Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Bata Ekspos

Harga Borongan Pasang Bata Ekspos

Harga Borongan Pasang Bata Ekspos – Belakangan ini, bata ekspos atau expose sedang menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab bata ekspos mampu menciptakan keindahan nuansa serta konsep industrial pada sebuah bangunan berkat materialnya.

Selain itu, bata ekspos juga memiliki tampilan yang sangat khas meskipun dibalut dengan desain sederhana. Umumnya bata ekspos kerap ditemukan pada gedung-gedung ataupun rumah-rumah tinggal berkonsep rustic hingga skandinavia.

Berbicara mengenai bata ekspos, saat ini di Indonesia sendiri juga sudah tersedia cukup banyak pekerja borongan profesional yang menyediakan jasa pemasangannya. Salah satu keunggulan pekerja borongan dibandingkan pekerja harian yaitu sistem kerjanya jelas dan proses pengerjaan dapat selesai lebih cepat.

Umumnya mereka mematok harga ataupun tarif pemasangan bata ekspos dengan hitungan per meter persegi. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan seputar estimasi harga borongan pasang bata ekspos per meter di semua daerah.

Kelebihan dan Kekurangan Bata Ekspos

Kelebihan dan Kekurangan Bata Ekspos

Setiap material bahan bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, tidak terkecuali bata ekspos. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya, berikut akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangan bata ekspos sebagai material bangunan.

Kelebihan

  • Lebih hemat karena tidak perlu melakukan proses finishing berupa pengecatan maupun plesteran.
  • Mampu menghasilkan kesan klasik sampai rustic modern.
  • Mampu memberikan kesan hangat pada sebuah ruangan.
  • Bentuk dan ukurannya seragam sehingga memudahkan proses pemasangannya.
  • Memiliki tingkat ketahanan lebih tinggi dibandingkan material bata merah.
  • Dapat dikombinasikan bersama aksesoris maupun furnitur bergaya Eropa serta Amerika.

Kekurangan

  • Rentan terhadap kelembapan karena tidak memiliki lapisan pelindung.
  • Risiko menyebarkan debu serta suara bising sangat tinggi.
  • Sulit saat akan dipasangi hiasan maupun ornamen dinding.
  • Harganya lebih mahal dibandingkan bata merah.
  • Proses pemasangannya membutuhkan tukang berpengalaman.

Ukuran Standar Bata Ekspos

Ukuran Standar Bata Ekspos

Perlu diketahui, besaran harga borongan pasang bata ekspos per meter perseginya biasanya akan dipengaruhi oleh ukurannya. Ukuran bata ekspos di pasaran sendiri tergantung pada jenisnya, entah itu bata ekspos halus ataupun super.

Bata ekspos halus biasanya dijual dengan ukuran 22 cm x 10 cm x 5 cm, 23 cm x 11 cm x 5 cm serta 24 cm x 12 cm x 5.5 cm. Sementara bata ekspos ukurannya dimulai dari 23 cm x 11 cm x 5 cm, 24 cm x 12 cm x 5.5 cm hingga 25 cm x 12 cm x 6 cm.

Sebenarnya pemilihan ukuran material bata ekspos ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan penggunanya. Sama halnya dengan HARGA BATA MERAH, semakin besar dimensi bata ekspos maka akan semakin mahal pula harganya.

Harga Borongan Pasang Bata Ekspos Per Meter

Harga Borongan Pasang Bata Ekspos Per Meter

Sebagaimana diketahui, HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN di setiap daerah pastinya memiliki selisih perbedaan. Hal tersebut juga berlaku untuk pengerjaan pemasangan bata ekspos. Dimana harga borongan pasang bata ekspos per meter bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Faktor pertama biasanya dipengaruhi oleh kondisi bidang pekerjaan pemasangannya. Faktor kedua bisa disebabkan karena tingkat kesulitan pemasangannya. Sementara faktor ketiga biasanya terkait pada risiko pemasangan bata ekspos.

Umumnya, pada pekerja borongan mematok harga atau tarif jasa pemasangan bata ekspos mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 80.000 per meter perseginya. Harga tersebut hanya untuk upah tenaga borongannya saja, belum termasuk material.

Sedangkan harga borongan plus material biasanya di banderol sedikit lebih tinggi, yaitu berada di kisaran Rp 300.000 hingga Rp 380.000. Di dalam borongan plus material berarti pemborong bertanggung jawab menyediakan tenaga kerja, material bata ekspos, semen hingga pasir untuk proses pemasangannya.

Dengan kata lain, apabila menggunakan pekerja borongan plus material, maka kalian hanya terima beres saja. Namun, jika memilih pekerja borongan non material, maka kalian perlu mencari bahan material pemasangan bata eksposnya sendiri di pasaran.

Cara Menghitung Biaya Pasang Bata Eskpos

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian harga borongan pasang bata ekspos per meter, baik itu borongan non bahan maupun plus bahan. Selanjutnya, kalian juga perlu tahu bagaimana cara menghitung biaya pemasangan bata ekspos menggunakan pekerja borongan.

Mungkin perhitungan biaya pasang bata ekspos ini hampir mirip seperti saat menghitung BIAYA PEMBUATAN PAGAR TEMBOK. Hal ini dikarenakan kalian perlu mencari tahu terlebih dahulu total luas bidang pekerjaannya. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan cara menghitung biaya pasang bata ekspos.

Volume Pekerjaan Dinding

Volume Pekerjaan Dinding

Cara pertama, silahkan cari tahu terlebih dahulu total volume ataupun luas bidang pekerjaan dinding yang akan dipasangi bata ekspos. Sebagai contoh kalian akan memasang bata ekspos pada salah satu sisi dinding ruang tamu berukuran panjang 5.5 meter serta tinggi 3.5 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 5.5 meter.
  • Tinggi dinding : 3.5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan dinding : Panjang x tinggi.
  • Volume pekerjaan dinding : 5.5 m x 3.5 m = 19.25 m2.

Biaya Pasang Bata Ekspos

Biaya Pasang Bata Ekspos

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangan bata ekspos menggunakan pekerja borongan, baik itu non material ataupun plus material. Perhitungannya sendiri sebenarnya cukup mudah, sebab kalian hanya perlu mengalikan luas bidang pekerjaan dinding dengan harga borongan per meter perseginya.

Borongan Non Material

  • Biaya pasang bata ekspos : Volume bidang pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang bata ekspos : 19.25 m2 x Rp 60.000 = Rp 1.155.000

Borongan Plus Material

  • Biaya pasang bata ekspos : Volume bidang pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang bata ekspos : 19.25 m2 x Rp 310.000 = Rp 5.967.500.

Jadi total biaya pemasangan bata ekspos pada salah satu sisi ruang tamu berukuran 5.5 m x 3.5 m yaitu sekitar Rp 1.155.000 menggunakan pekerja borongan non bahan serta Rp 5.967.500 menggunakan pekerja borongan plus bahan. Perlu diingat, perhitungan di atas hanya untuk upah pemasangan bata ekspos saja, jadi pekerjaan pondasi belum termasuk ke dalam hitungan.

Akhir Kata

Dari informasi di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran upah pekerja borongan dalam memasang bata ekspos bisa berbeda di sejumlah wilayah. Selain itu, harga borongan tersebut juga dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu borongan non material serta borongan plus material.

Itulah sekiranya penjelasan mengenai daftar harga borongan pasang bata ekspos per meter perseginya versi Epropertyrack. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat membantu kalian ketika hendak mencari referensi terkait harga borongan pemasangan dinding bata ekspos.

Harga Borongan Pasang Bata Ekspos

IDR 50000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *