Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Triplek 9MM

Harga Triplek 9mm

Harga Triplek 9MM – Salah satu hasil olahan kayu pabrikan yang berbentuk lembaran atau papan yaitu kayu lapis atau triplek. Perlu kalian ketahui, apabila akan dijadikan sebagai produk furnitur maka material ini lebih unggul dibandingkan dengan kayu solid.

Selain itu, di dalam dunia konstruksi triplek menjadi salah satu elemen yang sangat penting di setiap proses pembangunannya. Lain halnya dengan BATA MERAH atau BATAKO, material triplek ini tidak terlalu membutuhkan tenaga yang ekstra dalam proses pemasangannya.

Triplek atau plywood sendiri memiliki jenis dan ketebalan yang sangat beragam, mulai dari yang tipis dan lentur sampai dengan papan triplek yang tebal dan kuat. Di Indonesia, ukuran standar untuk material ini yaitu 1220 mm x 2440 mm dengan ketebalan mulai dari 3 mm hingga 18 mm.

Ukuran triplek yang paling sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk kebutuhan bangunan yaitu 1200 mm x 2440 mm x 9 mm. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai kegunaan, keunggulan dan kelemahan serta harga triplek 9mm secara lengkap.

Harga Triplek 9MM Baru, Bekas dan Murah

Untuk harganya sendiri material ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau, baik itu untuk barang baru maupun bekas. Meskipun harganya tergolong murah, namun biasanya produk ini rata-rata memiliki kualitas yang sudah terjamin, tentunya tergantung dengan jenis serta bahan dasar pembuatannya.

Kegunaan Triplek 9MM

Kegunaan Triplek 9MM

Sebelum membahas harga triplek 9mm lebih lanjut, sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu beberapa kegunaan dari material ini. Berikut adalah pemanfaatan material triplek 9mm dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sebagai Plafon

Material triplek dengan ukuran 9mm ini kerap digunakan sebagai material plafon interior rumah. Umumnya plafon yang menggunakan material ini akan lebih kokoh dan lebih kuat serta tahan lama.

2. Alas Untuk Memotong

Triplek juga bisa kalian gunakan sebagai alas pada saat pemotongan kertas dengan pisau atau cutter. Sehingga dengan menggunakan material ini sebagai alas, proses pemotongan tidak akan merusak lantai maupun material lainnya.

3. Pembuatan Kerajinan Tangan

Dengan ukurannya yang tidak terlalu tebal tersebut, maka material ini sangat cocok untuk kalian manfaatkan sebagai pembuatan kerajinan tangan. Umumnya masyarakat menggunakan material ini untuk dibuat sebagai mainan anak-anak.

4. Sebagai Papan PCB

Bagi kalian yang bergelut di bidang elektronika, pasti pernah melihat papan PCB yang menggunakan material triplek. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material ini memiliki sifat yang fleksibel dan mudah untuk dibuat sehingga kerap digunakan sebagai papan PCB.

Keunggulan Triplek 9MM

Keunggulan Triplek 9MM

Ketika kalian menggunakan material triplek dengan ukuran 9mm ini, kalian akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Berikut adalah beberapa keunggulan dari produk tersebut.

  • Memiliki sifat praktis sehingga mudah untuk dibentuk
  • Memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap penyusutan atau pemuaian
  • Sudah dilapisi dengan lapisan anti air
  • Mempunyai ukuran yang presisi karena dibuat dengan teknologi canggih
  • Harganya terjangkau

Kelemahan Triplek 9MM

Kelemahan Triplek 9MM

Meskipun harga triplek 9mm ini tergolong murah, namun material ini juga memiliki kelemahan yang harus kalian perhatikan. Kelemahan tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Tidak cocok jika diaplikasikan untuk luar ruangan atau outdoor
  • Proses pengiriman dan penyimpanan harus dilakukan dengan hati-hati
  • Membutuhkan material tambahan seperti paku tembak ketika diperlukan adanya penggabungan
  • Membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi pada saat proses finishing

Daftar Harga Triplek 9MM Per Lembar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga triplek 9mm ini sangat bervariasi. Berikut adalah daftar harga triplek dengan ketebalan 9mm berdasakan jenis dan bahan dasar pembuatannya yang sudah kami rangkum untuk kalian.

SPESIFIKASIUKURANHARGA
Triplek Partikel Board1220 x 2440 x 9 mmRp 75.000
Triplek Soft Wood Sengon1220 x 2440 x 9 mmRp 90.000
Triplek Hard Wood Meranti1220 x 2440 x 9 mmRp 94.000
Triplek Hard Wood Tunas1220 x 2440 x 9 mmRp 100.000
Triplek MDF1220 x 2440 x 9 mmRp 100.000
Triplek Hard Wood Palm1220 x 2440 x 9 mmRp 103.000
Triplek Grade Lokal1220 x 2440 x 9 mmRp 105.000
Triplek Soft Wood Albasia1220 x 2440 x 9 mmRp 125.000
Triplek Grade UTY Better1220 x 2440 x 9 mmRp 140.000
Triplek Grade BBCC1220 x 2440 x 9 mmRp 178.000

Tips Terbaik Merawat Triplek

Tips Terbaik Merawat Triplek

Berikut ini akan kami berikan beberapa tips terbaik dalam merawat triplek yang bisa kalian lakukan untuk memperkuat dan meningkatkan ketahanan triplek.

1. Tempatkan di Tempat yang Ideal

Sebaiknya aplikasikan triplek di tempat yang tidak terlalu panas atau dingin. Dengan penempatan yang tepat, dapat menambah usia pakai triplek menjadi lebih lama.

2. Hindari Air

Terapkan triplek di tempat yang kering dan terhindar dari air. Hal itu dikarenakan air dapat merusak struktur dari material tersebut, seperti mudah lapuk, rusak dan tidak tahan lama.

3. Bersihkan Secara Rutin

Tips selanjutnya yaitu dengan melakukan pembersihan material triplek secara rutin, minimal satu bulan sekali. Pasalnya, kotoran seperti tumpukan debu lama-kelamaan bisa berubah menjadi noda membandel yang sulit untuk dibersihkan.

4. Berikan Lapisan Finishing yang Tepat

Terakhir, berikan lapisan finishing yang tepat seperti cat khusus atau obat pelapis. Hal itu bertujuan agar meningkatkan ketahanan dan kekuatan dari material triplek ini.

Akhir Kata

Jadi, dapat disimpulkan bahwa material triplek ini memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada konstruksi sebuah bangunan. Saran kami sebelum kalian membeli produk tersebut, alangkah baiknya kalian pertimbangkan terlebih dahulu beberapa keunggulan dan kelemahan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai kegunaan, keunggulan dan kelemahan serta harga triplek 9mm terbaru. Semoga informasi di atas dapat kalian jadikan gambaran ketika hendak membeli dan memasang material triplek untuk kebutuhan bangunan.

Harga Triplek 9MM

IDR 75000
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Pintu Kamar Mandi

Jihan
2 min read

Harga Kayu Bengkirai

Jihan
2 min read

Harga Kayu Damar Laut

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *