Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Kebutuhan Batako Per Meter

Kebutuhan Batako Per Meter

Kebutuhan Batako Per Meter – Salah satu bagian terpenting yang harus ada pada sebuah rumah tinggal yaitu konstruksi dinding atau tembok. Dinding merupakan suatu struktur hunian dengan fungsi sebagai pemisah serta pelindung suatu area, membatasi bangunan hingga menyokong bagian lainnya.

Seiring berjalannya waktu, saat ini sudah tersedia cukup banyak material bangunan sebagai konstruksi dinding, salah satunya yaitu batako. Material yang terbuat dari campuran antara semen dan pasir ini dinilai mampu menggantikan bata merah karena memiliki sejumlah keunggulan.

Namun, sebelum membeli dan memasangnya alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa jumlah total kebutuhan material batako. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menghitung jumlah material batako untuk kebutuhan dinding di rumah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai total kebutuhan batako per meter beserta tata cara perhitungannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik penjelasan perhitungan kebutuhan batako berikut ini.

Ukuran Standar Batako

Ukuran Standar Batako

Untuk mengetahui total kebutuhan batako, tentunya kalian harus mengetahui terlebih dahulu ukuran material yang akan digunakan. Namun, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan material berukuran standar.

Seperti diketahui, batako memiliki bentuk balok persegi dengan standar ukuran panjang 40 cm, tinggi 20 cm serta tebal 10 cm. Umumnya material batako juga memiliki lobang di tengah sebagai pengikat adukan sekaligus menghemat bahan perekat.

Harga Batako Per Biji

Sebelum membahas kebutuhan batako per meter, sebaiknya katahui terlebih dahulu mengenai harga terbarunya. Umumnya beberapa penjual atau suplier menjual batako dengan satuan per biji atau per kubik, tergantung dengan pesanan pelanggannya.

Saat ini HARGA BATAKO PUTIH per bijinya berada di kisaran antara Rp 2.500 hingga Rp 6.000. Besaran harga tersebut juga dapat dipengaruhi oleh merek serta kualitas material. Saran kami sebaiknya gunakan batako berkualitas agar konstruksi kuat serta tahan lama.

Kebutuhan Batako Per Meter

Menghitung Kebutuhan Batako Per Meter

Jika menggunakan batako dengan ukuran standar yaitu 40 cm x 20 cm x 10 cm dengan jarak spesi adukan 2 cm, maka untuk satu meter perseginya kalian mebutuhkan 11 buah. Hasil tersebut didapatkan dari jumlah batako utuh 5 biji dan batako terpotong 3 biji, jadi jika ditotal ada 11 biji batako.

Namun, jika menggunakan ukuran berbeda seperti ukuran khusus, maka jumlah kebutuhan batako per meter juga akan berbeda. Meskipun demikian, rumus perhitungannya akan tetap sama seperti di atas.

Menghitung Jumlah Batako Untuk Dinding Rumah

Setelah mengetahui kebutuhan batako per meter, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung jumlah batako untuk dinding rumah. Nah, berikut akan kami berikan tata cara perhitungannya.

1. Perhitungan Volume Luas Dinding

Perhitungan Volume Luas Dinding

Pertama, kalian harus mengetahui luas dinding yang akan dipasangi material batako. Sebagai contoh dinding tersebut memiliki panjang 26 meter dengan ketinggian 3,5 meter, maka perhitungannya yaitu seperti berikut ini.

  • Volume luas dinding = Panjang x Tinggi
  • Volume luas dinding = 26 m x 3,5 m = 91 m2

2. Perhitungan Total Kebutuhan Batako

Perhitungan Total Kebutuhan Batako

Kemudian kalian juga harus menghitung total kebutuhan batako yang akan dipasangkan pada dinding tersebut. Karena kalian sudah mengetahui kebutuhan batako per meter yaitu 11 bh, maka tinggal mengkalikan saja dengan volume luas dinding.

  • Total kebutuhan batako = 91 m2 x 11 bh = 1001 bh

Jangan lupa menambahkan material cadangan untuk berjaga-jaga jika ada yang pecah, hilang dan lain sebagainya sebanyak 3% dari total kebutuhan. Jadi jumlah cadangan material batako yaitu 3% x 1001 bh = 30 bh.

3. Perhitungan Biaya Pembelian Batako

Perhitungan Biaya Pembelian Batako

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan kalian memerlukan batako sebanyak 1001 bh + 30 bh = 1031 buah. Apabila harga batako per buahnya Rp 5.000, maka kalian membutuhkan dana sebesar Rp 5.000 x 1031 = Rp 5.155.000 untuk dinding seluas 91 meter persegi. Perlu diingat biaya tersebut hanya untuk pembelian material dan belum termasuk biaya ongkos tukang.

Akhir Kata

Itulah penjelasan seputar cara menghitung kebutuhan batako per meter beserta kisaran biayanya versi Epropertyrack. Rumus serta alur perhitungan di atas juga dapat digunakan untuk menghitung material lainnya seperti bata ringan atau hebel, hanya saja berbeda pada dimensi ukurannya. Semoga bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak menghitung kebutuhan pemasangan batako di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Fungsi Tabung Pompa Air

Jihan
3 min read

Batu Alam

Jihan
3 min read

Besi Siku

Jihan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *