Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Cat Tekstur

Harga Borongan Cat Tekstur

Harga Borongan Cat Tekstur – Cat tekstur atau biasa dikenal sebagai cat kamprot ialah bagian merupakan sebuah teknik finishing pada suatu komponen dinding ataupun tembok bangunan. Umumnya cat tekstur kerap digunakan pada bangunan seperti rumah tinggal, apartemen, hotel, pabrik, perkantoran, sekolah dan lain sebagainya.

Menurut beberapa orang, penggunaan cat tekstur sebagai finishing komponen dinding mampu menciptakan nilai artistik tersendiri pada sebuah bangunan. Pasalnya, permukaan dinding yang menggunakan cat tekstur tersebut bisa memberikan tampilan kasar serta bermotif sehingga menambah nilai futuristik.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali para pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa pengerjaan cat tekstur. Dimana para pekerja borongan tersebut biasanya mematok harga atau tarif jasa pengerjaan cat tekstur dengan hitungan per meter persegi, baik itu non material maupun plus material.

Jika kalian berniat melakukan finishing dinding menggunakan cat tekstur, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai daftar harga borongan cat tekstur per meter persegi untuk semua jenis-jenisnya.

Jenis Cat Tekstur

Jenis Cat Tekstur

Sebelum membahas harga borongan pengerjaan cat tekstur lebih dalam, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai jenis-jenis cat tekstur. Seperti dijelaskan di atas, cat tekstur mampu memberikan tekstur pada tampilan akhir atau finishing dekorasi sebuah dinding bangunan.

Hingga kini, setidaknya terdapat 7 jenis cat tekstur yang beredar di pasaran Indonesia. Pastinya setiap jenis cat tekstur tersebut memberikan tampilan serta kesan berbeda. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa jenis cat tekstur sebagai finishing dinding bangunan.

  1. Cat tekstur kamprot.
  2. Cat tekstur pasir.
  3. Cat tekstur gosok.
  4. Cat tekstur motif kulit jeruk.
  5. Cat tekstur motif bata.
  6. Cat tekstur motif arturo.
  7. Cat tekstur motif granit.

Kelebihan dan Kekurangan Cat Tekstur

Kelebihan dan Kekurangan Cat Tekstur

Sebagaimana diketahui, setiap bahan material bangunan tentunya memiliki sejumlah keunggulan serta kelemahannya masing-masing, termasuk cat tekstur. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan kalian sebelum membeli dan mengaplikasikannya, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan cat tekstur.

Kelebihan

  • Mampu memberikan tampilan ruangan menjadi lebih menarik.
  • Mampu menghidupkan suasana sebuah ruangan.
  • Mampu membuat tampilan ruangan memiliki kesan klasik.
  • Besar tekstur bisa disesuaikan oleh pemilik bangunan.
  • Tersedia dalam berbagai macam motif.
  • Bisa diaplikasikan baik itu sebagai cat interior maupun eksterior.

Kekurangan

  • Cat tekstur kerap mengelupas sehingga membuat tampilan dinding menjadi jelek.
  • Harga cat tekstur cenderung lebih mahal dibandingkan cat biasa.
  • Proses pengerjaannya membutuhkan tukang berpengalaman.
  • Membutuhkan perhatian lebih di dalam faktor pencahayaan serta faktor eksternal lainnya.

Harga Borongan Cat Tekstur Per Meter

Harga Borongan Cat Tekstur Per Meter

Layaknya HARGA BORONGAN CAT DUCO, besaran harga borongan pengerjaan cat tekstur juga akan berbeda di beberapa wilayah. Biasanya besaran tarif atau ongkos jasa borongan dalam pengerjaan cat tekstur tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan sampai risiko pengecatannya.

Di sisi lain, masing-masing jenis cat tekstur juga umumnya memiliki besaran harga borongan yang berbeda. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik besaran harga borongan pengerjaan cat tekstur per meter persegi untuk semua jenis-jenisnya di bawah ini.

Jenis Cat TeksturHarga Borongan
Cat tekstur kamprotRp 150.000
Cat tekstur pasirRp 165.000
Cat tekstur gosokRp 165.000
Cat tekstur motif kulit jerukRp 175.000
Cat tekstur motif bataRp 225.000
Cat tekstur motif arturoRp 250.000
Cat tekstur motif granitRp 250.000

Harga borongan pengerjaan cat tekstur di atas sudah mencakup ongkos tenaga hingga kebutuhan material pengecatannya. Namun, harga di atas juga berlaku untuk media yang sudah benar-benar sudah siap dilakukan pengaplikasian cat tekstur.

Cara Menghitung Biaya Cat Tekstur

Mungkin perhitungan biaya pengerjaan cat tekstur hampir sama seperti saat MENGHITUNG KEBUTUHAN CAT DINDING. Hal ini dikarenakan kalian perlu mencari luas pekerjaan dindingnya terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, perhatikan cara menghitung biaya cat tekstur menggunakan pekerja borongan berikut ini,

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Tahap pertama yaitu mencari tahu total luas atau volume bidang pekerjaan dinding yang akan dilakukan pengecatan. Sebagai contoh kalian akan melakukan pengerjaan cat tekstur motif arturo pada dinding ruang tamu sepanjang 7 meter serta tinggi 3.5 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 7 meter
  • Tinggi dinding : 3.5 meter

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan dinding : Panjang x Tinggi.
  • Volume pekerjaan dinding : 7 m x 3.5 m = 24.5 m2.

Biaya Cat Tekstur

Biaya Cat

Cara selanjutnya yaitu menghitung biaya pengerjaan cat tekstur motif arturo pada dinding ruang tamu seluas 24.5 meter persegi mengunakan pekerja borongan. Untuk tata cara perhitungannya sendiri dilakukan dengan mengalikan antara volume pekerjaan serta harga borongan per meter perseginya.

  • Biaya pengecatan : Volume pekerjaan dinding x Harga borongan.
  • Biaya pengecatan : 24.5 m2 x Rp 250.000 = Rp 6.125.000.

Jadi, total biaya untuk melakukan pengerjaan cat tekstur motif arturo pada dinding ruang tamu berukuran 7 m x 3.5 m menggunakan pekerja borongan kurang lebih sekitar Rp 6.125.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa biaya tersebut sudah meliputi ongkos pekerja borongan dan material cat tekstur namun belum mencakup penyewaan peralatan pengecatan seperti tangga, steager hingga scafolding.

Akhir Kata

Demikian pembahasan seputar besaran harga borongan cat tekstur per meter persegi untuk semua jeni-jenisnya dari Epropertyrack. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan pekerja borongan dalam pengerjaan cat tekstur sebagai finishing dinding hunian.

Harga Borongan Cat Tekstur

IDR 150000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.3/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *