Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Vinyl Lantai Per Meter

Harga Borongan Vinyl Lantai Per Meter

Harga Borongan Vinyl Lantai Per Meter – Salah satu bagian dari sebuah hunian yang mampu menambah kesan cantik dan indah di setiap sudutnya yaitu material lantai. Di lain sisi, lantai suatu bangunan juga harus dibuat sekuat mungkin karena nantinya akan ditumpangi barang serta diinjak penghuninya setiap hari.

Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak pilihan material yang bisa digunakan sebagai pelapis lantai suatu hunian, salah satunya yaitu vinyl lantai. Dimana vinyl lantai dapat dijadikan sebagai alternatif pelapis lantai dengan harga lebih terjangkau dibandingkan material keramik ataupun ubin.

Tidak hanya itu, keunggulan lainnya dari vinyl lantai yaitu tahan terhadap air dan anti rayap sehingga cocok digunakan baik itu di dalam ruangan ataupun luar ruangan. Menariknya lagi, di Indonesia sendiri kini sudah tersedia banyak sekali kontraktor yang menawarkan jasa pemasangan vinyl lantai.

Akan tetapi, pastinya pekerja borongan atau kontraktor tersebut memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jasa borongan pemasangan lantai vinyl. Oleh karena itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai daftar harga borongan vinyl lantai per meter untuk semua jenis serta ukurannya.

Apa Itu Vinyl Lantai?

Apa Itu Vinyl Lantai

Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan vinyl lantai per meter berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Secara garis besar, lantai vinyl merupakan bahan lantai sintetis dengan sifat tahan lama, tahan terhadap cuaca serta mudah dalam proses pemasangannya.

Menurut beberapa orang, kini bahan vinyl mampu menggantikan posisi keramik dan ubin sebagai material pelapis lantai. Selain itu, vinyl lantai di pasaran juga sudah tersedia dalam berbagai macam pilihan motif, mulai dari motif kayu, zig zag, abu gelap, polos, beton dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Vinyl Lantai

Kelebihan dan Kekurangan Vinyl Lantai

Sebagaimana diketahui, setiap bahan material bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk vinyl lantai. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasang vinyl lantai, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangan material tersebut.

Kelebihan

  • Harga vinyl lantai cukup terjangkau.
  • Proses pemasangannya tergolong mudah.
  • Mampu memberikan tampilan menarik.
  • Nyaman jika diinjak.
  • Tahan terhadap noda layaknya lantai marmer.
  • Memiliki sifat awet dan tahan lama.
  • Memiliki permukaan lebih halus.
  • Proses perawatan lantai vinyl tergolong mudah.
  • Tahan terhadap berbagai macam kondisi cuaca.

Kekurangan

  • Mudah copot atau mengelupas apabila proses pemasangannya kurang maksimal.
  • Permukaannya mudah rentan serta rentan terhadap benda-benda tajam.
  • Kurang cocok bagi seseorang yang sensitif terhadap bahan mengandung VOC.
  • Permukaan lantai vinyl bisa mengalami perubahan warna.

Harga Borongan Vinyl Lantai Per Meter

Daftar Harga Borongan Vinyl Lantai Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN EPOXY LANTAI, besaran harga borongan vinyl lantai per meter biasanya akan sedikit berbeda di beberapa daerah atau wilayah. Biasanya perbedaan tarif jasa tenaga borongan tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Meskipun demikian, selisih perbedaan harga borongan dalam pemasangan vinyl lantai sebenarnya tidak akan terlalu jauh, yaitu berada di kisaran Rp 60.000 sampai Rp 75.000 per meter perseginya. Perlu diingat bahwa besaran tarif borongan tersebut hanya berupa ongkos tenaga kerja saja, belum termasuk pembelian bahan material vinyl.

Dengan kata lain kontraktor ataupun pemborong hanya menyediakan tenaga kerjanya saja, sementara materialnya pemilik rumah harus mencarinya sendiri. Jangan khawatir karena saat ini material lantai vinyl sudah banyak tersedia di pasaran dengan beragam pilihan warna, model hingga motif.

Cara Menghitung Biaya Pasang Vinyl Lantai

Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui besaran harga borongan vinyl lantai per meter, namun tidak mengetahui bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya. Sebenarnya, perhitungan biaya pemasangan vinyl lantai hampir sama seperti saat hendak MENGHITUNG KEBUTUHAN KERAMIK LANTAI 40X40.

Pasalnya, kalian harus mencari tahu volume atau luas bidang pekerjaan lantai yang akan dipasangi vinyl terlebih dahulu. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung biaya pemasangan vinyl lantai menggunakan pekerja borongan berikut ini.

Volume Pekerjaan Lantai

Volume Pekerjaan Lantai

Tahap pertama dalam perhitungan biaya pemasangan vinyl yaitu mencari tahu luas atau volume bidang pekerjaan lantai. Sebagai contoh kalian akan memasang vinyl lantai pada ruang keluarga sepanjang 6 meter serta lebar 5 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 6 m.
  • Lebar ruangan : 5 m.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan lantai : Panjang x Lebar.
  • Volume pekerjaan lantai : 6 m x 5 m = 30 m2.

Biaya Pasang Vinyl

Biaya Pasang Vinyl

Langkah berikutnya yaitu menghitung total biaya pemasangan vinyl lantai pada ruangan seluas 30 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu hanya mengalikan luas pekerjaan dengan harga borongan pemasangan vinyl lantai per meter perseginya.

  • Biaya pasang vinyl : Volume pekerjaan lantai x Harga borongan.
  • Biaya pasang vinyl : 30 m2 x Rp 60.000 = Rp 1.800.000.

Dari data perhitungan tersebut, total biaya untuk memasang vinyl lantai pada ruangan berukuran 6 m x 5 m menggunakan pekerja borongan yaitu sekitar Rp 1.800.000. Kami tekankan sekali lagi bahwa besaran biaya tersebut hanya mencakup ongkos tenaga kerja borongannya saja, belum termasuk pembelian material lantai vinyl.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa besaran tarif borongan dalam pemasangan lantai vinyl dihitung dengan satuan per meter persegi. Selain itu, kebanyakan para kontraktor atau pemborong pemasangan vinyl lantai di sejumlah wilayah hanya menyediakan tenaga kerjanya saja.

Demikian penjelasan seputar rincian harga borongan vinyl lantai per meter disertai tata cara menghitung biaya pemasangannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai gambaran ketika hendak memasang lantai vinyl menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Vinyl Lantai Per Meter

IDR 60000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *