Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate – Polycarbonate (polikarbonat) merupakan salah satu jenis bahan bangunan untuk struktur atap. Sesuai namanya, material ini terbuat dari bahan dasar polycabonate dan masih tergolong dalam kelompok polimer termoplastik yang mudah dibentuk.

Terlebih lagi material tersebut memiliki karakteristik sangat kuat, jernih, transparan serta tahan terhadap suhu sehingga sangat cocok jika digunakan untuk atap bangunan. Maka dari itu, tidak jarang dijumpai beberapa bangunan menggunakan polycarbonate sebagai pengganti atap kaca.

Salah satu alasan mengapa sudah banyak orang menggunakan polycarbonate sebagai konstruksi atap yaitu karena sifatnya kuat dan tahan terhadap guncangan. Meskipun memiliki sejumlah keunggulan, bukan berarti material bahan bangunan berbahan dasar polimer tidak memiliki kekurangan sedikitpun.

Oleh sebab itu, sebelum membelinya sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai karakteristik beserta kelebihan serta kekurangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian, kegunaan beserta apa saja kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate.

Apa Itu Atap Polycarbonate

Apa Itu Atap Polycarbonate

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate lebih lanjut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu pengertiannya. Seperti dijelaskan di atas, polycarbonate merupakan termoplastik sangat tangguh, tahan terhadap sinar ultraviolet serta memberikan tampilan menarik jika digunakan sebagai material atap seperti kanopi ataupun gazebo.

Umumnya atap polycarbonate dipasang menggunakan rangka berbahan dasar dari besi atau BAJA RINGAN yang dirangkai melalui proses pengelasan. Oleh sebab itu, struktur atap ini kerap digunakan di rumah-rumah minimalis.

Kelebihan Atap Polycarbonate

Kelebihan Atap Polycarbonate

Sebagaimana material lain pada umumnya, tentu atap polycarbonate memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate, setidaknya kalian memiliki bahan pertimbangan sebelum membelinya. Daripada penasaran, simak kelebihan atap polycarbonate berikut ini.

1. Menangkal Sinar Ultraviolet

Menangkal sinar ultraviolet merupakan kelebihan pertama dari atap polycarbonate. Pasalnya produk ini mampu menyerap sinar matahari hampir 90% sehingga ruangan di bawahnya akan tetap terasa hangat.

2. Kuat dan Tahan Benturan

Atap polycarbonate juga terbukti kuat dan tahan terhadap benturan. Karena sifatnya itulah menjadikan material poycarbonate kerap digunakan sebagai tameng anti huru-har polisi, partisi pembatas ice hokey, jendela pesawat terbang dan lain sebagainya yang membutuhkan daya tahan tinggi terhadap benturan.

3. Mudah Dibentuk

Cukup berbeda dengan KACA TEMPERED, polycarbonate memiki struktur fleksibel sehingga mudah dicetak, dibentuk ataupun dilengkungkan sesuai kebutuhan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pemasok yang menjual polycarbonate dengan berbagai motif serta tekstur.

4. Warna Cukup Bervariasi

Kelebihan atap polycarbonate selanjutnya yaitu memiliki banyak varian warna seperti biru, hijau, cokelat, abu-abu, toska dan masih banyak lagi. Dengan beragam warna tersebut kebutuhan dekorasi bangunan maupun ruangan dapat terpenuhi.

5. Tahan Terhadap Berbagai Cuaca

Selain dapat menyerap sinar ultraviolet, atap polycarbonate juga tahan terhadap berbagai macam cuaca. Hal tersebut menjadikan atap polycarbonate sangat cocok digunakan untuk segala jenis lingkungan keras karena dapat bertahan lama dibandingkan bahan konstruksi standar lainnya.

6. Dicetak Dalam Bentuk Lembaran

Atap polycarbonate biasanya di pasaran dijual dalam bentuk lembaran berukuran sekitar 18,8 m x 2,1 m. Namun, ada juga beberapa suplier yang mejualnya dalam bentuk satuan per meter persegi sehingga lebih menguntungkan karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi.

7. Bobot Ringan

Jika dibandingkan material kaca, atap polycarbonate memiliki bobot lebih ringan yaitu rata-rata hanya 1 kilogram per lembarnya sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya. Selain itu, bobotnya yang ringan tersebut membuat proses pengangkutan polycarbonate menjadi lebih mudah.

8. Tahan Lama

Tahan lama dan fleksibel menjadi kelebihan selanjutnya dari atap polycarbonate. Karena daya tahannya tinggi sehingga bentuk serta ukurannya akan tetap sama entah itu di musim kemarau ataupun musim hujan.

9. Tidak Mudah Bocor

Atap polycarbonate juga sudah terkenal dengan sifatnya yaitu tidak mudah bocor. Bahkan ada yang menilai bahwa resiko kebocoran pada produk tersebut dapat dikatakan hampir nol persen asalkan proses pemasangannya benar.

10. Proses Pemasangan Mudah

Proses pemasangannya mudah dan cepat menjadi kelebihan terakhir dari atap polycarbonate. Karena bentuknya sederhana serta bobotnya ringan, membuat material ini mampu menghemat waktu pemasangan. Menariknya lagi kalian bisa memasangnya sendiri tanpa bantuan tenaga ahli sehingga dapat menghemat pengeluaran biaya.

Kekurangan Atap Polycarbonate

Kekurangan Atap Polycarbonate

Meskipun sejumlah keunggulan, bukan berarti atap polycarbonate tidak memiliki kekurangan. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik beberapa kekurangan atap polycarbonate berikut ini.

1. Harganya Mahal

Atap polycarbonate hingga kini masih dibanderol dengan harga cukup tinggi. Jadi jika kalian memiliki bujet terbatas, sebaiknya hindari penggunaan material atap polycarbonate karena akan membutuhkan banyak biaya.

2. Tidak Tahan Terhadap Cairan Kimia

Selain itu, kekurangan lain dari atap polycarbonate yaitu sangat sensitif terhadap cairan kimia seperti pembersih abrasif, produk alkali hingga pelarut. Maka dari itu, sebaiknya hindarkan penggunaan cairan kimia ketika hendak membersihkan material.

3. Kurang Ramah Lingkungan

Karena polycarbonate terbuat dari bahan polimer bersifat plastik, maka produk tersebut dinilai kurang ramah lingkungan. Proses pembuatannya juga membutuhkan fosgen sehingga memiliki efek buruk terhadap kesehatan manusia.

4. Sulit Dibersihkan

Pada saat proses pemasangannya, atap polycarbonate direkatkan menggunakan selotip supaya tidak menimbulkan rongga atau lubang. Jika atap tersebut memiliki rongga, maka akan memicu timbulnya jamur. Jika sudah sampai seperti itu, maka material akan sulit untuk dibersihkan.

5. Berisik Ketika Air Hujan Turun

Kekurangan atap polycarbonate selanjutnya yaitu menimbulkan suara berisik ketika air hujan turun. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu penghuninya terutama pada saat waktu istirahat di malam hari.

6. Kebocorannya Sulit Diperbaiki

Memang benar jika atap polycarbonate jarang mengalami kebocoran. Namun, jika atap tersebut bocor karena termakan usia, susah untuk diperbaiki. Terlebih lagi apabila lubang kebocoran tersebut dalam skala besar, maka sebaiknya ganti material dengan yang baru. Mungkin kekurangan ini hampir sama dengan material lainnya seperti ATAP ASBES.

Harga Atap Polycarbonate Per Lembar

Harga Per Lembar

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa harganya. Biasanya di pasaran atap polycarbonate dijual dengan satuan per lembar ataupun per meter persegi, tergantung kebutuhan pembeli.

Selain itu, material tersebut tersedia dalam berbagai macam merek, ukuran serta tebal sehingga harganya bervariasi. Kalian bisa mendapatkan material atap polycarbonate dengan harga mulai dari Rp 1.250.000 hingga Rp 3.500.000, tergantung merek serta kualitasnya.

Tips Memilih Atap Polycarbonate

Tips Memilih

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai fungsi, harga beserta kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate. Nah, di bawah ini akan kami berikan tips terbaik dalam memilih produk untuk kebutuhan atap bangunan.

  • Perhatikan kekuatan serta daya tahan material terhadap cuaca.
  • Sudah terjamin terlindung dari sinar ultraviolet.
  • Sesuaikan jumlah produk dengan kebutuhan.
  • Pilihlah warna sesuai dinding bangunan.
  • Pastikan produk memiliki jaminan garansi.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan seputar kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate beserta kegunaan hingga kisaran harganya versi Epropertyrack. Ketika hendak membelinya, saran kami sebaiknya pilihlah merek berkualitas meskipun harganya akan sedikit lebih mahal. Hal tersebut bertujuan agar material dapat bertahan lama sehingga meminimalisir biaya perawatannya.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Apa Itu Batako

Jihan
2 min read

Pengertian Bouwplank

Jihan
3 min read

Ukuran Seng Gelombang

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *