Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

25 Harga Borongan Interior Per Meter 2022 : Tenaga & Material

Harga Borongan INterior Per Meter
Advertisements

Harga Borongan Interior Per Meter – Perlu diketahui, tampilan atau visualisasi eksterior sebuah bangunan bisa sangat bergantung kepada isi alias interiornya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya bagian luar sebuah ruang atau bangunan tentunya merupakan refleksi atau cerminan tampilan dalam hunian tersebut.

Meskipun tidak selalu, akan tetapi desain interior pasti memiliki peranan cukup penting dan tanggung jawab besar dalam hal tersebut. Dimana kedua komponen antara interior dan eksterior sendiri sebenarnya pada posisi sama pentingnya, terlebih lagi jika kalian berpikir bahwa tampilan luar sebenarnya merupakan refleksi bagian dalam bangunan.

Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor ataupun pemborong yang menawarkan jasa interior bangunan dengan hitungan per meter persegi. Akan tetapi, pastinya setiap jasa pemborong ataupun kontraktor tersebut mempunyai ketentuan mengenai tarif jasa borongan yang sangat bervariasi.

Advertisements

Maka dari itu, apabila kalian berencana hendak melakukan beberapa pekerjaan interior menggunakan pekerja sistem borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harganya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan interior per meter untuk semua jenis pekerjaannya.

Fungsi Pekerjaan Interior

Fungsi Pekerjaan Interior
Advertisements

Secara garis besar, desain interior ialah merencanakan, menata sera merancang ruang-ruang interior di dalam bangunan. Dimana tatanan yang bisa memenuhi kebutuhan dasar seseorang akan sarana untuk bernaung dan berlindung, menentukan langkah sekaligus mengatur bentuk aktivitas kita di dalam sebuah bangunan.

Selain itu, komponen-komponen interior juga biasanya bisa memelihara aspirasi dan mengekspresikan ide-ide yang menyertai segala tindakan, memengaruhi penampilan dan perasaan sampai kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, tujuan utama mendesain interior ialah untuk memperbaiki fungsi, memperkaya nilai estetika sampai meningkatkan aspek psikologis sebuah ruang.

Setiap desain pastinya bertujuan menyusun secara teratur bagian demi bagian menjadi satu tatanan yang utuh guna maksud-maksud tertentu. Menariknya lagi, dalam pemilihan dan penataan elemen-elemen interior nantinya akan menjadi pola tiga dimensi sesuai dengan garis-garis besar fungsi, estetika beserta perilakunya.

Harga Borongan Interior Per Meter

Daftar Harga Borongan Interior Per Meter

Seperti halnya harga borongan bangunan plus material pada umumnya, besaran harga jasa borongan interior per meter juga pastinya akan berbeda untuk beberapa wilayah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya besaran harga jasa borongan pekerjaan interior per meternya sendiri akan dipengaruhi oleh beberapa hal.

Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pengerjaannya. Secara garis besarnya, pekerjaan interior bangunan ini diisi oleh beberapa furniture atau perabotan rumah tangga yang akan menunjang nila estetika pada sebuah ruangan.

Maka dari itu, pemilihan jenis material dalam pembuatan komponen pada interior juga akan memengaruhi besaran harga borongannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai harga borongan interior per meter untuk semua jenis pekerjaannya.

Jenis PekerjaanSatuanHarga Borongan
Kitchen Setper meter lariRp 1.950.000
Lemari Baju / Pakaian / Wardrobeper meter persegiRp 1.950.000
Walk In Closet Tanpa Pintuper meter persegiRp 1.850.000
Walk In Closet dengan Pintuper meter persegiRp 1.950.000
Divan / Ranjang Tanpa Laciper meter persegiRp 1.850.000
Divan / Ranjang dengan Laciper meter persegiRp 1.950.000
Divan Lipat / Ranjang Lipatper meter persegiRp 3.550.000
Headboard Divanper meter persegiRp 950.000 – Rp 1.250.000
Meja Riasper meter lariRp 1.850.000
Nakas / Drawerper setRp 1.250.000
Lemari TV / Credenza TVper meter lariRp 1.850.000
Backdrop TV / Panel Dindingper meter pesegiRp 950.000
Hambalan / Rak / Rak Panjangper meter lariRp 550.000
Coffe Tableper setRp 1.250.000 – Rp 1.500.000
Partisi Pembatas Ruanganper meter persegiRp 950.000 – Rp 1.250.000
Wall Treatment / Wall Panelper meter persegiRp 1.250.000 – Rp 1.550.000
Wall Moulding / Wall Decoratifper meterRp 450.000
Meja Makanper meter lariRp 1.850.000
Kursi Tamuper setRp 650.000
Meja Receptionist / Meja Customer Service / Meja Kasirper meter lariRp 1.950.000
Meja Kantor / Meja Kerjaper meter lariRp 1.550.000 – Rp 1.750.000
Sofa Customper meter lariRp 2.450.000
Puff / Benchper meter lariRp 900.000
Desain 3D / Desain 3D Interior Ruanganper projectRp 450.000
Revisi HPL / Pelapisan HPL Ulangper meter persegiRp 250.000
Harga borongan pekerjaan interior per meter di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan jasa kontraktor atau pemborong.

Cara Menghitung Borongan Interior

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan interior per meter untuk semua jenis pekerjaannya, entah itu dari ongkos tenaga kerja hingga kebutuhan materialnya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengetahui bagaimana perhitungan ongkos borongan pekerjaan interior.

Sebenarnya, tata cara menghitung ongkos borongan interior hampir sama seperti saat kalian ingin menghitung biaya pembuatan kitchen set. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung borongan pekerjaan interior.

Luas Pekerjaan

Langkah pertama, tentunya kalian harus mengetahui jenis serta volume pekerjaan interior yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan membuat backdrop TV atau panel dinding pada ruang tamu dengan ukuran 2 m x 1.5 m, maka tata cara menghitung volume pekerjaannya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Luas pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Luas pekerjaan : 2 m x 1.5 m = 3 m2.

Ongkos Borongan

Kemudian tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung total ongkos atau upah pekerja untuk membuat backdrop TV seluas 3 meter persegi menggunakan pekerja sistem borongan. Caranya yaitu dengan mengalikan luas pekerjaan backdrop TV dengan harga borongan interior per meter perseginya.

  • Ongkos borongan : Luas pekerjaan x Harga borongan.
  • Ongkos borongan : 3 m2 x Rp 950.000 = Rp 2.850.000.

Dari data perhitungan di atas, total kebutuhan anggaran biaya untuk membuat backdrop TV atau panel dinding berukuran 2 m x 1.5 m untuk ruang tamu menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 2.850.000. Perlu diingat, di dalam besaran ongkos borongan tersebut sudah mencakup beberapa hal seperti ongkos pekerja hingga kebutuhan bahan materialnya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan interior per meter untuk semua jenis pekerjaan dilengkapi dengan contoh perhitungannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin melakukan pekerjaan interior menggunakan sistem tenaga kerja borongan.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.