Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Pasang HPL Per Meter

Harga Pasang HPL Per Meter

Harga Pasang HPL Per Meter – Sebagaimana diketahui, saat ini berbagai macam interior entah itu furnitur, kitchen set serta ornamen dinding lainnya kerap menggunakan material pelapis sintetis. Di Indonesia sendiri sudah tersedia beragam jenis pelapis sintetis, seperti Viconsit, tacosheet, vinil hingga HPL.

Mungkin HPL dapat dikatakan sebagai jenis pelapis sintetis yang paling sering digunakan karena dinilai lebih tahan lama serta tersedia dalam beragam jenis dan warna. Selain itu, merek HPL yang beredar di pasaran indonesia juga sangat beragam, tentunya dengan harga bervariasi pula.

Pada dasarnya, proses pemasangan material HPL sebagai lapisan finishing membutuhkan para pekerja atau tukang khusus sehingga jarang ditemui. Namun seiring berjalannya waktu, kini sudah tersedia cukup banyak pekerja yang menawarkan jasa pemasangan HPL sebagai kebutuhan material finishing.

Oleh sebab itu, apabila kalian berniat untuk memasang HPL, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif atau harga jasa pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian harga pasang HPL per meter untuk semua jenis dan ukurannya.

Apa Itu HPL?

Apa Itu HP

Sebelum pembahasan harga pasang HPL per meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian atau definisi HPL. HPL atau High Pressure Kaminated merupakan suatu produk pelapis luar alias penutup berbahan plastik sintetis berupa lembaran laminasi bertekanan tinggi.

HPL terdiri dari beberapa lapisan, mulai dari lapisan kraft yang diresapi resin fenolik (kraft paper), lapisan dekoratif (decor paper) hingga lapisan laminasi bening (overlay paper). HPL bisa diaplikasikan pada permukaan vertikal maupun horizontal serta dapat dipanaskan sehingga membentuk kontur atau lekuk sesuai kebutuhan.

Kelebihan dan Kekurangan HPL

Kelebihan dan Kekurangan HPL

Setiap material bahan bangunan pastinya memiliki karakteristik berbeda-beda, termasuk HPL. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan menggunakannya, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan dari HPL sebagai material finishing.

Kelebihan

  • Proses pemasangan atau pengerjaannya relatif cepat.
  • Biaya perawatannya lebih rendah.
  • Warna hingga motif furnitur akan sama sehingga tidak menimbulkan risiko belang-belang.
  • Memiliki beragam jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, motif seperti marmer dan granit hingga warna metalik.
  • Sangat cocok jika diaplikasikan sebagai furnitur dengan tampilan modern dan minimalis.
  • Lebih bersih dalam aplikasinya.
  • Memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas, goresan hingga zat kimia.
  • Harganya cenderung lebih murah.

Kekurangan

  • Pengerjaan pasang HPL cukup menyulitkan, bahkan tidak memungkinkan untuk membuat bidang lengkung terlalu kecil.
  • Pemotongan HPL kurang sempurna bisa mengakibatkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL sehingga terkesan kurang rapi.
  • Jika dilihat dari segi fisik, HPL sangat keras sehingga tingkat fleksibelnya rendah dan mudah patah.
  • Apabila proses pengeleman tidak sempurna, HPL mudah terlepas.
  • Tampilan HPL tidak semewah cat Duco.

Ukuran Standar HPL

Seperti dijelaskan di atas, di pasaran Indonesia HPL sudah tersedia dengan beragam jenis, warna, motif hingga ukuran. Namun, secara umum dimensi HPL yang kerap digunakan sebagai material pelapis yaitu panjang 244 cm dan lebar 122 cm dengan ketebalan 0.8 mm sampai 1.5 mm.

Perlu diketahui, ukuran HPL juga biasanya akan mempengaruhi besaran harga pasang HPL per meter. Pasalnya, ukuran HPL tersebut biasa saja berpengaruh terhadap tingkat kesulitan atau kerumitan hingga risiko pada saat proses pemasangannya sehingga harga pemasangannya bisa saja berbeda.

Harga Pasang HPL Per Meter

Harga Pasang HPL Per Meter Semua Jenis

Setelah mengetahui pengertian, ukuran serta kelebihan hingga kekurangan dari material HPL, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga atau tarif jasa pemasangannya. Secara garis besar, besaran harga pasang HPL per meter dapat berbeda-beda untuk beberapa wilayah.

Perbedaan harga tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti lokasi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya. Selain itu, pengaplikasian material HPL juga bisa mempengaruhi harganya, seperti pemasangan HPL pada KITCHEN SET akan berbeda dengan pemasangan partisi atau dinding HPL.

Meskipun demikian, harga pasang HPL per meter ini berada di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Perlu diingat, biaya tersebut sudah termasuk tenaga jasa borongan serta pembelian material. Namun, jika kalian ingin membeli materialnya sendiri, besar kemungkinan tarif jasa pemasangan HPL akan sedikit lebih murah.

Cara Menghitung Biaya Pasang HPL

Cara Menghitung Biaya Pasang HPL

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai harga pasang HPL per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui besaran harga pemasangan, namun tidak tahu bagaimana cara menghitung total biaya pemasangannya. Maka dari itu, berikut akan kemi berikan tata cara menghitung biaya pasang HPL sebagai material partisi atau dinding hunian.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama, silahkan hitung terlebih dahulu volume atau luas bidang pekerjaan pemasangan HPL. Sebagai contoh kalian akan memasang HPL sebagai struktur dinding dengan panjang 6 meter serta lebar 4 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 6 meter.
  • Lebar : 4 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan dinding : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan dinding : 6 m x 4 m = 24 m2.

Biaya Pasang HPL

Tahap berikutnya yaitu tinggal menghitung total biaya pemasangan HPL sebagai konstruksi dinding atau partisi. Caranya yaitu mengalikan volume pekerjaan dinding dengan harga pasang HPL per meter perseginya.

  • Biaya pasang HPL : Volume pekerjaan x harga pasang HPL.
  • Biaya pasang HPL : 24 m2 x Rp 300.000 = Rp 7.200.000.

Jadi, total biaya yang diperlukan untuk memasang HPL sebagai material partisi dinding dengan panjang 6 meter serta lebar 4 meter yaitu kurang lebih sekitar Rp 7.200.000. Saran kami sebaiknya gunakan material berkualitas seperti HPL TACO meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif jasa pemasangan HPL per meter perseginya bisa berbeda untuk beberapa wilayah. Hal tersebut dikarenakan terpengaruh oleh beberapa faktor seperti lokasi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian harga pasang HPL per meter untuk semua jenis serta ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang HPL sebagai material finishing.

Harga Pasang HPL Per Meter

IDR 200000
9.3

Harga

9.4/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.0/10

Garansi

9.1/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *