Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Epoxy Lantai

Harga Borongan Epoxy Lantai

Harga Borongan Epoxy Lantai – Sebagaimana diketahui, epoxy (ekposi) umumnya digunakan sebagai pemoles lantai restoran, bandara sampai rumah tinggal. Epoxy mampu menghasilkan efek lantai agar terlihat lebih cerah dan mengkilap sehingga terkesan menjadi lebih menarik.

Belakangan ini, epoxy kerap diaplikasikan pada lantai rumah-rumah tinggal, baik itu rumah berkonsep sederhana, minimalis maupun modern. Selain mampu memperindah sebuah interior hunian, epoxy juga tahan terhadap reaksi bahan kimia sehingga tergolong aman bagi penghuni rumah.

Di Indonesia sendiri kini sudah tersedia cukup banyak jasa pemborong maupun kontraktor yang menawarkan jasa epoxy lantai, baik itu pada gedung maupun rumah tinggal. Umumnya, para pekerja borongan tersebut mematok tarif ataupun ongkos pengerjaan epoxy lantai dengan hitungan per meter persegi.

Maka dari itu, jika kalian ingin mempercantik interior rumah menggunakan epoxy, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu besaran harga borongannya. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci terkait besaran harga borongan epoxy lantai per meter perseginya dilengkapi perhitungan biaya pengerjaannya.

Apa itu Epoxy Lantai?

Apa itu Epoxy Lantai

Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan epoxy lantai berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Epoxy merupakan sebuah pelapis lantai terbuat dari bahan dasar campuran antara resin serta bahan pengeras lainnya (poliamina).

Saat kedua bahan tersebut dicampur, maka akan memunculkan reaksi kimia lalu menjadi sebuah bahan plastik bersifat kaku. Dimana campuran bahan tersebut mampu menghasilkan material tahan lama serta kuat jika dijadikan sebagai pelapis lantai rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai

Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai

Setiap material bahan bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk epoxy lantai. Sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya, berikut akan kami jelaskan beberapa kelebihan serta kekurangan dari material epoxy lantai.

Kelebihan

  • Memiliki daya tahan tinggi.
  • Memiliki sifat kuat.
  • Proses pemasangannya cepat.
  • Mampu menambah keindahan rumah.
  • Tahan terhadap reaksi bahan-bahan kimia.
  • Tahan terhadap korosi.
  • Tingkat keamanannya lebih terjamin.
  • Tersedia dalam beragam jenis.

Kekurangan

  • Mempunyai sifat permanen sehingga sulit dibongkar.
  • Lantai menjadi mudah licin.
  • Proses pengaplikasiannya perlu dilakukan oleh pekerja profesional.
  • Bisa menimbulkan bau menyengat.

Harga Borongan Epoxy Lantai Per Meter

Harga Borongan Epoxy Lantai Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN PEMASANGAN KERAMIK, besaran harga borongan epoxy lantai juga bisa berbeda di beberapa wilayah. Umumnya perbedaan tarif atau upah pekerja borongan tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kondisi lantai, tingkat kerumitan hingga risiko pengerjaannya.

Seperti dijelaskan sebelumnya, biasanya para kontraktor mematok harga borongan dengan satuan per meter persegi. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik daftar harga borongan epoxy lantai per meter untuk semua jenis serta ketebalannya di bawah ini.

KeteranganKetebalanSatuanHarga Borongan
Epoxy Lantai 300 Micronm2Rp 60.000
Epoxy Lantai500 Micron m2Rp 80.000
Epoxy Lantai1000 Micron m2Rp 130.000
Epoxy Lantai1500 Micron m2Rp 175.000
Epoxy Lantai2000 Micron m2Rp 230.000
Epoxy Lantai3000 Micron m2Rp 320.000
Epoxy Lantai Garis Line mRp 15.000
Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan kontraktor.

Cara Menghitung Biaya Epoxy Lantai

Di atas sudah dijelaskan secara rinci mengenai daftar harga borongan epoxy lantai per meter perseginya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tahapan atau langkah perhitungan biaya pengerjaan epoxy lantai menggunakan pekerja borongan.

Sebenarnya, perhitungan biaya epoxy lantai ini hampir sama seperti saat MENGHITUNG KERAMIK LANTAI 60X60. Sebab, nantinya kalian harus mencari tahu terlebih dahulu total volume bidang pekerjaan lantai yang akan dilapisi epoxy. Berikut adalah penjelasan perhitungan biaya epoxy lantai.

Volume Lantai

Volume Lantai

Cara pertama dalam menghitung biaya epoxy lantai menggunakan pekerja borongan yaitu mencari tahu luas atau volume bidang pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan melakukan epoxy lantai setebal 500 micron pada ruang tamu berukuran panjang 5 meter serta lebar 3 meter, maka cara menghitungnya akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang lantai : 5 meter.
  • Lebar lantai : 3 meter.

Perhitungan :

  • Volume lantai : Panjang x Lebar.
  • Volume lantai : 5 m x 3 m = 15 m2.

Biaya Epoxy Lantai

Biaya Epoxy

Langkah berikutnya yaitu tinggal mencari tahu total biaya pelapisan epoxy lantai setebal 500 micron pada ruang tamu seluas 15 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Tata cara menghitungnya yaitu mengalikan harga borongan epoxy lantai per meter dengan volume pekerjaannya.

  • Biaya epoxy : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya epoxy : 15 m2 x Rp 80.000 = Rp 1.200.000.

Jadi, total biaya yang perlu kalian persiapkan untuk melapisi lantai ruang tamu berukuran 5 m x 3 m dengan epoxy lantai setebal 500 micron menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.200.000. Biasanya di dalam perhitungan tersebut sudah termasuk biaya mobilisasi hingga penyewaan peralatan pengerjaan epoxy lantai.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa besaran tarif atau ongkos jasa borongan pengerjaan epoxy lantai tergantung pada tingkat ketebalan serta kondisi bidang pekerjaannya. Semakin tebal lapisan epoxy lantai maka akan semakin mahal pula harga borongannya.

Itulah sekiranya penjelasan seputar daftar harga borongan epoxy lantai per meter persegi untuk semua jenis beserta ketebalannya versi Epropertyrack. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melapisi lantai rumah menggunakan epoxy.

Harga Borongan Epoxy Lantai

IDR 15000
9.3

Harga

9.4/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *