Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kitchen Set Per Meter

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kitchen Set

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kitchen Set – Seperti diketahui, kitchen set merupakan sebuah perangkat berbentuk kabinet yang mempunyai fungsi cukup penting dalam sebuah hunian. Dimana komponen tersebut berguna sebagai area tempat penyimpanan segala macam peralatan yang ada di dapur rumah.

Bagi sebagian besar orang, keberadaan kitchen set merupakan sebuah hal yang harus ada di sebuah hunian. Secara garis besar, kitchen set umumnya terdiri dari beberapa komponen, mulai dari kabinet bawah dan atas, top table atau meja dapur sampai backsplash.

Akan tetapi, beberapa orang berpendapat bahwa membuat kitchen set di rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, sebenarnya jika proses pembuatannya dilakukan dengan perhitungan matang sejak awal, maka kalian bisa meminimalisir adanya kelebihan ataupun pembengkakan dana.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak membuat dapur impian dengan kitchen set di dalamnya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara menghitung biayanya. Nah, untuk membantunya kali ini penulis akan memberikan penjelasan terkait cara menghitung biaya pembuatan kitchen set, entah itu dari aluminium, HPL dan lain sebagainya.

Tahapan Membuat Kitchen Set

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menghitung biaya pembuatan kitchen set lebih lanjut, ada baiknya pahami tahapan-tahapan atau alur pembuatannya terlebih dahulu. Seperti dijelaskan sebelumnya, supaya proses pembuatan kitchen set bisa berjalan lancar, maka kalian perlu mempersiapkannya dengan matang sejak awal.

Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja perhatikan baik-baik tahapan-tahapan ataupun prosedur yang akan dilalui dalam proses pembuatan kitchen set di bawah ini.

1. Mengukur Ruangan

Tahapan pembuatan kitchen set pertama yaitu terkait ukurannya. Hitunglah ukuran ruangan atau tempat peletakkan kitchen set tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, baik itu dari segi panjang, lebar serta tingginya. Selain itu, tentukan juga bentuk kitchen set yang akan digunakan.

2. Memilih Material Kitchen Set

Kemudian memikirkan pemilihan kebutuhan material pembuatan kitchen set juga perlu dipertimbangkan. Dimana kalian bisa membuat kitchen set dengan desain sederhana, minimalis ataupun mewah. Dari konsep itulah kalian bisa menentukan material pembuatannya mulai dari awal hingga tahap finishing.

3. Menghitung Kebutuhan Kitchen Set

Poin penting terakhir yaitu menghitung kebutuhan pembuatan kitchen set, baik itu dari segi biaya ataupun materialnya. Perlu diketahui, satuan yang digunakan dalam menghitung pembuatan kitchen set yaitu meter lari. Dimana kalian hanya perlu menghitung ukuran panjangnya saja.

Kebutuhan Komponen Pembuatan Kitchen Set

Setelah mengetahui tahapan-tahapan pembuatan kitchen set di rumah, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja kebutuhan komponennya. Nantinya perhitungan kebutuhan komponen ini juga akan diperlukan ketika menghitung biaya pembuatan kitchen set.

Seperti dijelaskan di sebelumnya, proses pembuatan kitchen set terdiri dari beberapa komponen, mulai dari kabinet bawah dan atas, top table sampai backplash. Agar lebih jelasnya, berikut adalah rincian perhitungan kebutuhan komponen pembuatan kitchen set.

1. Kabinet Bawah

Pertama-tama, silahkan ukur panjang kabinet bawah kitchen set. Misalkan kalian akan membuat kabinet bawah kitchen set dengan ukuran kanan 4 meter dan kiri 2 meter serta lebar 0.6 meter. Dari data tersebut maka cara menghitungnya yaitu 4 m + 2 m – 0.6 m = 5.4 meter lari.

2. Kabinet Atas

Kemudian untuk kabinet atas kitchen set juga sebenarnya perhitungannya sama seperti bagian bawah. Sebagai contoh ukuran kabinet atas sama dengan bagian bawah yaitu panjang sisi kanan 4 meter dan sisi kiri 2 meter. Akan tetapi, untuk lebar kabinet atas dibuat menjadi 0.3 meter agar tidak terlalu menonjol. Jadi cara menghitung total kebutuhannya yaitu 4 m + 2 m – 0.3 m = 5.7 meter lari.

3. Meja Dapur

Setelah itu dalam tata cara menghitung biaya pembuatan kitchen set juga perlu mempertimbangkan bagian top table atau meja dapur. Namun, secara garis besar perhitungan kebutuhan top table ini akan sama dengan ukuran kabinet bawah, yaitu sebesar 5.4 meter lari.

4. Backsplash

Kemudian langkah terakhir yaitu tinggal menghitung panjang backsplash atau area antara kabinet atas dan kabinet bawah. Dimana backsplas sendiri berguna sebagai pelindung dinding kitchen set. Cara menghitungnya sendiri sebenarnya sangat mudah, yaitu hanya menjumlahkan kedua sisi dinding, yakni 4 m + 2 m = 6 meter lari.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kitchen Set

Cara Menghitung Anggaran Biaya Pembuatan Kitchen Set

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan komponen material pembuatan kitchen set. Nah, jika sudah mengetahui semua total kebutuhannya, maka tibalah saatnya untuk membahas terkait estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membuat kitchen set tersebut.

Dengan kata lain, asumsi perhitungan kebutuhan material pembuatan kitchen set di atas akan sangat berpengaruh terhadap poin kali ini, dalam artian cara menghitung biaya pembuatan kitchen set. Namun, sebelum melanjutkannya sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa harga kitchen set per meter larinya.

Dimana rata-rata harga kitchen set per meter lari saat ini yaitu sekitar Rp 1.500.000 sampai Rp 4.000.000, tergantung pada bahan, desain serta perlengkapannya. Mengacu pada asumsi perhitungan kebutuhan material pembuatan kitchen set di atas, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar perhitungan di bawah ini.

  • Kabinet Bawah : HPL Rp 1.500.000 Per Meter
    • Harga HPL x Ukuran kabinet bawah.
    • Rp 1.500.000 x 5.4 m = Rp 8.100.000.
  • Kabinet Atas : HPL Rp 1.400.000 Per Meter
    • Harga HPL x Ukuran kabinet atas.
    • Rp 1.400.000 x 5.7 m = Rp 7.980.000.
  • Top Table : Granit Rp 1.200.000 Per Meter
    • Harga granit x Ukuran top table.
    • Rp 1.200.000 x 5.4 m = Rp 6.480.000.
  • Backsplash : Keramik Rp 500.000 Per Meter
    • Harga keramik x Ukuran backsplash.
    • Rp 500.000 x 6 m = Rp 3.000.000.
  • Total biaya pembuatan kitchen set : Rp 25.560.000.

Dari pembahasan cara menghitung biaya pembuatan kitchen set di atas, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran dana sebesar Rp 25.560.000. Namun, saran kami sebaiknya siapkan anggaran biaya melebihi estimasi di atas untuk berjaga-jaga apabila nantinya harga material pembuatan kitchen set di pasaran mengalami kenaikan.

Selain itu, carilah pekerja bangunan yang menawarkan jasa pembuatan kitchen set berpengalaman, entah itu dari segi kepopuleran nama ataupun ulasan dari orang lain. Jika masih bingung, sebaiknya minta saran kepada teman dimana tempat penyedia jasa pembuatan kitchen terbaik di daerah kalian.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran biaya pembuatan kitchen set sebenarnya tergantung pada harga pemasangan HPL sebagai material atau bahan dasarnya. Selain itu, ukuran, model serta konsep kitchen set juga nantinya bisa mempengaruhi besar kecilnya anggaran biaya pembuatannya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung biaya pembuatan kitchen set untuk semua ukuran dan model, baik itu dari tahap awal hingga finishing. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung total biaya pembuatan kitchen set di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *