Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Cat Dinding Plus Material

Harga Borongan Cat Dinding Plus Material

Harga Borongan Cat Dinding Plus Material – Dalam membuat ataupun merenovasi sebuah bangunan tentunya bukanlah pekerjaan mudah. Perkara tersebut harus ditangani oleh mereka yang sudah ahli serta profesional sehingga tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan.

Pasalnya, hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan pastinya laporan keuangan di akhir nantinya tentang berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk proses pembangunan tersebut. Pekerjaan finishing seperti pengecatan mungkin menjadi tahapan paling penting untuk diperhatikan.

Pemilihan warna cat dinding atau tembok harus dipertimbangkan dengan matang sejak awal. Selain itu, penggunaan tukang bangunan juga diperlukan adanya perhatian khusus oleh pemilik rumah, apakah akan menggunakan jasa pekerja sistem harian maupun pekerja borongan.

Sebaiknya gunakanlah jasa pekerja borongan karena dinilai lebih murah dan efisien dibandingkan pekerja sistem harian. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian harga borongan cat dinding plus material untuk semua merek-mereknya.

Tips Menentukan Cat Dinding Hunian

Tips Menentukan Cat Dinding Hunian

Seperti dijelaskan di atas, pemilihan warna cat dinding menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik rumah, entah itu WARNA CAT TEMBOK EKSTERIOR ataupun interior. Oleh sebab itu, agar terhindar dari penyesalan dan mengeluarkan biaya lebih untuk mengecat ulang karena tidak puas, alangkah baiknya simak beberapa tips menentukan cat dinding hunian berikut ini.

  • Sesuaikan warna cat dinding dengan gaya dan konsep rumah.
  • Menentukan kesan yang ingin diciptakan.
  • Buatlah palet warna sesuai keinginan.
  • Mulai bereksperimen di dinding putih.
  • Perhatikan faktor pencahayaan.
  • Sesuaikan dengan dekorasi sebuah ruangan.
  • Pahami istilah-istilah warna agar mendapatkan warna cat dinding terbaik.
  • Setiap ruangan usahakan menggunakan warna cat berbeda.
  • Bermain menggunakan finishing cat berbeda.
  • Gunakan cat monokrom.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding

Sebelum membahas harga borongan cat dinding plus material lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana tata cara menghitung kebutuhan total bahan material. Perhitungan kebutuhan cat dinding ini diperlukan agar terhindar dari kelebihan ataupun kekurangan cat yang berkaitan dengan pengeluaran anggaran dana.

Langkah pertama, hitung total luas ruangan terlebih dahulu. Selanjutnya hitung total kebutuhan cat dinding dengan cara membagi luas dinding dengan 1 liter cat. Umumnya standar pemakaian material cat dinding kira-kira sebanyak 12 meter persegi/liter untuk setiap lapisannya.

Misalkan kalian memiliki ruangan berukuran 3 x 5 meter serta tinggi 3 meter, maka perhitungan kebutuhan material cat dindingnya yaitu (2 x (3 m + 5 m)) x 3 m = 48 meter persegi. Setelah itu, 48 meter persegi ÷ 12 meter persegi/liter = 4 liter.

Dari data perhitungan di atas, total kebutuhan cat untuk ruangan berukuran 3 m x 5 m yaitu sekitar 4 liter untuk satu kali pelapisan cat. Jadi, apabila pengecatan dilakukan menjadi dua lapis, maka diperlukan kurang lebih sekitar 8 liter. Sebaiknya gunakan material cat berkualitas meskipun HARGA CAT TEMBOK akan sedikit lebih mahal.

Harga Borongan Cat Dinding Plus Material

Daftar Harga Borongan Cat Dinding Plus Material

Setelah mengetahui cara menghitung total kebutuhan material cat dinding, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga jasa borongannya. Proses borongan dilakukan oleh pihak pemborong atau kontraktor bangunan dan akan lebih baik apabila kalian mencari tahu terlebih dahulu referensinya.

Hal tersebut perlu dilakukan dengan tujuan agar dapat menganalisa upah borongan cat tembok berdasarkan harga standar pada umumnya. Nah, di bawah ini sudah kami rangkum beberapa harga borongan cat dinding plus material per meter persegi berdasarkan merek atau jenis bahannya.

Bahan Cat DindingHarga
Borongan cat dinding bahan cat DuluxRp 65.000
Borongan cat dinding bahan cat MowilexRp 52.000
Borongan cat dinding bahan cat VinilexRp 35.000
Borongan cat dinding bahan cat CatylacRp 35.000
Borongan cat dinding bahan cat JotunRp 22.000
Borongan cat dinding bahan cat PropanRp 22.000

Perlu diingat, harga borongan cat dinding plus material di atas bisa saja berbeda di beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Meskipun demikian, selisih perbedaannya tidak akan terlalu jauh sehingga tabel di atas dapat dijadikan acuan atau patokan dalam mencari harga borongannya.

Cara Memilih Pekerja Borongan

Cara Memilih Pekerja Borongan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan cat dinding plus material per meternya untuk beberapa jenis bahan atau mereknya. Sebagaimana diketahui, pekerja borongan atau kontraktor bangunan juga akan sangat berpengaruh terhadap proses pengerjaannya.

Pasalnya, keahlian mereka akan menentukan hasil akhir dari proses pengecatan dinding rumah kalian. Maka dari itu, penting mengetahui bagaimana memilih tukang borongan berkualitas. Berikut akan kami berikan beberapa tips dalam memilih tukang bangunan supaya tidak salah pilih.

  • Carilah pekerja borongan dengan pengalaman atau jam terbang tinggi.
  • Carilah pemborong sesuai keahliannya, dalam hal ini yaitu pengecatan dinding rumah.
  • Komunikasi teratur, dimana kalian bisa dengan mudah mendiskusikan pekerjaan pengecatannya.
  • Selalu pelajari pendapat dari para pekerja borongan.
  • Terapkan tenggat waktu pekerjaan pengecatan dinding.
  • Buatlah kontrak tercatat.
  • Pastikan kontraktor memiliki masa garansi setelah proses pengecatan selesai.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga borongan dalam pekerjaan pengecatan dinding rumah tergantung pada jenis material atau bahannya. Semakin bagus kualitas cat, maka akan semakin mahal pula harga borongannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan cat dinding plus material per meter, baik itu interior ataupun eksterior. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakan jasa borongan terkait pekerjaan pengecatan dinding hunian.

Harga Borongan Cat Dinding Plus Material

IDR 22000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.2/10

Daya Tahan

9.5/10

Garansi

9.0/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *