Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

√ Ukuran Genteng Tanah Liat Semua Jenis & Harganya!

Ukuran Genteng Tanah Liat

Ukuran Genteng Tanah Liat – Seperti diketahui, genteng menjadi salah satu bahan material terpenting dari sebuah bangunan, entah itu pada hunian tempat tinggal sampai gedung perkantoran. Dimana di Indonesia sendiri saat ini jenis genteng cukup beragam dan salah satunya yang sangat populer di kalangan masyarakat yaitu genteng tanah liat.

Sesuai namanya, genteng ini dibuat dari campuran tanah liat serta beberapa bahan material tambahan lain untuk selanjutnya dicetak lalu dibakar dengan suhu sangat tinggi. Nantinya, genteng tanah liat akan dijemur di bawah terik sinar matahari hingga kering, kemudian siap dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia.

Berbicara mengenai genteng tanah liat, material tersebut juga sebenarnya dapat dikategorikan kembali menjadi beberapa jenis dengan ukuran atau dimensi yang cukup beragam. Dimana nantinya ukuran bahan material tersebut akan mempengaruhi total kebutuhannya dalam konstruksi bangunan, entah itu pada proyek skala kecil maupun besar.

Maka dari itu, apabila kalian berencana membangun rumah menggunakan genteng tanah liat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa standar ukurannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai standar ukuran genteng tanah liat dilengkapi dengan tips memilihnya.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Perlu diketahui, meskipun saat ini di pasaran Indonesia sudah cukup banyak bermunculan jenis-jenis genteng, namun genteng tanah liat masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat, khususnya di daerah pedesaan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya genteng tanah liat sendiri mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan jenis material lainnya.

Meskipun demikian, bukan berarti material genteng tanah liat tersebut tidak memiliki kelemahan ataupun kekurangan sama sekali. Oleh sebab itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai standar ukuran genteng tanah liat berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sejumlah kelebihan beserta kekurangannya berikut ini.

1. Kelebihan

  • Ramah lingkungan.
  • Aman bagi kesehatan penghuni rumah.
  • Harga genteng tanah liat relatif murah.
  • Mampu meredam hawa panas dengan baik.
  • Mempunyai kemampuan peredaman suara yang baik.
  • Mampu menjaga kelembapan ruangan.
  • Dapat membuat rumah tampak lebih indah dan asri.
  • Warna tidak mudah memudar.
  • Awet dan tahan lama.
  • Perawatan minim.
  • Tahan terhadap berbagai macam cuaca.

2. Kekurangan

  • Rentan akan retak.
  • Rentan terhadap kebocoran.
  • Mudah tertiup angin.
  • Proses pemasangan cukup sulit.
  • Warna bisa mengalami perubahan jika terkena cuaca yang terlalu ekstrim.

Jenis Genteng Tanah Liat

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya saat ini standar ukuran genteng tanah liat tergantung pada jenis atau tipenya. Selain itu, tingkat kepadatan genteng tanah liat juga biasanya ditentukan oleh seberapa lama proses pembakarannya serta berapa suhunya.

Sementara untuk warna genteng tanah liat sendiri sebenarnya cukup bervariasi, mulai dari orange cerah dan kemerahan sampai cokelat gelap. Akan tetapi, warna paling umum atau paling banyak dijumpai di pasaran Indonesia sendiri yaitu terracota (perpaduan antara warna jingga dan cokelat).

Sementara dari segi tipe, genteng tanah liat dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa jenis genteng tanah liat yang beredar di pasaran Indonesia di bawah ini.

1. Genteng Mantili

Genteng Mantili

Jenis genteng tanah liat pertama yaitu mantili yang mempunyai visual sederhana namun menarik dengan ciri khas berwarna orange natural. Dari segi bobotnya sendiri sebenarnya genteng tanah liat mantili cukup ringan. Oleh karena itu, genteng mantili menjadi salah satu jenis yang paling laris di pasaran Indonesia.

2. Genteng Gojer

Genteng Gojer

Kemudian jenis genteng tanah liat selanjutnya yaitu ada gojer atau biasa juga disebut dengan morando. Dimana genteng gojer ini mempunyai bentuk seperti gelombang laut, yakni dalam satu lembar terdapat sisi melengkung ke bawah dan ada juga yang ke atas.

3. Genteng Plentong

Genteng Plentong

Mungkin genteng tanah liat plentong menjadi salah satu tipe yang paling umum dan mudah ditemukan. Genteng tersebut mempunyai ciri khas bentuk datar di 2/3 permukaannya serta 1/3 sisanya melengkung ke bawah. Bobotnya juga sangat ringan, yaitu hanya sekitar 1.5 kg saja.

4. Genteng Prentul

Genteng Tanah Liat Prentul

Mungkin di beberapa daerah penyebutan genteng tanah liat prentul cukup bervariasi, mulai dari karang pilang, kodong hingga goodyear. Salah satu cici khas genteng pentul yaitu di bagian ujungnya mempunyai cetakan bulat seperti scoop ice cream. Fungsinya yaitu sebagai pengunci reng sehingga genteng tidak mudah terbang ketika ada angin kencang.

Ukuran Genteng Tanah Liat

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan hingga jenis-jenis genteng tanah liat di pasaran Indonesia, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa ukuran standarnya. Secara garis besarnya, untuk menutup bidang permukaan seluas 1 meter persegi, biasanya akan membutuhkan 15 sampai 25 buah genteng tanah liat.

Akan tetapi, kembali lagi bahwa biasanya setiap jenis genteng tanah liat mempunyai dimensi ataupun ukurannya sendiri. Selain itu, ukuran material juga nantinya akan berpengaruh terhadap perhitungan kebutuhan genteng. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai standar ukuran genteng tanah liat berdasarkan tipenya.

JenisPanjangLebarBerat
Genteng Mantili32.5 cm23 cm1.5 kg
Genteng Gojer23 cm33 cm2.25 kg
Genteng Plentong22.5 cm27.5 cm1.5 kg
Genteng Prentul29 cm21 cm1.2 kg

Harga Genteng Tanah Liat

Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui ukuran genteng tanah liat untuk beberapa jenis, namun tidak mengetahui berapa kisaran harganya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, tidak hanya ukuran saja yang dipengaruhi oleh jenis genteng tanah liat, namun harga jual di pasaran juga biasanya akan berbeda.

Sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan harga genteng metal, di pasaran Indonesia sendiri saat ini genteng tanah liat dijual dengan harga mulai dari Rp 900 sampai Rp 2.500 per biji ataupun per buahnya. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga genteng tanah liat di pasaran sendiri sangat bergantung pada ukuran, tipe hingga produsennya.

Tips Memilih Genteng Tanah Liat

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ukuran standar genteng tanah liat dilengkapi dengan kisaran harganya di pasaran Indonesia. Memang benar bahwa saat ini genteng tanah liat sudah bisa didapatkan dengan mudah, entah itu di toko bangunan maupun secara langsung di tempat pembuatannya.

Namun, tentunya kalian harus benar-benar pandai dalam memilih genteng tanah liat supaya nantinya material tersebut bisa awet dan tahan lama. Nah, sebagai gambaran di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam memilih genteng tanah liat berkualitas.

  • Pastikan bentuk dan ukuran genteng tanah liat presisi dengan cetakannya.
  • Pilih genteng dengan struktur kuat dan kokoh.
  • Cari permukaan genteng rata serta halus.
  • Pastikan bahwa genteng tersebut terbuat dari tanah murni.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran genteng tanah liat untuk semua jenis dilengkapi dengan beberapa kelebihan dan kekurangan hingga kisaran harganya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membangun rumah mengunakan genteng tanah liat.

Sumber gambar : tokopedia.com, gentengmurah.id, biggo.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *