm x 40 cm12 mmRp 80.000
Elephant Moisture120 cm x 40 cm9 mmRp 70.000
Elephant Fire Resistant120 cm x 40 cm9 mmRp 100.000

2. Harga Gypsum Jayaboard

Salah satu produk unggulan yang ditawarkan Jayaboard adalah gypsum tipe Wet-Area Optimum. Tipe ini dirancang untuk tahan terhadap air.

JENISUKURANTEBALHARGA
Jayaboard Sheet Rock120 cm x 40 cm6.5 mmRp 65.000
Jayaboard Sheet Rock120 cm x 40 cm9 mmRp 77.000
Jayaboard Sheet Rock120 cm x 40 cm12 mmRp 95.000
Jayboard Firestop120 cm x 40 cm13 mmRp 157.000
Jayaboard Firestop120 cm x 40 cm16 mmRp 175.000
Jayaboard Wet-Area Optimum120 cm x 40 cm9 mmRp 106.000
Jayaboard Wet-Area Optimum120 cm x 40 cm12 mmRp 159.000
Jayaboard Heatstop120 cm x 40 cm9 mmRp 90.000
Jayaboard Indo Board120 cm x 40 cm9 mmRp 65.000

3. Harga Gypsum Knauf

Knauf memiliki dua produk, yaitu tipe standar dan tipe tahan terhadap air. Simak daftar harganya di bawah ini.

JENISUKURANTEBALHARGA
Knauf120 cm x 40 cm9 mmRp 53.000
Knauf120 cm x 40 cm12 mmRp 72.000
Knauf MoistureShield120 cm x 40 cm9 mmRp 95.000
Knauf MoistureShield120 cm x 40 cm12 mmRp 125.000

4. Harga Gypsum Aplus

Gypsum jenis ini memiliki tipe yang dilengkapi dengan lapisan fibermesh, yaitu Aplus G-Strength. Ada juga tipe yang tahan terhadap air yaitu Aplus Water Resistant.

JENISUKURANTEBALHARGA
Aplus120 cm x 40 cm9 mmRp 48.000
Aplus120 cm x 40 cm12 mmRp 55.000
Aplus G-Strength120 cm x 40 cm9 mmRP 57.000
Aplus Water Resistant120 cm x 40 cm9 mmRp 77.000
Aplus Sound120 cm x 40 cm12 mmRp 220.000

Tips Memilih Papan Gypsum

Tips Memilih Papan Gypsum

Sebelum kalian membeli papan gypsum, sebaiknya kalian perhatikan beberapa cara memilih gypsum di bawah ini agar mendapatkan material yang berkulitas. Diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Pilihlah papan gypsum yang memiliki permukaan halus
  • Papan gypsum tidak ringkih dan tidak mudah patah
  • Pilihlah gypsum yang ringan, tetapi tidak ringkih
  • Pastikan produk yang kalian beli memiliki garansi

Keunggulan dan Kelemahan

Tentunya setiap meterial bangunan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, termasuk papan gypsum. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kelemahan gypsum yang harus kalian perhatikan sebelum membeli dan memasangnya.

1. Keunggulan

  • Proses pemasangannya mudah dan praktis
  • Dapat dibentuk sesuai keinginan
  • Dapat memantulkan panas dengan baik
  • Harganya cukup terjangkau
  • Ramah lingkungan
  • murah dan mudah dalam perawatannya
  • Memiliki bobot yang ringan

2. Kelemahan

  • Ada beberapa jenis gypsum yang tidak tahan terhadap air dan lembap
  • Mudah patah jika terkena benturan yang keras
  • Mudah berjamur dan terurai
  • Tidak kedap suara
  • Rentan terhadap cuaca

FAQ

Apakah Papan Gypsum Mengandung Asbes?

Secara umum, papan gypsum tidak mengandung asbes. Namun, masing-masing produsen dalam membuat papan gypsum mempunyai formula yang berbeda-beda tentunya dengan adanya bahan tambahan. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan apabila papan gypsum tersebut mengandung asbes.

Apakah Material Gypsum Bisa Dimakan Rayap?

Papan gypsum tidak mudah terbakar serta tahan terhadap api dan juga tidak akan dimakan rayap. Oleh karena itu, material ini sangat cocok utuk digunakan sebagai plafon atau dinding rumah.

Akhir Kata

Meskipun gypsum memiliki sejumlah keunggulan, kalian juga harus mempertimbangkan beberapa kekurangannya. Ketika kalian ingin membeli material ini sebagai kebutuhan bangunan, sebaiknya kalian perhatikan beberapa cara memilih gypsum seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Dengan begitu kalian akan mendapatkan produk gypsum dengan kualitas yang bagus serta awet. Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis, tips memilih, keunggulan dan kekurangan serta harga gypsum versi Epropertyrack.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Cat Kayu

Jihan
4 min read

Harga Keramik

Jihan
7 min read

Harga Pipa Galvanis

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *