Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Buat Dapur Type 36

Biaya Buat Dapur Type 36

Biaya Buat Dapur Type 36 – Memiliki dapur bergaya minimalis modern sangat pas untuk rumah mungil seperti type 36. Pasalnya, tampilan minimalis tersebut dapat membuat dapur yang sebelumnya terkesan penuh dan pengap menjadi lebih nyaman serta bersih untuk ditempati.

Namun, untuk mewujudkan itu semua diperlukan adanya perhitungan biaya pembangunan serta penataan ruang dengan mayang sejak awal. Selain itu, pemilihan perabotan dapur seperti rak-rak, tempat piring, wadah bumbu dan lain sebagainya juga perlu diperhatikan.

Oleh karena itu, jika kalian berencana membangun atau merenovasi dapur minimalis type 36, ada baiknya buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) terlebih dahulu. Dengan adanya RAB tersebut membantu kalian untuk memperkirakan besaran dana yang perlu dipersiapkan untuk proses pembangunannya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai perhitungan biaya buat dapur type 36 mulai dari kebutuhan material hingga upah pekerjanya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak baik-baik perhitungan biaya pembangunan dapur type 36.

Tips Membuat Dapur Type 36

Tips Membuat Dapur Type 36

Seperti dijelaskan di atas, di dalam membuat atau merenovasi sebuah dapur type 36, terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Maka dari itu, sebelum membahas biaya buat dapur type 36 lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa poin pentingnya di bawah ini.

1. Prioritaskan Cat Dinding dan Kabinet Dapur

Apabila anggaran dana terbatas, kami sarankan untuk memprioritaskan pengecatan dinding dan kabinet dapur terlebih dahulu. Jika kedua bidang tersebut mampu di modifikasi secara optimal, maka bisa menghasilkan perbedaan signifikan pada dapur. Namun, sebaiknya pilihlah KITCHEN SET minimalis sehingga bisa menghemat anggaran dana pembangunannya.

2. Perhatikan Aksesoris Dapur

Gantilah aksesoris ataupun perkakas dapur sudah tidak layak pakai atau bahkan seharusnya dibuang saja. Jika kalian menambahkan aksesoris baru dengan warna seragam, tentunya akan membuat tampilan dapur semakin estetik dan menarik. Selain itu, agar kesan elegan bisa tercipta, tambahkan pernak-pernik dekorasi di sekitar dapur.

3. Atur Sistem Penerangan

Meskipun dapur type 36 tidak terlalu luas, namun keberadaannya mampu membuat penghuninya merasa nyaman apabila sistem penerangannya tepat. Tambahkan beberapa lampu bertegangan standar supaya dapur terlihat lebih cerah. Intensitas cahaya di ruangan dapur mampu memberikan suasana nyaman serta enak dipandang.

4. Sediakan Cooker Hood

Jika dapur type 36 memiliki kapasitas minim dengan sistem ventilasi udara kurang terbuka, penambahan cooker hood sangat kami sarankan. Cooker hood berguna sebagai penyedot udara hasil masakan sehingga dapat keluar dari atap rumah secara otomatis. Namun, tentunya penerapan cooker hood akan menambah biaya dalam proses buat dapur type 36.

5. Penataan Perkakas Dapur

Poin terakhir dalam membuat rumah type 36 yaitu penataan perkakas atau perabotannya. Saran kami sebaiknya hindari penyimpanan perkakas dapur seperti pisau, piring dan lain sebagainya secara sembarangan agar terhindar dari jangkauan anak-anak.

Kalian juga bisa menambahkan rak kecil sebagai tempat meletakkan perkakas utama yang sering digunakan ketika sedang memasak di dapur. Jangan lupa tambahkan satu meja di dekat wastafel agar aktivitas memasak semakin mudah dalam menjangkau aksesoris lainnya.

Biaya Buat Dapur Type 36

Setelah mengetahui beberapa poin penting dalam proses pembuatan dapur type 36, selanjutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana tata cara menghitung kebutuhan biaya pembangunannya. Ketika membangun atau merenovasi dapur type 36, terdapat beberapa elemen penting yang harus dipertimbangkan, yaitu kebutuhan material hingga ongkos pekerjanya.

Sebenarnya dapur type 36 tersebut ukurannya tidak jauh berbeda dengan DAPUR KONTRAKAN 3 PETAK, hanya saja penataan ruang di dapur type 36 ini terasa lebih luas. Daripada penasaran berapa biaya buat dapur type 36, simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

1. Kebutuhan Bahan Material

Kebutuhan Bahan Material

Bahan material bangunan tentunya menjadi elemen penting utama dalam proses pembuatan dapur type 36. Mengingat dapur tersebut ruangannya tidak terlalu luas, maka kebutuhan bahan materialnya tidak akan terlalu banyak. Nah, di bawah ini adalah contoh RAB kebutuhan material dapur type 36.

Bahan BangunanBiaya
Bata ringan 2 kubikRp 1.400.000
Semen khusus bata ringan 2 sakRp 120.000
Kayu atap gentengRp 300.000
Genteng 300 pcsRp 600.000
Keramik 10 dusRp 450.000
Semen keramikRp 120.000
PasirRp 200.000
TOTALRp 3.190.000

2. Ongkos Tukang Bangunan

Ongkos Tukang Bangunan

Selain bahan material bangunan, kalian juga harus mempersiapkan biaya guna membayar ongkos pekerjanya. Proses pengerjaan pembuatan dapur type 36 ini harus ditargetkan selesai dalam jangka waktu 2 hari sampai 3 hari.

Pasalnya, dapur minimalis tidak akan memakan ukuran ruangan terlalu besar serta perancangannya juga mudah dan cepat. Kalian bisa menganggarkan biaya untuk upah pekerja sebesar Rp 1.500.000.

3. Biaya Lainnya

Biaya Lainnya

Didalam perhitungan biaya buat dapur type 36, terdapat juga biaya lainnya untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu di luar dugaan pada saat proses pembangunan sedang berlangsung.

Kalian bisa mempersiapkan biaya lainnya sebesar 10% dari total biaya pembuatan dapur type 36. Berikut adalah tata cara menghitungnya.

  • Biaya lainnya : 10% x Total biaya pembangunan
  • Biaya lainnya : 10% x Rp 4.690.000 = Rp 469.000

Jadi, dari data perhitungan di atas total biaya buat dapur type 36 yaitu kurang lebih sekitar Rp 5.159.000.

Hal Penting Setelah Membuat Dapur Type 36

Hal Penting Setelah Membuat Dapur Type 36

Setelah pembangunan dapur type 36 selesai, rapikan semua aksesoris ataupun perkakas dapur dengan baik. Jangan pernah meletakkan benda-benda tajam pada area yang mudah di jangkau oleh anak-anak agar mereka bisa terhindar dari cedera.

Lemari dapur atau kitchen set juga bisa ditutup menggunakan gordyn berwarna senada dengan konsep dapur. Hal tersebut bertujuan agar anak kecil tidak bisa membuka lemari peralatan dapur sehingga tidak rusak atau bahkan hancur.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa anggaran dana untuk membuat atau merenovasi dapur type 36 kurang dari Rp 10 jutaan. Asalkan dapur tersebut didesain dengan sederhana serta hanya menggunakan peralatan atau perkakas minimalis.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya buat dapur type 36 mulai dari kebutuhan material hingga ongkos para pekerjanya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memulai membangun dapur impian.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *