Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Desain Dapur Kontrakan 3 Petak

Desain Dapur Kontrakan 3 Petak

Desain Dapur Kontrakan 3 Petak – Sebagian orang yang baru mulai berkeluarga atau baru mendaptkan pekerjaan, menyewa rumah 3 petak menjadi solusi ketika hendak mencari rumah tinggal. Terlebih lagi, harga sewa kontrakan 3 petak cukup terjangkau sehingga menjadi keuntungan tersendiri.

Salah satu ruangan penting pada sebuah rumah kontrakan 3 petak yaitu dapur. Memang benar jika dahulu dapur hanya berfungsi sebagai tempat untuk memasak ataupun menyantap hidangan, namun, seiring berjalannya waktu kini dapur dianggap sebagai jantung rumah.

Oleh sebab itu, menata atau mendekorasi dapur kontrakan 3 petak penting untuk dilakukan agar ruangan tersebut terasa lebih nyaman serta terkesan menarik. Tentunya penataan tersebut juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena harus mempertimbangkan beberapa faktor penting.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa model atau desain dapur kontrakan 3 petak yang dapat dijadikan inspirasi. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik pembahasan di bawah ini.

Ukuran Dapur Kontrakan 3 Petak

Ukuran Dapur Kontrakan 3 Petak

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berapa ukuran dari dapur kontrakan 3 petak. Umumnya RUMAH KONTRAKAN SEDERHANA dibangun dengan total luas bangunan antara 20 meter persegi hingga 35 meter persegi.

Jadi, dapur kontrakan tersebut biasanya akan mendapatkan ruangan kurang lebih 2 x 2 meter persegi. Meskipun ukurannya tergolong kecil, namun bukan berarti akan menghambat kreativitas ketika hendak mendekorasinya.

Desain Dapur Kontrakan 3 Petak

Karena ukurannya tesebut kalian harus memanfaatkan dengan baik semua fungsi ruangan, termasuk dapur rumah. Oleh sebab itu, berikut kami berikan beberapa ide model serta desain dapur kontrakan 3 petak yang dapat dijadikan inspirasi.

1. Desain Dapur Bertema Kontemporer

Desain Dapur Bertema Kontemporer

Desain dapur pertama ini merupakan perpaduan antara beberapa sejumlah furnitur dan perlengkapan memasak sederhana berwarna hitam. Jadi kalian dapat menggunakan furnitur seperti kursi makan, corong lampu, keran air serta panci berwarna kontemporer atau hitam.

2. Desain Dapur Hemat Penggunaan Lampu

Desain Dapur Hemat Penggunaan Lampu

Karena dapur rumah kontrakan 3 petak memiliki ukuran cukup terbatas, maka gunakanlah beberapa perlengkapan memasak serta furnitur minimalis. Selain itu, pasang jendela besar di sampingnya agar cahaya matahari dapat masuk dengan baik.

3. Desain Dapur Bertema Abu-Abu

Desain Dapur Bertema Abu-Abu

Ide desain dapur kontrakan 3 petak selanjutnya ini didominasi oleh warna abu-abu dan putih. Warna abu-abu pada dapur tersebut mampu memberikan kesan modern serta tidak gampang kotor. Supaya penggunaan ruang dapur lebih efisien, pilihlah lemari minimalis sehingga akan menghemat ruangan.

4. Desain Dapur dengan Area Makan

Desain Dapur dengan Area Makan

Dapur ini memiliki deretan lemari yang juga berfungsi sebagai meja makan sehingga sangat cocok dengan rumah kontrakan 3 petak. Beberapa peralatan seperti piring serta gelas bisa diletakkan di rak-rak dinding. Sedangkan bahan makanan mentah dapat ditaruh di lemari bawah.

5. Desain Dapur Kontrakan Serba Putih

Desain Dapur Kontrakan Serba Putih

Sebenarnya dapur memang sudah terkenal dengan ruangan paling kotor karena digunakan sebagai tempat aktivitas memasak. Meskipun demikian bukan berarti dapur tidak boleh menggunakan warna bertema putih. Kalian tetap bisa menggunakan desain dapur kontrakan 3 petak warna putih asalkan memilih perabotan berbahan licin agar nantinya mudah dibersihkan.

6. Desain Dapur Kontrakan Minimalis

Desain Dapur Kontrakan Minimalis

Jika menginginkan dapur kontrakan minimalis, kalian bisa memadukan beberapa warna antara dinding dengan perabotan. Namun, pilihlah warna sesuai model rumah agar mampu memberikan kesan minimalis modern.

7. Desain Dapur Kontrakan Tema Ceria

Desain Dapur Kontrakan Tema Ceria

Kalian juga bisa membuat desain dapur kontrakan 3 petak bertema ceria. Kombinasikan beberapa warna untuk furnitur serta peralatan memasak sehingga mampu memberikan kesan semangat dan ceria. Gunakan pula beberapa perabotan seperti rak piring minimalis supaya dapat menghemat penggunaan ruang.

8. Desain Dapur Kontrakan Serba Kayu

Desain Dapur Kontrakan Serba Kayu

Desain dapur kontrakan selanjutnya didominasi oleh penggunaan furnitur dari kayu. Supaya ruangan dapur tersebut terasa lebih luas, buatlah pembatas cuci piring tidak terlalu tinggi. Selain itu, gunakanlah perlengkapan memasak minimalis sehingga akan terlihat seperti dapur modern.

9. Desain Dapur Kontrakan Bentuk L

Desain Dapur Kontrakan Bentuk L

Model dapur berbentuk L juga bisa digunakan untuk memaksimalkan ruangan kontrakan 3 petak. Desain ini tidak memerlukan terlalu banyak elemen sehingga akan lebih terlihat sederhana. Gunakan juga perabotan minimalis seperti rak piring gantung atau kabinet kitchen set.

10. Desain Dapur Kontrakan di Sela Dinding

Desain Dapur Kontrakan di Sela Dinding

Desain dapur kontrakan 3 petak selanjutnya berada di sela-sela dinding ruangan. Agar ruangan tersebut tidak tampak gelap ataupun kusam, gunakan furnitur berwarna putih dan perabotan dari kayu. Namun, kalian juga harus sering bersih-bersih agar dapur tidak cepat kotor.

Tips Menata Dapur Kontrakan 3 Petak

Tips Menata Dapur Kontrakan 3 Petak

Setelah mengetahui ide model dan desain dapur kontrakan 3 petak, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menatanya agar terlihat lebih menarik. Nah, di bawah ini akan kami berikan tips menata dapur kontrakan 3 petak supaya terasa nyaman.

  • Gunakan sisi dinding yang kosong sebagai tempat untuk menggantung barang serta peralatan dapur.
  • Gunakan area bagian bawah wastafel seabagai tempat untuk menyimpan alat kebersihan rumah ataupun tempat menaruh sampah.
  • Gunakan rak berbentuk vertikal sehingga akan tampak lebih fleksibel.
  • Manfaatkan keranjang sebagai pengganti kabinet atau kitchen set.
  • Bagi area kerja seperti area penyimpanan bahan makanan serta area penyimpanan perabotan dapur sehingga lebih terorganisir.
  • Atur sirkulasi udara di dalam dapur supaya tidak engap ataupun lembab.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan seputar desain dapur kontrakan 3 petak beserta tips menata ruangannya versi Epropertyrack. Maksimalkan dan kreasikanlah ruangan yang ada agar dapur terasa nyaman ketika digunakan untuk beraktivitas memasak ataupun menyantap hidangan. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan bersih-bersih secara rutin supaya dapur tidak terlihat kotor ataupun kusam.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *