Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Batako Per Meter

Harga Borongan Pasang Batako Per Meter

Harga Borongan Pasang Batako Per Meter – Sebagaimana diketahui, belakangan ini material batako kerap digunakan sebagai dinding sebuah konstruksi bangunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya batako memiliki ukuran lebih besar dibandingkan bata merah sehingga proses pemasangannya bisa lebih cepat.

Selain itu, proses pembuatan batako juga dilakukan melalui mesin press atau mesin cetak sehingga ukurannya presisi dan seragam. Akan tetapi, material batako kebanyakan memiliki rongga atau lubang di bagian tengahnya sehingga tingkat ketahanannya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bata merah.

Berbicara mengenai dinding batako, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pekerja borongan ataupun kontraktor yang menyediakan tenaga jasa pemesangannya. Kebanyakan para pemborong tersebut mematok tarif atau upah jasa pemasangan batako dengan hitungan per meter persegi.

Oleh sebab itu, jika diantara kalian berencana hendak membangun rumah menggunakan material batako, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran harga borongannya. Nah, kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait daftar harga borongan pasang pagar batako per meter, baik itu non bahan ataupun plus bahan.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Seperti dijelaskan di atas, PENGERTIAN BATAKO merupakan sebuah material bangunan yang terbuat dari campuran semen dan pasir. Setelah itu, campuran semen serta pasir tersebut nantinya dicetak menggunakan cara manual ataupun menggunakan mesin press agar mendapatkan ukuran presisi dan seragam.

Meskipun batako memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan material dinding lainnya, namun bukan berarti material tersebut tidak mempunyai kelemahan sedikitpun. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami jelaskan beberapa kelebihan serta kekurangan dari batako.

Kelebihan

  • Tahan terhadap air.
  • Ukurannya besar dan seragam.
  • Harganya relatif terjangkau.
  • Memiliki bobot ringan.
  • Memiliki bentuk rata serta halus.
  • Proses pengerjaannya menjadi lebih cepat.

Kekurangan

  • Mampu membuat dinding menjadi mudah retak.
  • Bagian rongga atau tengahnya mudah pecah.
  • Menyerap panas.
  • Kurang mampu meredam suara dengan baik.

Ukuran Standar Batako

Ukuran Standar Batako

Perlu diketahui, biasanya besaran harga borongan pasang batako per meter akan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya yaitu ukuran. Ukuran batako juga nantinya bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak menghitung KEBUTUHAN BATAKO PER METER.

Biasanya material batako di pasaran dijual dengan ukuran tinggi 14 cm hingga 18 cm serta panjang 20 cm sampai 30 cm. Sementara untuk ketebalannya sendiri juga cukup bervariasi, mulai dari 8 cm hingga 10 cm, tergantung pesanan pembelinya.

Harga Borongan Pasang Batako Per Meter

Daftar Harga Borongan Pasang Batako Per Meter

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan hingga ukuran standar batako, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga borongan pemasangannya. Seperti halnya HARGA BORONGAN BANGUNAN lainnya, besaran harga borongan pasang batako per meter juga bisa berbeda di sejumlah daerah.

Selain itu, umumnya para pemborong ataupun kontraktor menyediakan dua jenis sistem borongan, yaitu borongan non bahan serta borongan plus bahan. Borongan non bahan berarti pihak kontraktor atau pemborong hanya menyediakan tenaga kerja saja, sementara borongan plus bahan berarti kontraktor menyediakan tenaga beserta materialnya.

Untuk harga borongan pasang batako non material biasanya berada di kisaran Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per meter perseginya. Sedangkan harga borongan pasang batako plus material sedikit lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 120.000 hingga Rp 140.000 per meter perseginya, tergantung dengan pemilihan kualitas materialnya.

Perhitungan Biaya Pemasangan Batako

Perhitungan Biaya Pemasangan Batako

Di atas sudah dibahas secara lengkap mengenai estimasi harga borongan pasang batako per meter perseginya, baik itu non bahan ataupun plus bahan. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana CARA MENGHITUNG BIAYA PEMASANGAN BATAKO menggunakan pekerja borongan.

Sebenarnya tata cara perhitungannya cukup sederhana, karena kalian hanya perlu mengalikan volume pekerjaan dinding yang akan dipasangi batako dengan harga borongan per meternya. Sebagai contoh kalian akan memasang batako sebagai pagar rumah dengan batako mengunakan pekerja borongan non material sepanjang 8 meter serta tinggi 1.5 meter, maka perhitungannya akan seperti di bawah ini.

  • Volume pekerjaan pagar : Panjang x tinggi.
  • Volume pekerjaan pagar : 8 m x 1.5 m = 12 m2.
  • Biaya pemasangan pagar : Volume pekerjaan x harga borongan per meter.
  • Biaya pemasangan pagar : 12 m2 x Rp 80.000 = Rp 960.000.

Jadi, dari perhitungan di atas total kebutuhan biaya untuk memasang batako sebagai pagar rumah sepanjang 8 meter serta tinggi 1.5 meter menggunakan pekerja borongan non material yaitu kurang lebih sekitar Rp 960.000.

Karena kontraktor tersebut hanya menyediakan tenaga kerja saja, maka kalian harus melakukan survei HARGA BATAKO di toko-toko bangunan ataupun material. Selain itu, biaya di atas juga belum termasuk biaya pembuatan pondasi sebagai penopang dinding batako.

Tips Memilih Batako

Tips Memilih Batako

Dalam membangun sebuah bangunan, tentunya diperlukan adanya perhitungan serta pertimbangan dengan matang sejak awal, termasuk pemilihan bahan materialnya. Nah, agar kalian mendapatkan batako berkualitas, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam memilih batako sebagai bahan dasar pembuatan dinding bangunan.

  • Pilih batako dengan permukaan lembut.
  • Pastikan bobot batako berat.
  • Semakin lurus batako, maka akan semakin bagus tingkat kualitasnya.
  • Carilah batako berkualitas meskipun harganya sedikit lebih mahal.
  • Belilah material batako yang memiliki masa garansi.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran tarif jasa borongan dalam pemasangan batako dihitung dengan satuan per meter persegi. Di samping itu, harga borongan tersebut juga dapat berbeda di sejumlah daerah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Demikian pembahasan versi Epropertyrack seputar daftar harga borongan pasang batako per meter perseginya, entah itu non bahan ataupun plus bahan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak memasang material batako di rumah.

Harga Borongan Pasang Batako Per Meter

IDR 80000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *