Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek – Konstruksi dinding atau partisi para sebuah rumah tinggal dapat dibuat menggunakan berbagai macam material. Apabila budget yang dimiliki dalam membuat konstruksi partisi terbatas atau tidak terlalu banyak, kalian bisa mengakalinya menggunakan material dengan harga murah, seperti triplek.

Salah satu keunggulan material triplek sebagai partisi yaitu bentuknya berupa lembaran sehingga mempermudah dalam proses pemasangannya. Di sisi lain, ukurannya yang tergolong cukup lebar juga memungkinkan proses pemasangan partisi mampu berjalan dalam waktu lebih cepat.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali para pekerja borongan atau kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan partisi triplek. Dimana umumnya para pekerja borongan atau kontraktor tersebut menawarkan jasa pasang dinding triplek dengan hitungan per meter persegi.

Apabila diantara kalian berencana memasang material triplek sebagai konstruksi dinding atau partisi hunian, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu upah jasa pemasangannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci terkait estimasi harga borongan pasang partisi triplek per meter persegi.

Kelebihan dan Kekurangan Partisi Triplek

Kelebihan dan Kekurangan Partisi Triplek

Seperti dijelaskan sebelumnya, pemilihan material triplek sebagai bahan dasar pembuatan partisi di rumah dilandasi oleh berbagai macam alasan. Di sisi lain, material triplek juga memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan yang harus diperhatikan sebelum membeli dan memasangnya.

Dimana salah satu keunggulan atau kelebihan material triplek sebagai konstruksi partisi ruangan yaitu mudah dibentuk sehingga bisa dipasangkan dimana saja. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa kelebihan serta kekurangan triplek sebagai struktur partisi sebuah ruangan.

Kelebihan

  • Memiliki sifat kokoh.
  • Proses pembuatannya melalui teknologi tinggi sehingga ukurannya sangat presisi.
  • Hampir semua jenis triplek tahan terhadap air.
  • Sudah tersedia dalam berbagai macam ukuran serta ketebalan.
  • Ukurannya tidak akan berubah karena tidak akan memuai ataupun menyusut.
  • Dapat bertahan di bawah suhu ataupun cuaca ekstrem sekaligus.
  • Bobotnya cenderung lebih ringan dibandingkan material partisi lainnya.

Kekurangan

  • Finishing partisi triplek membutuhkan waktu lebih lama.
  • Permukaan triplek cenderung bergelombang.
  • Membutuhkan paku tembak atau paku lebih kuat supaya partisi dapat bertahan dalam jangka waktu cukup lama.

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter

Perlu diketahui, biasanya proses pemasangan triplek sebagai partisi ruangan pada sebuah rumah dilakukan menggunakan rangka kayu. Dengan begitu, tentunya harga borongan pasang partisi triplek akan sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan PEMASANGAN PARTISI GYPSUM.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya proses pemasangan partisi gypsum membutuhkan adanya material rangka hollow sebagai strukturnya. Di sisi lain, harga borongan pasang partisi triplek juga biasanya bisa berbeda di beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Meskipun demikian, secara garis besar rata-rata pekerja borongan mematok harga atau upah jasa pemasangan partisi triplek yang serupa. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian harga borongan pasang partisi triplek per meter perseginya di bawah ini, baik itu 1 sisi ataupun 2 sisi rangka kayu.

SpesifikasiHarga
Partisi triplek 1 sisi rangka kayuRp 80.000 – Rp 120.000
Partisi triplek 2 sisi rangka kayuRp 130.000 – Rp 170.000

Cara Menghitung Biaya Pasang Partisi Triplek

Di atas sudah dibahas secara tuntas mengenai besaran harga borongan pasang partisi triplek per meter perseginya, baik itu untuk 1 sisi ataupun 2 sisi rangka kayu. Selanjutnya, kalian juga harus memahami bagaimana cara menghitung biaya pemasangan partisi triplek menggunakan pekerja borongan.

Sebenarnya tata cara menghitung biaya pemasangan partisi triplek ini hampir mirip seperti saat menghitung BIAYA PASANG PLAFON TRIPLEK. Pasalnya, kalian perlu mencari tahu terlebih dahulu total luas ataupun volume pekerjaannya, lalu mengalikannya dengan harga borongan per meter perseginya. Agar lebih jelasnya, perhatikan perhitungannya berikut ini.

Volume Partisi

Volume Partisi

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencari luas atau volume bidang pekerjaan partisi yang akan dipasangi triplek. Sebagai contoh kalian hendak memasang material triplek 2 sisi rangka kayu pada dinding sepanjang 7 meter serta tinggi 3 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang partisi : 7 meter
  • Tinggi partisi : 3 meter

Perhitungan :

  • Volume partisi : Panjang x Tinggi.
  • Volume partisi : 7 m x 3 m = 21 m2.

Biaya Pasang Partisi Triplek

Biaya Pasang Partisi Triplek

Tahap selanjutnya yaitu menghitung biaya pemasangan partisi triplek 2 sisi rangka kayu pada dinding seluas 21 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya sendiri yaitu hanya mengalikan volume partisi dengan harga borongan per meter perseginya.

  • Biaya pasang partisi : Volume x Harga borongan.
  • Biaya pasang partisi : 21 m2 x Rp 130.000 = Rp 2.730.000.

Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemasangan partisi triplek 2 sisi rangka kayu menggunakan pekerja borongan membutuhkan biaya kurang lebih sekitar Rp 2.730.000. Perlu diingat bahwa biaya tersebut sudah termasuk ongkos pekerja serta pembelian material pemasangannya seperti triplek, rangka kayu hingga paku.

Akhir Kata

Demikian penjelasan seputar daftar harga borongan pasang partisi triplek per meter perseginya disertai perhitungan biaya pemasangannya dari Epropertyrack. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai gambaran ketika ingin memasang triplek sebagai struktur partisi ruangan di dalam rumah.

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek

IDR 80000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *