Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Cat Duco

Harga Borongan Cat Duco

Harga Borongan Cat Duco – Sebagaimana diketahui, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperindah tampilan rumah, salah satunya yaitu dengan menggunakan cat. Cat rumah sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, entah itu dari segi fungsi, kualitas serta bahan dasarnya.

Salah satu jenis cat yang kerap digunakan untuk finishing furnitur ataupun konstruksi bangunan berbahan dasar kayu adalah cat duco. Cat duco sendiri merupakan salah satu jenis cat kayu yang digunakan untuk proses finishing dengan cara disemprotkan atau spraying.

Di Indonesia sendiri saat ini penerapan cat duco pada konstruksi bangunan seperti pintu, jendela maupun kitchen set sudah mulai digemari oleh sebagian besar orang. Untungnya kini sudah tersedia cukup banyak pekerja borongan atau kontraktor yang menawarkan jasa pengerjaan cat duco.

Umumnya para pekerja borongan pengerjaan cat duco tersebut mematok tarif ataupun harga dengan hitungan per meter. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai daftar harga borongan cat duco per meter mulai dari finishing gloss, semi gloss hingga doff.

Kegunaan Cat Duco

Kegunaan Cat Duco

Seperti dijelaskan sebelumnya, cat duco merupakan salah satu jenis cat yang digunakan sebagai teknik finishing dengan cara disemprotkan. Biasanya cat serta teknik ini digunakan untuk berbagai macam furnitur rumah dari bahan kayu seperti meja, kursi hingga lemari pakaian.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, cat duco juga kerap digunakan untuk finishing konstruksi bangunan lainnya. Adapun beberapa konstruksi bangunan tersebut diantaranya yaitu seperti pintu, jendela, dinding serta benda lainnya berbahan dasar kayu.

Kelebihan dan Kekurangan Cat Duco

Kelebihan dan Kekurangan Cat Duco

Setiap material bahan bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk cat duco. Nah, sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan cat duco lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan beserta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Lebih fleksibel karena dapat diaplikasikan pada semua jenis material kayu.
  • Pilihan warnanya tidak terbatas, sebab cat duco bisa dicampur agar mendapatkan warna tertentu.
  • Mampu memberikan hasil akhir terlihat fancy maupun mewah.
  • Hasil akhir pengecatan dapat disesuaikan, entah itu tampak mengkilap ataupun redup.
  • Memiliki sifat ekonomis.
  • Mudah dibersihkan.
  • Lebih tahan terhadap noda membandel.

Kekurangan

  • Proses pengerjaan cat duco relatif lama, karena membutuhkan proses cukup banyak.
  • Dapat menimbulkan penyakit berbahaya.
  • Proses pengecatannya harus dilakukan dengan teliti.
  • Daya tahan cat duco sangat bergantung pada ketebalan lapisan coating serta tipe cat.
  • Sangat mudah terbakar.
  • Waktu kering cat duco lebih lama dibandingkan cat jenis lainnya.

Harga Borongan Cat Duco Per Meter

Harga Borongan Cat Duco Per Meter

Mungkin besaran harga borongan cat duco per meter hampir sama seperti HARGA BORONGAN CAT DINDING. Sebab, biasanya tarif atau ongkos jasa tenaga borongan tersebut akan memiliki selisih perbedaan antar daerah ataupun wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Biasanya sejumlah faktor pengaruh harga borongan tersebut yaitu seperti kondisi lapangan pekerjaan, teknik pengecatan hingga risiko pengecatannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik daftar harga borongan cat duco per meter untuk semua jenis finishing di bawah ini.

Cat Duco Finishing Gloss

Cat duco finishing gloss biasanya memiliki tingkat mengkilap antara 60% sampai 80%. Jenis gloss biasanya merupakan jenis finishing paling mudah dibersihkan sehingga sangat cocok jika diaplikasikan di pintu, jendela ataupun cabinet.

KeteranganSatuanHarga
Kusenm1Rp 180.000
Daun Jendelam1 Rp 200.000
Daun Pintu Panelm2Rp 300.000
Kitchen Setm2 Rp 900.000

Cat Duco Finishing Semi Gloss

Pengerjaan cat duco menggunakan finishing semi gloss memiliki tingkat mengkilap satu tingkat di bawah gloss, yaitu 40% hingga 60%. Jenis finishing ini sangat cocok apabila kalian ingin mendapatkan tampilan gloss, namun tidak terlalu mengkilap.

KeteranganSatuanHarga
Kusenm1Rp 180.000
Daun Jendelam1 Rp 200.000
Daun Pintu Panelm2Rp 300.000
Kitchen Setm2 Rp 900.000

Cat Duco Finishing Doff

Sementara cat duco finishing doff tidak dapat memantulkan cahaya dengan sempurna karena memiliki tingkat mengkilap sekitar 20% sampai 30% saja. Namun, keuntungannya finishing doff mampu menyembunyikan noda di permukaan material dengan baik dibandingkan gloss maupun semi gloss.

KeteranganSatuanHarga
Kusenm1Rp 190.000
Daun Jendelam1 Rp 210.000
Daun Pintu Panelm2Rp 310.000
Kitchen Setm2 Rp 900.000

Akhir Kata

Perlu diingat, daftar harga borongan di atas bisa saja berbeda di beberapa daerah karena terpengaruh oleh beberapa faktor. Meskipun terdapat perbedaan tarif ataupun ongkos jasa pengerjaan cat duco di sejumlah daerah, itupun selisihnya tidak akan terlalu jauh.

Itulah sekiranya penjelasan daftar harga borongan cat duco per meter untuk semua jenis finishing versi Epropertyrack. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menggunakan jasa pemborong dalam pemberian lapisan cat duco pada furnitur kayu di rumah.

Harga Borongan Cat Duco

IDR 180000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.3/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *