Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok – Dinding atau tembok bangunan yang sudah jadi biasanya akan diberikan lapisan finishing supaya terlihat lebih rapi dan menarik. Salah satu jenis lapisan finishing yang paling sering digunakan pada struktur bangunan tersebut yaitu cat tembok.

Pada dasarnya, pekerjaan pengecatan tembok merupakan kegiatan susah-susah gampang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya mengecat tembok rumah dapat dilakukan sendiri atau juga bisa menggunakan jasa tenaga profesional seperti tukang cat.

Jika hendak menggunakan jasa tukang cat, alangkah baiknya kalian membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pekerjaan pengecatan dengan matang sejak awal. Jadi, dengan membuat RAB tersebut kalian bisa memperkirakan besaran biaya yang diperlukan untuk pekerjaan cat tembok di rumah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membantu kalian dalam menghitung harga borongan pekerjaan pengecatan tembok mulai dari ongkos tukang hingga pembelian kebutuhan material. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik pembasahan cara menghitung borongan cat tembok per meter di bawah ini.

Komponen Pekerjaan Cat Tembok

Komponen Pekerjaan Cat Tembok

Sebelum membahas cara menghitung borongan cat tembok lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu komponen-komponen beserta material yang masuk ke dalam perhitungan RAB. Adapun komponen-komponen pekerjaan pengecatan tembok tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Bahan Material Pengecatan

Kebutuhan utama dalam pekerjaan mengecat tembok rumah yaitu bahan materialnya. Saat ini kalian sudah bisa mendapatkan bahan material cat tembok dengan mudah di toko-toko material atau bangunan. Berikut adalah beberapa daftar material untuk pekerjaan pengecatan tembok.

  • Plamir.
  • Kertas gosok (ampelas).
  • Cat dasar.
  • Cat penutup.
  • Pengencer cat (air).
  • Roll cat.
  • Kuas cat.

Ketika hendak melakukan pengecatan interior hunian, sebaiknya pilihlah WARNA CAT BAGIAN DALAM sesuai dengan konsep rumah. Hal tersebut bertujuan agar nantinya hunian terasa nyaman dan tidak membosankan.

Pekerja Borongan

Selain kebutuhan material, kalian juga perlu memperhatikan pemilihan pekerja borongannya. Dalam pekerjaan pengecatan tembok skala besar, mungkin membutuhkan tukang lebih dari 1. Untuk lebih jelasnya, simak daftar pekerja borongan mengecat tembok di bawah ini.

  • Pekerja.
  • Tukang cat.
  • Kepala tukang.
  • Mandor.

Kepala tukang serta mandor bisa dihilangkan apabila pekerjaan pengecatan dalam skala kecil.

Rumus Perhitungan Borongan Cat Tembok

Rumus Perhitungan Borongan Cat Tembok

Ketika hendak menghitung harga borongan cat tembok rumah, tentunya kalian harus mengerti rumusnya terlebih dahulu. Perhitungan biaya mengecat rumah ini bukan hanya membantu pemilik rumah menghemat dana pengeluaran, tetapi juga bisa memperkirakan total waktu yang dibutuhkan untuk mengecat tembok.

Rumus

  • Luas dinding : (2 x Panjang x Tinggi ruang) + (2 x Lebar x Tinggi ruang).
  • Jika dinding memiliki jendela atau pintu, maka luas area : Luas dinding – Luas jendela/pintu.
  • Luas tembok per meter persegi : (Panjang x Tinggi dinding) – (Lebar kusen x tinggi kusen pintu) – (Lebar kusen x Tinggi kusen jendela).
  • Volume cat tembok : Luas bidang (dinding) / Daya sebar cat.

Pekerjaan mengecat tembok rumah memang sepintas terlihat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Namun, sebenarnya pekerjaan tersebut memerlukan keterampilan serta pengetahuan khusus sehingga sangat kami sarankan untuk meminta bantuan tukang cat profesional agar hasilnya dapat sesuai dengan harapan.

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

Setelah mengetahui rumus perhitungannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana langkah-langkah menghitungnya. Nah, berikut akan kami berikan tata cara menghitung borongan cat tembok rumah per meter perseginya.

Volume Pekerjaan Pengecatan Tembok

Volume Pekerjaan Pengecatan Tembok

Pertama-tama kalian harus menghitung volume pekerjaan pengecatan tembok terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan menghitung volume pengecatan tembok untuk kamar tidur berukuran 4 m x 3 m, maka perhitungannya yaitu sebagai berikut.

Diketahui :

  • Ukuran bangunan : 4 m x 4 m.
  • Tinggi dinding : 3.2 m.
  • Pintu : 1 buah pintu, kusen ukuran 1 m x 2.3 m.
  • Jendela : 1 buah, kusen ukuran 0.8 m x 1.2 m.

Perhitungan :

  • Luas total dinding (4 sisi) : 2 x (4 m x 3.2 m) + 2 x (4 m x 3.2 m) = 51.2 m2.
  • Luas pintu : 1 x (1 m x 2.3 m) = 2.3 m2.
  • Luas jendela : 1 x (0.8 m x 1.2 m) = 0.96 m2.
  • Luas tembok : 51.2 – 2.3 – 0.96 = 47.94 m2.

Jadi, total volume pekerjaan pengecatan tembok untuk ruangan kamar ukuran 4 m x 4 m yaitu sekitar 47.94 meter persegi.

Harga Borongan Cat Tembok

Harga Borongan Cat Tembok

Tahap selanjutnya yaitu mengalikan luas tembok dengan harga borongan cat tembok per meter persegi. Sebagai contoh harga borongan cat tembok saat ini yaitu sekitar Rp 25.000 per meter perseginya, maka cara menghitungnya yaitu seperti berikut ini.

  • Biaya tembok : Luas tembok x Harga borongan per m2.
  • Biaya tembok : 47.94 m2 x Rp 25.000 = Rp 1.198.500.

Dari perhitungan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mengecat ruangan kamar berukuran 4 m x 4 m membutuhkan biaya total pengecatan tembok baru sekitar Rp 1.198.500.

Biaya Kebutuhan Material Cat Tembok

Biaya Kebutuhan Material Cat Tembok

Setelah mengetahui total kebutuhan biaya untuk ongkos pekerja atau tukang cat, selanjutnya kalian juga harus menghitung total biaya pembelian materialnya. Umumnya satu kaleng cat ukuran 2.5 liter dapat digunakan untuk mengecat tembok seluas 27 meter persegi. Maka untuk ruangan seluas 50 meter persegi minimal membutuhkan 2 kaleng cat tembok.

Namun, karena pengecatan dilakukan dua kali atau dua lapis, setidaknya kalian perlu membeli sekitar 4 kaleng cat. Sebagai contoh HARGA CAT TEMBOK berkualitas saat ini sekitar Rp 250.000, maka kalian perlu mempersiapkan biaya sekitar 4 kaleng x Rp 250.000 = Rp 1.000.000.

Sementara itu, kalian juga perlu mempersiapkan peralatan pengecatan tambahan seperti roll dan kuas cat. Biasanya peralatan tersebut bisa didapatkan di beberapa toko bangunan atau material dengan harga masing-masing Rp 60.000 serta Rp 45.000.

Tips Mengecat Tembok Rumah Terbaik

Tips Mengecat Tembok Rumah Terbaik

Di atas sudah kami jelaskan tata cara menghitung borongan cat tembok rumah per meter perseginya. Agar hasil akhir bisa sesuai dengan harapan, sebaiknya ikuti beberapa tips mengecat tembok rumah terbaik berikut ini.

  • Bersihkan tembok dari kotoran yang masih menempel seperti debu.
  • Tutup semua stop kontak pada dinding menggunakan selotip ataupun lakban.
  • Pastikan dinding dalam kondisi steril, dalam artian tidak mengandung air ataupun minyak.
  • Tambal dinding berlubang menggunakan plamir atau dempul.
  • Gunakan cat putih sebagai warna dasar tembok.

Akhir Kata

Dari cara perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya untuk ongkos pekerja borongan pengecatan tembok tergantung dengan luas ruangannya. Semakin luas ukuran ruangan, maka akan semakin mahal pula dana yang perlu dipersiapkan.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung borongan cat tembok rumah per meter mulai dari volume pekerjaan hingga harga borongan pekerjanya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengecat tembok di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

6 Replies to “Cara Menghitung Borongan Cat Tembok”

  1. Makasih yah mba Jihan, saya sangat terbantu dengan informasi dari anda, saya baru mau mulai usaha, baru aja dapet borongan cat, jazakumullah khoiran katsiron, semoga Dia Yang Maha dari segala Maha akan memberikan kebaikan kepada Anda, amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *