Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Berat Batako

Berat Batako

Berat Batako – Saat ini bahan bangunan untuk konstruksi dinding semakin beragam, mulai dari bata merah, batako ataupun bata ringan (hebel). Memilih material yang akan digunakan serta diaplikasikan pada proses pembangunan merupakan kegiatan gampang-gampang susah.

Mungkin batako atau juga disebut dalam bahasa teknik dengan batu bata beton (bataton) menjadi salah satu material kerap digunakan untuk menggantikan fungsi bata merah. Pasalnya, material tersebut memiliki cukup banyak keunggulan yang layak dipertimbangkan.

Selain itu, batu bata beton ini juga mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan bata merah sehingga jumlah kebutuhan materialnya tentu lebih sedikit. Batako juga sudah tersedia dalam beragam jenis dan pastinya memiliki kelebihan serta fungsinya masing-masing.

Namun, apakah kalian tahu berapa berat dari material konstruksi dinding rumah tersebut? Mungkin sebagian besar orang yang awam di dunia properti belum tahu berapa beratnya. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap berapa berat batako per bijinya.

Ukuran dan Jenis Batako

Ukuran dan Jenis Batako

Sebelum pembahasan berlanjut, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu mengenai ukuran dan jenis batako. Jika dilihat dari segi bahan bakunya, bataton terbagi menjadi dua jenis, yaitu batako semen serta batako putih atau trass.

Untuk ukuran per jenisnya sebenarnya sama saja karena material tersebut dibuat dengan cara dicetak atau dipress. Hanya saja setiap jenis atau bentuk memiliki perbedaan pada dimensinya. Daripada pensaran, simak baik-baik jenis-jenis batako beserta ukuran panjang, lebar beserta tingginya berikut ini.

Jenis BatakoUkuran (Panjang x Lebar x Tinggi) cm
Dinding luar40 x 20 x 20
Dinding pengisi40 x 10 x 20 tebal 10
Semen PC36-40 x 8-10 x 18-20
Beton bentuk U29 x 14 x 14
Beton bentuk H29 x 14 x 14
Beton bentuk kolom29 x 29 x 14
Beton bentuk lengkung50 x 30
Beton balok300 x 6 x 10
Batako standar30 x 10 x 15

Berat Batako

Berat Batako Per Biji

Umumnya material batako di pasaran memiliki berat atau bobot hampir sama. Hal itu dikarenakan material tersebut dibuat melalui proses pencetakan sehingga ukurannya seragam. Meskipun demikian, bukan berarti semua jenis batako memiliki berat yang sama.

Untuk batako tanpa rongga dengan panjang 40 cm, lebar 10 cm, tinggi 20 cm serta tebal 10 cm ini biasanya mempunyai berat 9 kg sampai 10 kg per biji. Jika batako berlubang atau berongga dengan ukuran 40 x 10 x 20 x 10 cm memiliki berat 7 kg hingga 8 kg. Sementara batako lubang ukuran 40 x 20 x 20 x 20 cm mempunyai berat 11 kg sampai 12 kg per buah.

Selain itu, material batako juga memiliki berat jenis berdasarkan kondisinya, entah itu dalam kedaan kering ataupun basah. Apabila batako dalam keadaan basah, maka material tersebut mempunyai berat jenis kurang lebih 1.000 kg/m3. Sedangkan jika keadaan kering, maka berat jenisnya yaitu sekitar 950 kg/m3.

Jumlah Kebutuhan Batako Per Meter

Jumlah Kebutuhan Per Meter

Setelah mengetahui berat atau bobotnya, selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa total kebutuhan material batako untuk struktur dinding per meter perseginya. Berikut adalah tabel jumlah pemakaian batako per meter persegi.

UkuranTebalJumlahBerat (kg)
40 x 10 x 20 cm10 cm13130 – 140
40 x 10 x 20 cm (berongga)10 cm1390 – 100
40 x 20 x 20 cm (berongga)20 cm13150 – 160

Keunggulan dan Kelemahan Pemakaian Batako

Keunggulan dan Kelemahan

Sebagai salah satu material bahan bangunan, batako juga memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan. Sebagai bahan petimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa keunggulan serta kelemahan dari pemakaian batako.

1. Keunggulan

  • Setiap pemasangan per meter perseginya batako membutuhkan jumlah lebih sedikit dibandingkan bata merah.
  • Dibuat melalui proses pencetakan sehingga ukurannya seragam.
  • Mempunyai dimensi lebih besar sehingga mampu menghemat waktu serta ongkos tukang.
  • Apabila proses pengerjaannya rapi, maka tidak perlu diplester.
  • Lebih mudah untuk dipotong dan dibentuk.
  • Sebelum dipasang, tidak perlu direndam air terlebih dahulu.

2. Kelemahan

  • Proses pembuatannya cukup lama yaitu sekitar 3 minggu.
  • Karena ukurannya cukup besar sehingga akan memakan waktu pada saat proses pengangkutan atau pengiriman.
  • Rentan terhadap keretakan jika terbentur benda keras.

Harga Batako Per Biji

Harga Batako Per Biji

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai berat batako untuk semua jenis-jenis dan ukurannya. Selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa HARGA BATAKO SEMUA UKURAN. Biasanya material dinding ini dijual dengan satuan per biji ataupun per kubik.

Jika hendak membelinya per biji, maka kalian bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 5.000. Namun jika ingin membelinya dalam satuan kubik, biasanya dibanderol dengan harga Rp 750.000. Saran kami sebaiknya gunakan material berkualitas supaya konstruksi bangunan tetap kokoh serta tahan lama.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan seputar berat batako untuk semua jenis dan ukuran beserta kisaran harga terbarunya versi Epropertyrack. Usahakan gunakan batako yang sejenis dan seukuran agar nantinya terlihat lebih rapi. Selain itu, ketika sebelum mulai memasangnya, pastikan bahwa material tersebut dalam keadaan kuat serta cukup kering.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *