Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

5 Cara Menghitung Kebutuhan Cat Untuk Kamar 3×3 : Per Meter & Kg

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Untuk Kamar 3x3 1

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Untuk Kamar 3×3 – Supaya bisa mempercantik tampilan rumah, tentunya kalian perlu melakukan berbagai macam hal, salah satunya yaitu dengan mengecat dinding. Dimana dinding uang berwarna sendiri pastinya akan membuat tampilan rumah menjadi semakin menarik, entah itu pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar ataupun dapur.

Saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali cat tembok yang bagus untuk kamar. Namun, kalian tidak dapat memilih warna secara sembarangan, sebab bisa-bisa warna cat dinding tidak cocok dengan keseluruhan rumah. Selain itu, perhitungan total jumlah kebutuhan cat dinding juga sebenarnya penting untuk diperhatikan guna menghemat anggaran biaya pengeluarannya.

Pada intinya, penentuan jumlah cat harus sesuai supaya cat dinding tidak mengalami kekurangan ataupun kelebihan, termasuk untuk kamar berukuran 3 meter x 3 meter. Dengan prediksi jumlah kebutuhan yang tepat, tentunya kalian bisa memastikan berapa kisaran budget yang dibutuhkan untuk mengecat dinding kamar ukuran 3×3.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana mengecat kamar ukuran 3×3, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara menghitung kebutuhannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan cat untuk kamar 3×3, mulai dari material hingga biaya pembeliannya.

Kamar Ukuran 3×3

Kamar Ukuran 3x3 1

Sebelum membahas poin utama mengenai cara menghitung kebutuhan cat untuk kamar 3×3 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas tentang dimensi ruangan tersebut. Sesuai namanya, kamar ukuran 3×3 memiliki panjang ruangan 3 meter serta lebar 3 meter, artinya ruangan tersebut membentuk persegi.

perkakas

Kamar 3×3 sendiri merupakan ukuran ruangan yang ideal untuk keluarga kecil hingga sedang seperti pada rumah tipe 36, tipe 45 hingga tipe 60. Sementara untuk tinggi kamar sendiri sebenarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah, entah itu dibuat menjadi 3 meter atau bahkan 4 meter.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Untuk Kamar 3×3

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Untuk Kamar Ukuran 3x3 1

Setelah mengetahui ukuran kamar 3×3, maka selanjutnya yaitu tinggal masuk ke pembahasan utamanya, yaitu terkait perhitungan kebutuhan cat dindingnya. Perlu diketahui, sebenarnya pada pembahasan sebelumnya sudah pernah kami jelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan cat dinding untuk semua jenis ruangan.

Dimana untuk saat ini tata cara menghitung kebutuhan cat kamar 3×3 sendiri dapat dilakukan menjadi dua cara, yaitu perhitungan kebutuhan cat per meter persegi serta perhitungan kebutuhan cat untuk ruangan berjendela dan berpintu. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai berapa kilogram kebutuhan cat untuk kamar 3×3.

Menghitung Kebutuhan Cat Per Meter

Ketika hendak menghitung kebutuhan cat untuk kamar 3×3, tentunya kalian juga harus mengetahui berapa tinggi ruangannya dan standar penggunaan cat terlebih dahulu. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini kamar 3×3 umumnya dibuat pada rumah-rumah tipe 35, 45 atapun tipe 60 dengan tinggi sekitar 3 meter.

Sementara untuk standar penggunaan cat biasanya yaitu sekitar 10 sampai 12 m2/liter. Jadi, untuk kamar ukuran 3 meter x 3 meter dengan tinggi 3 meter memiliki total luas bangunan sekitar 36 meter persegi. Total luas 36 meter persegi ini didapatkan dari rumus (2 x (panjang + lebar ruangan)) x tinggi atau (2 x (3 m + 3 m)) x 3 m.

Nippon Paint

Setelah mendapatkan total luas ruangan kamar 3×3, maka cara selanjutnya yaitu tinggal menghitung jumlah kebutuhan cat dindingnya. Tata cara menghitungnya yaitu membagi luas ruangan kamar 3×3 dengan rata-rata penggunaan cat. Agar lebih jelasnya, berikut kami berikan secara lengkap cara menghitung kebutuhan cat per meter perseginya.

  • Kebutuhan cat : Luas kamar ÷ Rata-rata penggunaan cat.
  • Kebutuhan cat : 36 m2 ÷ 12 m2/liter = 3 liter.

Jadi, untuk mengecat ruangan kamar berukuran 3×3 m dengan tinggi 3 m membutuhkan cat sebanyak 3 liter. Sementara apabila kalian ingin melakukan pelapisan cat sebanyak 2 kali, maka kebutuhan cat dinding secara keseluruhannya yaitu sekitar 6 liter (2 x 3 liter). Karena berat jenis cat saat umumnya adalah 1.5 kg/L, maka untuk mengecat kamar 3×3 membutuhkan cat sebanyak 6 L x 1.5 kg/L = 9 kg atau 9 kaleng.

Menghitung Kebutuhan Cat Untuk Kamar Berjendela & Berpintu

Jika di atas menjelaskan tata cara menghitung kebutuhan cat kamar 3×3 per meter persegi tanpa memperhatikan pintu serta jendela, maka selanjutnya akan kami jelaskan perhitungan secara lebih detail. Perhitungan kebutuhan cat untuk kamar 3×3 ini akan memperhatikan jumlah luas pintu serta jendela di dalamnya.

Misalkan ruangan kamar berukuran 3 m x 3 m dengan tinggi 3 m memiliki satu pintu berukuran 1 m x 2 m serta dua jendela berukuran 1 m x 0.5 m, maka tata cara perhitungan total kebutuhan material pengecatannya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Luas kamar : (2 x (3 m + 3 m)) x 3 m = 36 m2.
  • Luas pintu : 1 m x 2 m = 2 m2.
  • Luas jendela : 2 m x 0.5 m = 1 m2.
  • Total luas kamar : Luas kamar – Luas pintu – Luas jendela.
  • Total luas kamar : 36 m2 – 2 m2 – 1 m2 = 33 m2.
  • Kebutuhan cat : 33 m2 ÷ 12 m2/liter = 2.75 liter.

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan cat untuk kamar 3×3 dengan satu pintu berukuran 1×2 dan dua jendela berukuran 1×0.5 membutuhkan cat sebanyak 2.75 liter untuk satu pelapisan atau 5.5 liter untuk dua pelapisan.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung kebutuhan cat untuk kamar 3×3 per meter persegi. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung total jumlah kebutuhan cat untuk kamar berukuran 3 m x 3 m.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.