Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Keramik Lantai 40×40

Cara Menghitung Keramik Lantai 40x40

Cara Menghitung Keramik Lantai 40×40 – Memilih keramik lantai termasuk ke dalam proses yang tidak pernah luput dari perhatian pada saat membangun sebuah hunian. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab keramik lantai memiliki peran penting dalam mempercantik tampilan ruangan.

Kuat, aman, tahan lama, tahan gores, dapat menyerap panas serta mudah dibersihkan menjadi beberapa kriteria ideal dalam memilih sebuah keramik lantai pada rumah. Selain itu, pemilihan ukuran keramik lantai juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan sehingga diperlukan adanya pertimbangan dengan matang.

Berbicara mengenai keramik lantai, salah satu ukuran kerap digunakan di rumah-rumah minimalis ataupun gedung perkantoran yaitu keramik ukuran 40 cm x 40 cm. Salah satu alasan mengapa keramik ukuran tersebut lebih banyak dipilih dibandingkan ukuran lainnya yaitu karena harganya sedikit lebih terjangkau.

Bagi kalian yang berencana untuk membeli keramik ukuran 40×40 sebagai material finishing lantai, alangkah baiknya hitung terlebih dahulu total kebutuhannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung keramik lantai 40×40 mulai dari kebutuhan material hingga rincian biaya pembeliannya.

Karakteristik Keramik Lantai 40×40

Karakteristik Keramik Lantai 40x40

Sebelum membahas cara menghitung keramik lantai 40×40 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu karakteristik material tersebut. Secara umum, keramik lantai 40×40 mampu memberikan kesan klasik, alami dan tampilan desain minimalis pada interior maupun eksterior rumah.

Lantai keramik tergolong ideal karena bahan dasar pembuatannya relatif kuat dan tahan lama serta tahan terhadap air. Di sisi lain, keramik lantai 40×40 juga sangat cocok diaplikasikan pada rumah-rumah beriklim tropis sehingga muncul kesan dingin dan sejuk saat dipijak.

Isi Satu Dus Keramik Lantai 40×40

Isi Satu Dus Keramik Lantai 40x40

Supaya memudahkan ketika hendak menghitung kebutuhan keramik untuk diaplikasikan pada permukaan bangunan, kalian juga harus mengetahui terlebih dahulu berapa total isi satu dusnya. Perlu diketahui, satu dus keramik lantai dapat menutup luasan permukaan 1 meter persegi atau mendekati 1 meter persegi.

Sekeping keramik berukuran 40 cm x 40 cm memiliki luas permukaan 1.600 senti meter persegi atau 0.16 meter persegi. Jadi, satu dus keramik lantai ukuran 40×40 terdiri dari 6 lembar yang dapat menutup permukaan bidang lantai seluas 1 meter persegi (6 x 0.16 meter persegi).

Rumus Menghitung Keramik Lantai 40×40

Rumus Menghitung Keramik Lantai 40x40

Tentunya dalam menghitung kebutuhan keramik lantai 40×40, dibutuhkan adanya rumus sehingga hasil bisa lebih akurat. Di bawah ini sudah kami siapkan rumus perhitungan yang akan membantu kalian ketika hendak menghitung total kebutuhan material keramik lantai berukuran 40×40.

Jumlah kebutuhan keramik : (A ÷ B) + (N x (A ÷ B))

Keterangan :

  • A : Luas ruangan (cm2)
  • B : Luas keramik (cm2)
  • N : 3% untuk horizontal dan 7% untuk diagonal

Cara Menghitung Keramik Lantai 40×40

Pada dasarnya cara menghitung keramik lantai 40×40 tidak jauh berbeda dengan PERHITUNGAN KEBUTUHAN KERAMIK UKURAN 50X50. Namun, sebelumnya kalian harus mencari tahu terlebih dahulu berapa volume pekerjaan yang akan dipasangi keramik. Daripada penasaran, berikut adalah tata cara perhitungan total kebutuhannya.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu menghitung volume pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan memasang keramik pada ruang keluarga dengan panjang 6 meter serta lebar 4 meter, maka cara perhitungannya yaitu seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 6 meter = 600 cm.
  • Lebar : 4 meter = 400 cm.

Perhitungan :

  • Luas ruangan : Panjang x lebar.
  • Luas ruangan : 600 cm x 400 cm = 240.000 cm2.
  • Total luas keramik lantai : 40 cm x 40 cm = 1.600 cm2.

Kebutuhan Keramik 40×40

Kebutuhan Keramik 40x40

Tahap berikutnya yaitu tinggal menghitung total kebutuhan keramik lantai 40×40. Karena ruangan 6 meter x 4 meter merupakan horizontal memanjang, maka kebutuhan keramik harus ditambahkan sebesar 3%. Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik cara menghitung keramik lantai 40×40 berikut ini.

  • Jumlah keramik : (A ÷ B) + (3% x (A ÷ B)).
  • Jumlah keramik : (240.000 ÷ 1.600) + (3% x (240.000 ÷ 1.600)).
  • Jumlah keramik : 150 + 4.5 = 154.5 keping.

Dari data perhitungan di atas, total kebutuhan keramik lantai 40×40 untuk ruangan seluas 24 meter persegi yaitu sekitar 154.5 keping atau dibulatkan menjadi 155 lembar. Jadi, jika dihitung berdasarkan satuan dus, maka kalian harus membeli kurang lebih sekitar 155 lembar ÷ 6 = 26 dus.

Biaya Pembelian Keramik

Biaya Pembelian Keramik

Kemudian setelah berhasil menghitung keramik lantai 40 cm x 40 cm, selanjutnya kalian juga harus menghitung berapa besar anggaran biaya pembeliannya. Misalkan HARGA KERAMIK LANTAI 40×40 di pasaran saat ini adalah Rp 75.000, maka siapkan bujet kurang lebih sekitar 26 dus x Rp 75.000 = Rp 1.950.000.

RAB Pasang Keramik 40×40

RAB Pasang Keramik

Hal tidak kalah pentingnya selain mempersiapkan anggaran biaya guna membeli material keramik lantai yaitu menghitung total biaya pemasangannya. Saran kami sebaiknya gunakan pekerja dengan sistem borongan atau pemborong.

Sebab, HARGA BORONGAN PEMASANGAN KERAMIK lebih murah dibandingkan pekerja sistem harian. Meskipun demikian, kalian juga harus tetap mempertimbangkan pemilihan pekerja borongannya, seperti pengalaman kerjanya serta tingkat kejujurannya.

Tips Memilih Keramik Lantai

Tips Memilih Keramik Lantai

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung keramik lantai 40×40 mulai dari kebutuhan material hingga rincian biaya pembeliannya. Agar mendapatkan bahan material berkualitas, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam memilih keramik lantai.

  • Sesuaikan warna keramik dengan konsep atau gaya hunian.
  • Sesuaikan motif keramik dengan selera.
  • Cocokkan keramik dengan ruangan, apakah interior ataupun eksterior.
  • Pilihlah keramik dengan bahan dasar bersifat tahan lama sehingga tidak mudah pecah saat proses pemasangannya.
  • Pertimbangkan anggaran dana saat memilih jenis keramik.
  • Pilihlah keramik lantai bergaransi.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa total kebutuhan keramik lantai 40×40 bergantung pada luas atau volume bidang pekerjaannya. Semakin luas volume pekerjaannya, maka akan semakin banyak pula total keperluan materialnya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung keramik lantai 40×40 mulai dari kebutuhan material hingga biaya pembeliannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang keramik berukuran 40 cm x 40 cm.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *