Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Harga Borongan Pasang Bata Tempel Per Meter 2021

Harga Borongan Pasang Bata Tempel

Harga Borongan Pasang Bata Tempel – Meskipun saat ini banyak bermunculan inovasi bahan-bahan bangunan dalam hal dekorasi ruangan, akan tetapi batu bata tidak kehilangan peminatnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab batu bata mampu memberikan kesan natural dan alami pada sebuah hunian.

Salah satu jenis batu bata yang kerap digunakan sebagai material dekorasi dinding sebuah ruangan yaitu bata tempel. Dimana material batu tempel tersebut mampu membuat hunian memiliki kesan alami, klasik hingga tradisional sehingga bisa memberikan kesan yang khas pada interior.

Menariknya lagi, saat ini di Indonesia sudah tersedia cukup banyak sekali pekerja borongan atau kontraktor yang menawarkan jasa pemasangan bata tempel. Umumnya para pekerja borongan pemasangan bata tempel tersebut mematok tarif atau harga dengan hitungan per meter persegi.

Jika kalian berencana memasang bata tempel sebagai dekorasi sebuah ruangan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu besaran harga borongannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang bata tempel per meter untuk semua jenis-jenisnya.

Kegunaan Bata Tempel

Kegunaan Bata Tempel

Sebelum membahas harga borongan pasang bata tempel lebih dalam, sebaiknya pahami terlebih dahulu kegunaannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, batu bata tempel merupakan sebuah material berukuran tipis yang cara pengaplikasiannya dilakukan dengan cara ditempelkan pada dinding.

Material tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghadirkan kesan ekspos pada bagian dinding tanpa perlu membongkar ataupun merombaknya. Jadi, pada intinya material bata tempel dikhususkan lebih pada dekorasi dinding sehingga tidak dibuat kokoh layaknya bahan bangunan pada umumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Bata Tempel

Kelebihan dan Kekurangan Bata Tempel

Sebagaimana diketahui, setiap bahan material bangunan pastinya memiliki sejumlah karakteristiknya masing-masing, termasuk bata tempel. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa kelebihan serta kekurangan bata tempel.

Kelebihan

  • Mampu memberikan kesan alami, klasik dan natural pada sebuah hunian.
  • Mampu menghadirkan nilai artistik sangat tinggi.
  • Kualitas bata tempel sudah terjamin.
  • Tersedia dalam berbagai macam variasi serta model.
  • Memiliki sifat awet dan tahan lama.

Kekurangan

  • Proses pemesanannya lebih lama karena membutuhkan waktu.
  • Memerlukan perekat berbahan khusus.
  • Proses pengerjaan pemasangannya membutuhkan waktu cukup lama karena membutuhkan tingkat ketelitian tinggi.

Ukuran Standar Bata Tempel

Ukuran Standar Bata Tempel

Perlu diketahui, seperti halnya HARGA BORONGAN BATA EKSPOS, besaran harga borongan pasang bata tempel juga bisa dipengaruhi oleh ukurannya. Sebab, di pasaran Indonesia sendiri ukuran bata tempel tersedia cukup bervariasi, tergantung pada jenis dan modelnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya sesuaikan ukuran serta jenis bata tempel sesuai dengan keinginan serta kebutuhan kalian. Berikut akan kami berikan daftar jenis bata tempel beserta ukurannya yang tersedia di pasaran Indonesia.

Jenis Bata TempelUkuran
Bata Tempel Bevel – Natural Halus6 x 24 x 2 cm
Bata Tempel Serabut Kelapa5.5 x 23 x 2 cm
Bata Tempel Ekspos – Natural Halus7 x 24 x 2 cm
Bata Tempel Vintage Belanda5.5 x 23 x 1.8 cm
Bata Tempel natural Halus Tirakota6 x 24 x 1.8 cm
Bata Tempel Putih Natural Halus7 x 24 x 2 cm
Bata Tempel Ekspos Natural Halus Tirakota5.5 x 23 x 2 cm

Harga Borongan Pasang Bata Tempel Per Meter

Harga Borongan Pasang Bata Tempel Per Meter

Mungkin besaran harga borongan pasang bata tempel per meter perseginya akan berbeda di setiap daerah seperti halnya HARGA BORONGAN BANGUNAN pada umumnya. Sebab, biasanya terdapat beberapa hal yang bisa mempengaruhi besaran harga atau tarif pekerja borongan tersebut.

Dimana beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti jenis bata tempel, kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan sampai risiko saat proses pemasangannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tabel daftar harga borongan pasang bata tempel per meter persegi untuk semua jenis-jenisnya berikut ini.

Jenis Bata TempelHarga / Meter
Bata Tempel Bevel – Natural HalusRp 130.000
Bata Tempel Serabut KelapaRp 115.000
Bata Tempel Ekspos – Natural HalusRp 135.000
Bata Tempel Vintage BelandaRp 125.000
Bata Tempel natural Halus TirakotaRp 125.000
Bata Tempel Putih Natural HalusRp 140.000
Bata Tempel Ekspos Natural Halus TirakotaRp 130.000

Cara Menghitung Biaya Pasang Bata Tempel

Di atas sudah dibahas secara tuntas mengenai daftar harga borongan pasang bata tempel per meter persegi untuk semua jenis-jenisnya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangan bata tempel menggunakan pekerja borongan.

Cara menghitung total biaya pemasanganya sebenarnya tidak jauh berbeda seperti saat MENGHITUNG BIAYA PASANG BATAKO. Karena nantinya kalian perlu mencari luas bidang pekerjaan dinding yang akan dipasangi bata tempel terlebih dahulu. Berikut adalah tata cara perhitungannya.

Volume Dinding

Volume Dinding

Langkah pertama yaitu mencari tahu total luas dinding yang akan dipasangi bata tempel. Sebagai contoh kalian akan memasang bata tempel putih natural halus pada salah satu dinding di ruang tamu berukuran panjang 5 meter serta tinggi 3.5 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 5 meter.
  • Tinggi dinding : 3.5 meter.

Perhitungan :

  • Volume dinding : Panjang x Tinggi.
  • Volume dinding : 5 m x 3.5 m = 17.5 m2.

Biaya Pemasangan Bata Tempel

Biaya pasang Bata Tempel

Tahap selanjutnya yaitu menghitung biaya pemasangan bata tempel putih natural halus pada dinding ruang tamu seluas 17.5 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu mengalikan volume bidang pekerjaan dinding dengan harga borongan pasang bata tempel putih natural halus per meter perseginya.

  • Biaya pemasangan : Volume dinding x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan : 17.5 m2 x Rp 140.000 = Rp 2.450.000.

Total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang bata tempel putih natural halus pada dinding berukuran 5 m x 3.5 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 2.450.000. Umumnya di dalam biaya pemasangan bata tempel tersebut sudah mencakup upah tenaga kerja borongan, material bata tempel hingga bahan perekatnya.

Akhir Kata

Dari informasi di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran tarif jasa borongan dalam pemasangan bata tempel bisa berbeda di beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Di sisi lain, besaran harga borongan tersebut juga tergantung pada jenis, model serta ukuran batu tempel.

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan pasang bata tempel per meter persegi untuk semua jenis serta ukurannya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan apabila ingin memasang bata tempel sebagai dekorasi dinding ruangan.

Harga Borongan Pasang Bata Tempel

IDR 115000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *