Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Jasa Pasang Wall Moulding Per Meter 2022 : Bahan & Tenaga

Harga Jasa Pasang Wall Moulding
Advertisements

Harga Jasa Pasang Wall Moulding – Sebagaimana diketahui, saat ini sudah tersedia cukup banyak cara untuk membuat tampilan dinding rumah menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Adapun beberapa jenis dekorasi dalam upaya mempercantik dinding dapat dilakukan menggunakan cat tembok, wallpaper, wallcover sampai pemasangan gypsum.

Selain itu, saat ini di kalangan masyarakat Indonesia juga sedang ramai memperbincangkan mengenai pemasangan list kayu di permukaan dinding, atau dikenal juga dengan sebutan teknik wall moulding. Salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik untuk menggunakan wall moulding dalam mempercantik hunian yaitu karena hasil akhirnya cenderung elegan, namun tidak berlebihan.

Menariknya lagi, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan wall moulding, entah itu untuk apartemen, hotel, gedung perkantoran ataupun rumah-rumah tinggal. Dimana para kontraktor tersebut mematok harga jasa pemasangan dengan hitungan per meter persegi.

Advertisements

Nah, apabila kalian berencana memasang wall moulding untuk memperindah tampilan rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran harga jasanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga jasa pasang wall moulding untuk semua jenis dan ukuran per meter perseginya.

Apa Itu Wall Moulding?

Apa Itu Wall Moulding
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai harga jasa pasang wall moulding per meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya, wall moulding ialah sebuah teknik dekorasi dinding dengan memanfaatkan bahan cetakan dan dibentuk sesuai selera pemilik hunian.

Dimana dekorasi dinding yang mengunakan teknik wall moulding akan memberikan hasil akhir yang lebih rapi, elegan dan bahkan mampu memunculkan kesan mewah. Menariknya lagi, dekorasi dinding wall moulding juga bisa menjadi alternatif bagi bangunan yang mempunyai permukaan tembok kasar dan tidak rata.

Di pasaran Indonesia sendiri saat ini proses pemasangan wall moulding dapat dilakukan menggunakan beberapa jenis material. Adapun beberapa jenis material yang termasuk ke dalam pembuatan wall moulding tersebut diantaranya yaitu seperti gypsum, PVC hingga kayu murni. Nantinya material tersebut akan dicetak sesuai kebutuhan dan keinginan.

Kelebihan dan Kekurangan Wall Moulding

Setiap bahan material bangunan tentu mempunyai karakteristiknya masing-masing, termasuk teknik wall moulding. Dimana karakteristik tersebut pastinya memberikan beberapa keunggulan serta kelemahan. maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan jasa pasang wall moulding, berikut kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan

  • Fleksibel untuk diterapkan di semua ruangan.
  • Mampu memberikan kesan elegan dan alami di dalam ruangan.
  • Menjadi alternatif untuk ruangan atau dinding tidak rata.
  • Mampu membuat ruangan menjadi lebih cantik dan indah dipandang.

Kekurangan

  • Harga jasa pemasangannya terbilang cukup tinggi.
  • Proses pemasangan membutuhkan tenaga ahli berpengalaman.
  • Dibutuhkan adanya perhitungan matang saat hendak memasangnya.

Harga Jasa Pasang Wall Moulding Per Meter

Harga Jasa Pasang Wall Moulding Per Meter

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga kelebihan dan kekurangan teknik wall moulding, maka kalian juga pastinya harus mengerti berapa kisaran harga jasa pemasangannya. Seperti halnya besaran harga borongan pasang wallpaper dinding, upah jasa pasang wall moulding juga dapat berbeda di sejumlah wilayah.

Adanya perbedaan harga borongan pasang wall moulting tersebut yaitu karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya. Khusus di wilayah Jabodetabek, harga jasa pasang wall moulding di banderol kurang lebih sekitar Rp 450.000 hingga Rp 600.000 per meter perseginya.

Dimana di dalam harga jasa pasang wall moulding tersebut sudah mencakup beberapa hal mulai dari ongkos pekerja bangunan hingga pembelian semua kebutuhan material saat proses pemasangannya. Selain itu, di dalam besaran harga jasa tersebut sudah mencakup beberapa material seperti kayu meranti MC ukuran lebar 4 cm serta tebal 2 cm.

Menariknya lagi, di dalam penawaran harga borongan pasang wall moulding di atas juga sudah mencakup biaya pengecatan dengan cat jenis semi duco. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa tarif jasa pasang wall moulding di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, entah itu karena upah pekerja ataupun bahan material mengalami peningkatan harga.

Cara Menghitung Jasa Pasang Wall Moulding

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga jasa pasang wall moulding untuk semua jenis dan ukuran per meter perseginya. Sebagai informasi tambahan, biasanya para kontraktor atau pemborong juga mempunyai beberapa syarat dan ketentuan seperti minimal pemesanan untuk jasa pelayanannya.

Meskipun begitu, supaya bisa memperkirakan berapa besaran biaya yang diperlukan untuk memasang wall moulding, kalian harus mengerti bagaimana cara menghitungnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara langsung bagaimana cara menghitung jasa borongan pasang wall moulding per meter persegi.

Luas Pekerjaan

Langkah pertama, silahkan cari tahu luas atau volume bidang pekerjaan dinding yang akan dipasang wall moulding terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang wall moulding pada permukaan dinding ruang tamu dengan ukuran panjang 5 meter serta tinggi 3 meter, maka cara menghitung luas pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 5 meter.
  • Tinggi dinding : 3 meter.

Perhitungan :

  • Luas permukaan : Panjang x Tinggi.
  • Luas permukaan : 5 m x 3 m = 15 m2.

Ongkos Jasa Pekerja

Setelah mengetahui luas total bidang pekerjaannya, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung jumlah kebutuhan anggaran biayanya. Cara menghitungnya juga cukup mudah, kalian hanya perlu mengalikan luas bidang pekerjaan dengan harga jasa pasang wall moulding per meter perseginya.

  • Ongkos jasa : Luas pekerjaan x Harga jasa per meter.
  • Ongkos jasa : 15 m2 x Rp 450.000 = Rp 6.750.000.

Dari data perhitungan di atas, maka untuk memasang wall moulding pada dinding berukuran 5 m x 3 m menggunakan pekerja sistem borongan membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 6.750.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya tersebut sudah mencakup ongkos pekerja hingga pembelian kebutuhan material dalam proses pemasangannya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga jasa pasang wall moulding per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memanfaatkan pekerja sistem borongan dalam pemasangan wall moulding.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.