Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Batako Hitam

Batako Hitam

Batako Hitam – Kehadiran batako kini sudah mulai menggantikan bata merah sebagai material utama dalam membangun sebuah hunian. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya material bahan bangunan ini memiliki sejumlah keunggulan yang pastinya menguntungkan bagi penggunanya.

Perlu diketahui, bagi sebagian orang batako kerap disebut dengan nama bata ringan, batu bata beton atau bataton. Penyebutan nama bataton muncul karena material tersebut memang terbuat dari beberapa campuran bahan baku seperti semen, beton, pasir serta beberapa unsur lainnya.

Material bahan bangunan tersebut juga hingga kini sudah memiliki beragam jenis di pasaran, salah satunya yaitu batako press hitam. Batu bata beton jenis ini dinilai mampu menggantikan penggunaan bata merah sebagai material konstruksi dinding pada rumah.

Namun, masih ada sebagian orang terutama yang awam di dunia konstruksi belum tahu mengenai apa itu bataton press hitam. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap seluk beluk batako hitam mulai dari pengertian, kegunaan, ukuran, kelebihan serta kekurangan hingga kisaran harganya.

Apa Itu Batako Hitam

Apa Itu Batako Hitam

Batako press hitam merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang terbuat dari beberapa campuran material seperti pasir hitam dan semen portland. Pembuatan material tersebut juga melalui beberapa tahap, salah satunya yaitu proses press atau pencetakan.

Karena bahan baku itulah membuat material tersebut memiliki kekuatan serta daya tahan cukup tinggi. Selain itu, karena proses pembuatannya dilakukan melalui mesin cetak, maka ukurannya juga cenderung sama atau seragam.

Kegunaan

Setelah paham pengertian dari batako hitam, selanjutnya kalian juga harus mengetahui apa saja kegunaannya. Umumnya material bahan bangunan ini digunakan sebagai bahan utama pada struktur atau konstruksi dinding rumah, gedung hingga apartemen.

Batu bata beton tersebut juga memiliki bobot cukup ringan namun tetap kuat dan tahan lama untuk menopang struktur bangunan di atasnya sampai 20 tahun lebih. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian menggunakan batu bata beton hitam sebagai material pengganti bata merah.

Ukuran Batako Hitam

Ukuran Batako Hitam

Seperti dijelaskan di atas, tentunya batako hitam memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan material bata merah. Pada dasarnya material tersebut memiliki ukuran seragam karena dibuat dengan cara di press atau dicetak.

Untuk ukurannya sendiri cukup bervariasi, yaitu mulai dari panjang 36 – 40 cm, tinggi 18 – 20 cm serta tebal 8 – 10 cm. Jadi dengan beragam ukuran tersebut kalian bisa membelinya sesuai kebutuhan dan keperluan konstruksi bangunan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai material bahan bangunan, batako hitam juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya, di bawah ini akan kami berikan kelebihan serta kekurangannya.

1. Kelebihan

  • Memiliki ukuran lebih besar dibandingkan bata merah sehingga tidak terlalu banyak membutuhkan bahan perekat.
  • Memiliki ukuran seragam atau cenderung sama proses pembuatannya melalui proses pencetakan.
  • Ukurannya yang besar sehingga akan menghemat waktu serta tenaga pada saat proses pembangunan.
  • Dapat dengan mudah untuk dipotong dan dibentuk.
  • Tahan atau kedap air sehingga mampu meminimalisir perembesan air pada saat hujan.
  • Karena memiliki rongga di dalam atau tengahnya sehingga bobotnya lebih ringan.

2. Kekurangan

  • Mudah mengalami keretakan apabila terbentur benda keras.
  • Mudah pecah apabila dilubangi karena terdapat rongga di bagian tengahnya.
  • Mempunyai sifat menyerap panas sehingga dapat membuat ruangan terasa lebih panas terutama pada saat musim kemarau.

Harga Batako Hitam

Harga Batako Hitam

Karena ukurannya cukup bervariasi, maka HARGA BATAKO PRESS di pasaran juga beragam. Beberapa penjual atau suplier menawarkan batako dengan satuan per biji ataupun per kubik, tergantung keinginan serta kebutuhan pembelinya.

Umumnya batako hitam ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.500 sampai Rp 4.000 per biji, tergantung merek dan kualitasnya. Saran kami, sebaiknya gunakanlah material yang sudah terjamin kualitasnya supaya dapat bertahan lama hingga puluhan tahun.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa batako hitam ini dapat digunakan untuk menggantikan bata merah ketika hendak membangun sebuah hunian. Selain itu, karena ukurannya lebih besar maka akan menghemat waktu pemasangan serta biaya ongkos pekerja.

Demikian penjelasan seputar batako hitam mulai dari pengertian, kegunaan, ukuran, kelebihan dan kekurangan serta kisaran harganya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak membeli batu bata beton press hitam.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *