Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

6 Fungsi Plamir Tembok (Pengertian, Cara Penerapan & Harga)

Fungsi Plamir Tembok

Fungsi Plamir Tembok – Saat membangun sebuah hunian, pekerjaan tahap akhir atau finishing seperti melakukan pengecatan dinding penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan cat mampu mempengaruhi tingkat keindahan dan kecantikan rumah serta kenyamanan penghuninya.

Sebelum memilih warna dan memulai pengecatan, sebaiknya lapisi dinding menggunakan plamir terlebih dahulu. Pekerjaan tersebut perlu dilakukan oleh pemilik rumah supaya nantinya hasil akhir pengecatan dinding bisa lebih maksimal.

Mungkin bagi sebagian besar orang yang awam di dunia konstruksi bangunan, pastinya mereka belum paham benar tentang fungsi penerapan plamir. Padahal sebenarnya penerapan plamir pada dinding rumah memiliki banyak sekali keuntungan.

Maka dari itu, jika kalian berencana melakukan pekerjaan plamir pada tembok rumah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa fungsinya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa saja fungsi plamir tembok beserta tata cara pengaplikasiannya.

Apa Itu Plamir Tembok?

Sebelum pembahasan utama mengenai fungsi plamir tembok berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Plamir tembok ialah sebuah finishing dasar untuk melapisi tembok menggunakan cairan putih campuran dari beberapa bahan material seperti kalsium, lem serta air.

Plamir atau putty bisa didefinisikan sebagai bahan finishing dasar yang mempunyai karakter khusus berupa bahan dengan plastisitas tinggi. Biasanya plamir diaplikasikan pada tembok rumah sebelum dilakukannya pengecatan sebagai tahap akhir atau finishing.

Fungsi Plamir Tembok

Seperti dijelaskan sebelumnya, fungsi utama plamir yaitu untuk melapisi tembok sebelum dilakukan pengecatan, baik itu pada rumah tinggal, bangunan gedung, apartemen dan lain sebagainya. Selain itu, sebenarnya plamir memiliki beberapa fungsi atau kegunaan lainnya pada dinding.

Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak baik-baik beberapa fungsi plamir tembok di bawah ini, baik itu untuk interior maupun eksterior.

1. Menutup Pori-Pori Tembok

Fungsi pertama plamir yaitu untuk menutupi celah atau pori-pori pada tembok bangunan. Dengan tertutupnya pori-pori atau celah, maka dapat dipastikan bahwa nantinya tembok bisa menjadi lebih halus dan rata.

2. Menutupi Warna Asli Tembok

Fungsi selanjutnya yaitu plamir bisa menjadi penutup warna asli tembok. Setelah dilakukan pemlesteran dan pengacian, tembok biasanya memiliki permukaan lebih kasar dengan warna gelap. Dengan mengaplikasikan plamir, maka tentunya warna asli tembok akan tertutup.

3. Membuat Hasil Pengecatan Menjadi Lebih Rata

Selanjutnya plamir tembok juga bisa berguna untuk membuat hasil pengecatan menjadi lebih halus dan rata. Hal ini dikarenakan semua pori-pori pada tembok bangunan sudah tertutup sehingga tidak ada lagi celah atau lubang yang terbuka.

4. Memaksimalkan Warna Cat

Fungsi lainnya dari penerapan plamir pada dinding rumah yaitu bisa membuat warna cat terlihat sempurna. Supaya bisa lebih maksimal, sebaiknya sesuaikan warna plamir tembok dengan warna cat dinding yang akan digunakan, baik itu untuk interior ataupun eksterior.

Sebagai contoh gunakan plamir berwarna gelap untuk cat-cat bertema gelap dan sebaliknya gunakanlah plamir berwarna terang untuk cat-cat berkonsep terang. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa warna cat tembok bisa terlihat lebih sempurna.

5. Membuat Warna Cat Menjadi Lebih Seragam

Kemudian plamir tembok juga berfungsi membuat warna cat dinding rumah menjadi lebih seragam. Pasalnya, plamir mampu membuat permukaan dinding atau tembok rumah menjadi lebih rata sehingga nantinya tidak akan ada cat yang menggumpal.

6. Membuat Cat Tembok Tahan Lama

Kegunaan terakhir plamir pada tembok yaitu membuat cat dinding menjadi lebih awet dan tahan lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun. Dengan begitu, maka dinding rumah bisa terhindar dari masalah seperti cat mengelupas, lembab, berjamur dan lain sebagainya sehingga bisa menghemat biaya perawatannya.

Cara Plamir Tembok

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa saja fungsi plamir pada tembok sebuah bangunan, baik itu dinding rumah tinggal, gedung perkantoran, apartemen dan lain sebagainya. Selanjutnya di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tahapan-tahapan plamir tembok.

Perlu diketahui, sebenarnya CARA PLAMIR TEMBOK sangat mudah diaplikasikan apabila kalian memiliki peralatan dan bahannya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah plamir tembok sebelum memulai pekerjaan pengecatan.

  1. Bersihkan tembok dari kotoran atau debu.
  2. Siapkan plamir tembok, entah itu membuat secara manual atau membelinya di toko material.
  3. Tuangkan plamir tembok pada sebuah wadah supaya memudahkan pengaplikasiannya.
  4. Silahkan oleskan adonan plamir ke tembok secara merata menggunakan kape.
  5. Setelah semua permukaan tembok sudah dilapisi plamir, biarkanlah selama beberapa saat sampai mengering.
  6. Selanjutnya gosok permukaan tembok menggunakan amplas bertekstur halus secara perlahan.
  7. Terakhir periksa kembali apakah semua permukaan tembok sudah tertutup plamir dengan merata atau belum.

Harga Plamir Tembok

Di pasaran Indonesia sendiri, bahan material plamir tembok instan dijual dengan harga yang cukup bervariasi. Dimana biasanya besaran harga plamir tembok tersebut tergantung pada merk serta isi kemasannya, mulai dari kemasan 1 kg, 3.5 kg, 4 kg, 4.5 kg , 5 kg hingga 20 kg.

Umumnya plamir tembok instan di pasaran di jual dengan harga mulai dari Rp 16.000 sampai Rp 300.000. Namun, jika kalian tidak ingin repot-repot membelinya sendiri, saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja borongan.

Untungnya kini sudah tersedia cukup banyak jasa pemborong atau kontraktor yang menawarkan jasa plamir tembok bangunan. Jangan khawatir karena saat ini HARGA BORONGAN PLAMIR TEMBOK terbilang cukup terjangkau sehingga bisa lebih menghemat biaya pembangunan rumah.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa plamir tembok memberikan cukup banyak keuntungan bagi pemilik rumah. Dimana salah satu keuntungannya yaitu bisa membuat warna finishing cat dinding terlihat lebih sempurna, halus serta rata.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar beberapa fungsi plamir tembok dilengkapi dengan tata cara pengaplikasiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan menerapkan plamir untuk tembok rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *