Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Apa Itu Batako

Apa Itu Batako

Apa Itu Batako – Batako merupakan salah satu material bahan bangunan terpenting yang harus diperhatikan ketika hendak membangun rumah impian. Pasalnya material tersebut berguna untuk membuat dinding mampu melindungi hunian dari cuaca di luar sana.

Jika dahulu kebanyakan orang menggunakan bata merah yang terbuat dari tanah liat sebagai struktur dinding, namun kini sudah mulai tergantikan berkat adanya batako. Terlebih lagi pemasangannya dinilai lebih cepat dibandingkan dengan bata merah sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

Selain itu, ukurannya jauh lebih besar dari bata merah sehingga membutuhkan lebih sedikit material pada saat proses pembangunan. Dengan kata lain, penggunaannya sebagai bahan pembuatan dinding bangunan tersebut membutuhkan anggaran dana lebih sedikit dibandingkan bata merah.

Namun, masih ada sebagian orang di luar sana belum mengetahui apa itu batako, apa saja jenis-jenisnya serta berapa harganya. Oleh sebab itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai seluk beluknya mulai dari pengertian, kegunaan hingga kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Batako

Pengertian Apa Itu Batako

Sebelum mengenal jenis-jenisnya, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu batako. Batako merupakan batu bata padatan (concrete brick) terbuat dari campuran beberapa bahan seperti semen, pasir, kericak serta air.

Di samping itu metarial tersebut juga dikenal sebagai bataton atau batu bata beton dan sekilas mirip dengan paving block yang kerap digunakan untuk bahan dasar lantai ataupun jalan. Bataton juga memiliki sifat kedap air jadi mampu meminimalisir rembesan pada dinding.

Kegunaan Batako

Seperti dijelaskan di atas, dalam konstruksi bangunan bataton sering digunakan sebagai bahan struktur dinding untuk menggantikan bata merah. Bobotnya yang tergolong ringan juga menjadi alasan mengapa material ini sangat cocok dipakai untuk membangun rumah lebih dari 1 lantai.

Selain itu, besarnya ukuran memungkinkan proses pembangunan menjadi lebih cepat sehingga mampu menghemat pengeluaran dana ongkos pekerja. Namun sayangnya penggunaan meterial ini akan memberikan efek rumah terasa panas, terutama jika digunakan di wilayah tropis.

Jenis-Jenis Batako

Setelah mengetahui apa itu batako dan apa saja kegunaannya, kalian juga harus tahu mengenai jenis-jenisnya. Apabila dilihat dari bahan bakunya, bataton terbagi menjadi dua jenis, yaitu batako semen dan putih atau trass. Nah, berikut adalah penjelasan masing-masing jenis tersebut.

1. Batako Semen atau Press

Batako Semen atau Press

Sesuai namanya, jenis ini terbuat dari campuran material semen dan pasir. Batako semen memiliki ciri khas dua atau tiga buah lubang di setiap sisinya untuk memasukkan adukan perekat. Batu bata semen atau press juga dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu press mesin serta press tangan.

2. Batako Putih atau Trass

Batako Putih atau Trass

Cukup berbeda dengan jenis di atas, jenis ini terbuat dari campuran trass, batu kapur dan air. Trass merupakan jenis tanah terbuat dari lapukan bebatuan gunung berapi berwarna putih atapun putih kecoklatan. Sayangnya material tersebut di pasaran memiliki ukuran terbatas, berbeda dengan batako semen.

Ukuran Batako

Dimensi batako di pasaran tentunya sangat beragam, tergantung kebutuhan konstruksi bangunan. Biasanya bataton jenis semen yang dijual di pasaran memiliki ukuran cukup beragam, yaitu mulai dari panjang 36 – 40 cm, tinggi 18 – 20 cm serta tebal 8 – 10 cm.

Sedangkan jenis trass umumnya memiliki ukuran panjang 20 – 30 cm, tebal 8 – 10 cm serta tinggi 14 – 18 cm. Tentunya pada bahan material yang berlubang, jenis tersebut memiliki bobot lebih ringan serta mempunyai insulasi jauh lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Kelebihan dan Kekurangan

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai apa itu batako beserta jenis-jenisnya. Sebagai salah satu jenis bahan bangunan, bata semen pastinya memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan dan kekurangannya.

1. Kelebihan

  • Memiliki ukuran lebih besar dari bata merah sehingga hanya memerlukan lebih sedikit material pada saat proses pembangunan hunian.
  • Memiliki dimensi seragam karena cetakannya rapi.
  • Ukurannya cukup besar sehingga mampu menghemat waktu pengerjaan serta ongkos tukang.
  • Mudah dipotong dan diubah menjadi beragam bentuk.
  • Kedap air sehingga meminimalisir kemungkinan perembesan air hujan.
  • Memiliki bobot lebih ringan karena rongga di bagian tengah.

2. Kekurangan

  • Rentan terhadap keretakan.
  • Mudah pecah apabila dilobangi.
  • Membuat ruangan akan terasa panas karena bahannya menyerap panas.

Harga Batako

Harga Batako

Di pasaran sendiri, material bataton dijual dengan satuan cukup beragam, mulai dari per biji, per meter hingga per kubik. Untuk HARGA BATAKO PER BIJI bisanya berada pada kisaran Rp 1.000 sampai Rp 4.500, tergantung merek beserta kualitasnya.

Sementara itu jika hendak membeli material tersebut dengan satuan per kubik, maka kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp 600.000 hingga Rp 750.000. Pastikan kalian membeli produk berkualitas bagus sehingga dapat kuat serta tahan lama.

Cara Memilih Batako

Cara Memilih

Apabila ingin mendapatkan produk berkualitas, kalian juga harus tahu apa saja tips memilihnya. Di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dan cara memilih batako berkualitas di pasaran.

  • Pilihlah material yang memiliki permukaan lembut.
  • Cari produk dengan bobot cukup berat.
  • Pilih produk dengan tingkat presisi atau kelurusan permukaan, semakin presisi maka akan semakin bagus.
  • Pukul material menggunakan jari, jika suaranya semakin minim maka kualitasnya semakin bagus.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kehadiran batu bata beton pada dunia konstruksi menjadi alternatif untuk menggantikan fungsi bata merah. Menariknya lagi material tersebut memiliki bobot ringan sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya.

Itulah sekiranya penjelasan seputar apa itu batako, apa saja jenis-jenisnya serta kisaran harganya hingga cara memilihnya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa kalian jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli material batu bata beton.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Pengertian Bouwplank

Jihan
3 min read

Ukuran Seng Gelombang

Jihan
2 min read

Besi Hollow

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *