Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

16 Harga Borongan Kitchen Set Per Meter 2022 : Tenaga & Bahan

Harga Borongan Kitchen Set Per Meter
Advertisements

Harga Borongan Kitchen Set Per Meter – Seperti diketahui, kitchen set merupakan salah satu hal yang terbilang cukup penting di dalam sebuah dapur. Dimana kitchen set sendiri terdiri dari berbagai macam elemen dengan fungsi serta bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemilik rumah.

Seiring berjalannya waktu, pembuatan kitchen set pada rumah-rumah tinggal sudah mulai memanfaatkan beragam variasi material, mulai dari kayu, aluminium, multiplek, blockmin, PVC dan lain sebagainya. Pastinya setiap jenis bahan material pembuatan kitchen set tersebut memiliki sejumlah karakteristiknya masing-masing.

Menariknya lagi, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali kontraktor atau pemborong yang menyediakan jasa pembuatan kitchen set. Dimana para pemborong ataupun kontraktor tersebut mematok harga jasa pembuatan kitchen set sangat bervariasi dengan satuan atau hitungan per meter lari.

Advertisements

Jika diantara kalian berencana membuat kitchen set di dapur rumah menggunakan jasa pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harganya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai besaran harga borongan kitchen set per meter untuk semua jenis dan ukurannya.

Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set

Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set
Advertisements

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini di Indonesia sudah tersedia cukup banyak sekali jenis material yang kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kitchen set. Karena beragam jenis material bahan dasar pembuatannya itulah membuat kitchen set memiliki karakteristiknya masing-masing.

Meskipun demikian, secara umum kitchen set berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membahas harga borongan kitchen set per meter, sebaiknya pahami sejumlah kelebihan beserta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Memiliki daya tahan cukup baik.
  • Mudah dirawat dan dibersihkan.
  • Tetap mengkilap meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu cukup lama.
  • Higienis serta tidak memengaruhi makanan.
  • Kitchen set tersedia dalam berbagai macam model.

Kekurangan

  • Mudah tergores apabila terkena benda tajam.
  • Membuat dapur terkesan gelap apabila ukuran kitchen set terlalu besar.
  • Harganya terbilang cukup mahal.

Ukuran Standar Kitchen Set

Perlu diketahui, pembuatan kitchen set terdiri dari berbagai macam komponen, mulai dari kabinet atas hingga kabinet bawah. Tentunya masing-masing komponen dalam pembuatan kitchen set tersebut memiliki ukuran atau dimensi standar, baik itu dari segi tinggi maupun lebar.

Untuk hunian dengan konsep minimalis, umumnya kabinet atas dibuat dengan tinggi standar sekitar 80 cm serta lebar 40 cm. Sementara tinggi standar kabinet bawah sebenarnya sama dengan kabinet atas, yaitu 80 cm. Namun, untuk lebar kabinet bawah sedikit lebih besar, yaitu sekitar 60 cm.

Meskipun kitchen set memiliki standar ukuran dalam proses pembuatannya, akan tetapi sebenarnya ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah. Maka dari itu, ketika ingin membuat kitchen set di rumah, saran kami sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke pemborongnya.

Harga Borongan Kitchen Set Per Meter

Harga Borongan Kitchen Set Per Meter Lari

Seperti halnya harga borongan bangunan plus material, besaran tarif jasa pembuatan kitchen set per meter lari sendiri biasanya berbeda-beda di sejumlah wilayah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya harga borongan kitchen set biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari pemilihan material, model, ukuran dan lain sebagainya.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, saat ini pembuatan kitchen set sudah bisa dilakukan menggunakan berbagai macam bahan material. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan daftar harga borongan kitchen set per meter lari untuk semua jenis jenis finishingnya dan bahan materialnya.

Jenis BahanFinishingHarga Per Meter
BlockminHPL LuarRp 1.800.000
BlockminHPL Luar & DalamRp 2.200.000
BlockminDucoRp 2.600.000
MultiplekHPL LuarRp 2.100.000
MultiplekHPL Luar & DalamRp 2.300.000
MultiplekDucoRp 2.900.000
AluminiumACP 3mlRp 3.000.000
AluminiumACP 4mlRp 3.400.000
AluminiumACP Lapis HPLRp 3.300.000
AluminiumACP Serat KayuRp 3.400.000
PVCHPL LuarRp 3.700.000
PVCHPL Luar & DalamRp 3.900.000
PVCDucoRp 4.100.000
Kayu JatiHPLRp 2.500.000
Kayu JatiDucoRp 2.200.000
Kayu JatiNatural WoodRp 1.500.000
Harga borongan kitchen set per meter di atas dapat berbeda di sejumlah daerah.

Cara Menghitung Upah Borongan Kitchen Set

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai harga borongan kitchen set per meter lari untuk semua jenis material dan bahan finishingnya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung upah atau ongkos dalam pembuatan kitchen set menggunakan pekerja borongan.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya sebelumnya kami pernah menjelaskan bagaimana cara menghitung biaya pembuatan kitchen set. Nah, agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan bagaimana cara menghitung upah pembuatan kitchen set menggunakan pekerja sistem borongan.

Langkah pertama, kalian perlu menentukan ukuran kitchen set yang akan dibuat terlebih dahulu. Misalkan kalian akan membuat kitchen set mengunakan material aluminium dengan finishing ACP lapis HPL sepanjang 4 meter, maka cara menghitung ongkos jasa borongan pembuatannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Harga borongan kitchen set aluminium finishing ACP lapis HPL per meter : Rp 3.300.000.
  • Panjang kitchen set : 4 meter.

Perhitungan :

  • Upah pekerja : Panjang kitchen set x Harga borongan per meter lari.
  • Upah pekerja : 4 m x Rp 3.300.000 = Rp 13.200.000.

Jadi, total anggaran biaya untuk membuat kitchen set aluminium finishing ACP lapis HPL sepanjang 4 meter menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 13.200.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa di dalam besaran harga borongan kitchen set tersebut sudah meliputi ongkos tenaga kerja beserta bahan material pembuatannya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini pembuatan kitchen set untuk dapur rumah sudah bisa menggunakan berbagai macam jenis material. Dimana masing-masing jenis bahan dasar pembuatan kitchen set tersebut nantinya akan mempengaruhi besaran harga borongannya.

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan kitchen set per meter untuk semua jenis dan ukuran dilengkapi dengan contoh perhitungan biaya pembuatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat kitchen set menggunakan pekerja borongan.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.