Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Pasang Wallpaper Per Meter 2021

Harga Borongan Pasang Wallpaper

Harga Borongan Pasang Wallpaper – Sebagaimana diketahui, wallpaper dinding tentu sangat berbeda dengan material cat tembok biasa. Pasalnya, wallpaper dinding memiliki motif yang cukup beragam, mulai dari tema bunga, fauna, animasi, tumbuhan dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, pemasangan wallpaper memang dapat membuat atau menimbulkan kesan indah dan cantik di setiap sisi bangunan. Menariknya lagi, tata cara pasang wallpaper juga sangat mudah, sebab hanya perlu dilekatkan menggunakan sebuah lem atau perekat khusus pada dinding rumah.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak pekerja borongan atau kontraktor yang menawarkan jasa pasang wallpaper dinding rumah. Akan tetapi, pastinya mereka sebagai penyedia jasa memiliki ketentuan mengenai tarif atau upah pekerja borongan dengan hitungan per meter persegi.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana memasang wallpaper di dinding rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap terkait besaran harga borongan pasang wallpaper per meter perseginya.

Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper

Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper

Hampir semua material bahan bangunan pastinya memiliki sejumlah keunggulan serta kelemahannya masing-masing, termasuk wallpaper. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasang wallpaper dinding, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa kelebihan beserta kekurangannya.

Kelebihan

  • Tersedia dalam beragam motif.
  • Mampu menutupi retakan tembok.
  • Proses pemasangannya mudah sehingga menghemat waktu pengerjaan.
  • Mampu membuat rumah tampak lebih mewah dan elegan.
  • Mudah dibersihkan.
  • Lebih praktis serta efisien.

Kekurangan

  • Kurang tahan lama.
  • Harganya cukup mahal.
  • Mudah mengalami kerusakan atau berjamur.
  • Bisa menimbulkan bekas pada dinding hunian.
  • Membutuhkan perawatan secara rutin.

Harga Borongan Pasang Wallpaper Per Meter

Harga Borongan Pasang Wallpaper Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN CAT TEKSTUR, besaran tarif pasang wallpaper dinding juga biasanya berbeda di masing-masing daerah. Tentunya perbedaan harga borongan antar daerah tersebut bukan tanpa alasan, sebab proses pemasangan wallpaper akan dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Dimana beberapa faktor yang mempengaruhi harga borongan pemasangan wallpaper yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan sampai risiko pengerjaannya. Umumnya, para kontraktor mematok harga borongan pasang wallpaper mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per meter perseginya.

Semakin sulit bidang pekerjaannya, maka akan semakin mahal pula tarif jasa pekerja borongannya. Selain itu, besaran harga borongan tersebut juga hanya ongkos tenaga kerjanya saja. Jadi, pemilik rumah perlu membeli material wallpaper dinding sendiri di toko bangunan ataupun material terdekat.

Cara Menghitung Biaya Pasang Wallpaper

Di atas sudah dijelaskan rincian harga borongan pasang wallpaper per meter perseginya untuk semua jenis-jenisnya di beberapa daerah. Setelah mengetahuinya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghitung biaya pasang wallpaper dinding menggunakan pekerja borongan.

Mungkin perhitungan pemasang wallpaper hampir sama seperti saat MENGHITUNG KEBUTUHAN CAT DINDING, karena kalian perlu mencari tahu luas bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Daripada penasaran, langsung saja lihat baik-baik cara menghitung biaya pasang wallpaper dinding berikut ini.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu mencari tahu luas dinding atau tembok rumah yang akan dipasangi wallpaper. Misalkan kalian hendak memasang wallpaper kualitas standar pada salah satu dinding kamar tidur dengan ukuran panjang 4.5 meter serta tinggi 3.5 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 4.5 meter.
  • Tinggi dinding : 3.5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x Tinggi dinding.
  • Volume pekerjaan : 4.5 m x 3.5 m = 15.75 m2.

Biaya Pasang Wallpaper

Biaya Pasang Wallpaper

Cara selanjutnya yaitu menghitung biaya pasang wallpaper pada dinding kamar tidur seluas 15.75 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu tinggal mengalikan harga borongan pemasangan wallpaper per meter persegi dengan volume bidang pekerjaannya.

  • Biaya pasang wallpaper : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pasang wallpaper : 15.75 m2 x Rp 25.000 = Rp 393.750.

Total biaya pasang wallpaper kualitas standar pada salah satu sisi dinding kamar berukuran 4.5 m x 3.5 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 393.750 (dibulatkan menjadi Rp 394.000). Perlu diingat, besaran biaya tersebut hanya meliputi ongkos tenaga kerja borongannya saja, belum termasuk pembelian material wallpaper.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran harga borongan pemasangan wallpaper dinding dipengaruhi oleh kondisi bidang pekerjaannya. Selain itu, rata-rata pekerja borongan atau kontraktor juga hanya menyediakan tenaga kerjanya saja.

Itulah sekiranya informasi seputar daftar harga borongan pasang wallpaper dinding per meter persegi dilengkapi tata cara menghitung biaya pengerjaannya versi Epropertyrack. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai acuan ketika hendak memasang wallpaper di rumah.

Harga Borongan Pasang Wallpaper

IDR 10000
9.3

Harga

9.4/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.3/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *