Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Biaya Membuat Dapur Ukuran 3×3 2022 : Tenaga & Material

Biaya Membuat Dapur Ukuran 3x3 1
Advertisements

Biaya Membuat Dapur Ukuran 3×3 – Membuat dapur kecil bisa dijadikan sebagai solusi tepat buat kalian yang tinggal di sebuah kontrakan ataupun rumah sederhana. Dengan penataan serta perancangan yang tepat, ukuran dapur rumah yang terbatas bukanlah sebuah masalah, salah satunya yaitu dapur ukuran 3 meter x 3 meter.

Akan tetapi, pastinya supaya proses pembuatan dapur rumah minimalis tersebut dapat berjalan lancar sesuai rencana, maka kalian perlu menghitung semua kebutuhan anggaran biayanya. Dimana perhitungan anggaran biaya pembangunan sendiri tidak hanya dari segi ongkos pekerja bangunannya saja, namun juga kebutuhan materialnya.

Dapur ukuran 3×3 mungkin menjadi pilihan tepat, sebab jika menggunakan desain dan dekorasi yang tepat, dapur ukuran 3×3 mampu disajikan dengan konsep minimalis namun tetap memberikan sisi estetikanya. Terlebih lagi biaya pembuatan dapur minimalis sendiri terbilang murah sehingga bisa lebih menghemat budget pembangunan rumah.

Advertisements

Maka dari itu, apabila kalian berencana membangun dapur rumah ukuran 3×3, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai perhitungan biaya membuat dapur ukuran 3×3, entah itu dari segi ongkos pekerja maupun pembelian kebutuhan material.

Komponen Dapur Ukuran 3×3

Komponen Dapur Ukuran 3x3 1
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya membuat dapur ukuran 3×3 lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Perlu diketahui, dapur ukuran 3×3 dapat diartikan sebagai sebuah ruangan yang memiliki total luas bangunan sekitar 9 meter persegi, entah itu dalam bentuk memanjang, L dan lain sebagainya.

Dimana di dalam besaran biaya membuat dapur ukuran 3×3 sendiri sebenarnya tergantung pada jenis-jenis komponennya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap sejumlah komponen yang terdapat di dalam perhitungan anggaran biaya pembuatan dapur rumah ukuran 3×3.

  • Kabin Bawah : Bagian atau ruang berbahan dasar multiplex, kayu atau blockboard yang digunakan sebagai tempat meletakkan semua perabotan yang menyentuh lantai.
  • Kabin Atas : Ruang berbahan dasar HPL yang digunakan untuk meletakkan berbagai macam perabot menggantung atau menempel di dinding.
  • Top Table : Disebut juga sebagai meja dapur berbahan dasar seperti batu alam, marmer atau granit hingga solid surface untuk meracik makanan.
  • Blackspash : Bagian tembok atau dinding belakang di antara kabinet atas dan bawah menggunakan material seperti keramik, kaca, mozaik ataupun tembok biasa.

Biaya Membuat Dapur Ukuran 3×3

Setelah mengetahui beberapa kebutuhan komponen di dalam proses pembuatan dapur ukuran 3×3, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara perhitungan biayanya. Perlu diingat, model perhitungan anggaran biaya membuat dapur ukuran 3×3 ini mengacu pada dapur dengan tipe kitchen set berbentuk U yang mengisi 3 sisi dindingnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tipe atau jenis tersebut sangat cocok untuk dapur minimalis ukuran 3×3, entah itu dapur di dalam ataupun dapur di belakang rumah. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tabel rincian perhitungan biaya membuat dapur ukuran 3×3 mulai dari ongkos pekerja bangunan hingga pembelian kebutuhan bahan material pembangunannya.

1. Kabin Dapur

Jenis MaterialKeteranganBiaya
Kabin atasTergantung desain, ukuran fitting hingga tipe materialRp 7.500.000
Kabin bawahTergantung desain, ukuran fitting hingga tipe materialRp 8.500.000
TOTAL BIAYARp 16.000.000

2. Meja Dapur

Jenis MaterialKeteranganBiaya
Marmer / granitTergantung jenis granit dan ukuran panjang meja dapurRp 2.500.000 – Rp 7.500.000
Solid surfaceTergantung produsen lokal atau luar serta ukuran panjang meja dapurRp 2.000.000 – Rp 8.000.000
TOTAL BIAYADiambil dari estimasi biaya termahalRp 15.500.000

3. Blackspash

TipeKeteranganBiaya
KeramikBerdasarkan jenis keramik standar untuk dapurRp 2.000.000
MozaikBerdasarkan jenis bahan mozaik dan produsennyaRp 3.000.000
TOTAL BIAYARp 5.000.000

Dari perhitungan di atas, total kebutuhan anggaran biaya untuk membuat ukuran dapur 3×3 yaitu kurang lebih sekitar Rp 36.500.000. Apabila kalian ingin lebih menghemat anggaran dana, saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja sistem borongan. Pasalnya harga borongan kitchen set untuk dapur sendiri terbilang lebih murah dibandingkan pekerja sistem harian.

Dan kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran upah jasa dalam membuat dapur ukuran 3×3 di atas dapat berbeda di sejumlah wilayah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pembuatannya.

Tips Membuat Dapur ukuran 3×3

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya membuat dapur ukuran 3×3 untuk semua jenis dan tipe, entah itu dari ongkos jasa pekerja bangunan hingga pembelian kebutuhan materialnya. Nah, agar proses pembuatan dapur ukuran 3×3 berjalan lancar, berikut kami berikan sejumlah tips pembangunannya.

  • Tentukan tema dapur sesuai dengan konsep rumah.
  • Pilih perpaduan warna yang tepat.
  • Gunakan lebih sedikit perkakas pada dapur.
  • Pilihlah jenis rak dinding terbuka.
  • Kosongkan bagian tengah dapur.
  • Berikan pencahayaan alami.
  • Berikan sedikit sentuhan dekorasi.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini untuk membangun dapur minimalis tidak membutuhkan anggaran biaya terlalu besar. Pasalnya, kalian masih bisa menekan total anggaran dana pembuatan dapur dengan berbagai macam cara, asalkan perencanaan serta perancangannya sudah dilakukan dengan benar sejak awal.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar biaya membuat dapur ukuran 3×3 untuk semua jenis dan tipe, entah itu dari segi ongkos pekerja bangunan hingga biaya pembelian materialnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat dapur minimalis ukuran 3×3.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.