Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Harga Borongan Konstruksi Baja WF 2022 : Per Kg & Per Meter

Harga Borongan Konstruksi Baja WF

Harga Borongan Konstruksi Baja WF – Seperti diketahui baja WF merupakan sebuah elemen sempurna dalam menahan gaya tarik serta tekan aksial. Dimana bobot baja WF yang tidak terlalu berat meskipun mempunyai struktur kepadatan cukup tinggi, membuat material tersebut sangat cocok jika dijadikan sebagai bentuk konstruksi bangunan menjadi lebih efisien.

Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa material baja WF sekilas memiliki bentuk serupa seperti besi H-beam. Di Indonesia sendiri saat ini kebanyakan pemborong atau kontraktor memanfaatkan baja WF untuk pondasi pembuat bangunan karena memiliki kekuatan seimbang dalam hal tekan maupun tarik.

Pada dasarnya, besaran ongkos atau upah borongan pekerjaan konstruksi baja WF dihitung dengan satuan per kg ataupun per meter persegi, tergantung jenis dan bidang pekerjaannya. Selain itu, nantinya besaran harga borongan pekerjaan tersebut juga akan dipengaruhi oleh total berat konstruksinya.

Nah, jika diantara kalian ingin membangun konstruksi baja WF menggunakan pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harganya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai harga borongan konstruksi baja WF untuk semua jenis dan ukurannya.

Fungsi Baja WF

Fungsi Baja WF

Seperti dijelaskan sebelumnya, baja WF umumnya dimanfaatkan sebagai salah satu material dalam pembuatan rangka gedung. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya material baja WF memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan material sejenisnya, salah satunya yaitu mempunyai kekuatan yang seimbang dalam hal tekan maupun tariknya.

Terlebih lagi saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pemborong yang menyediakan jasa pembuatan konstruksi material baja WF. Dimana beberapa pemborong tersebut menerima jasa pembuatan beberapa bangunan seperti gedung, jembatan, gudang dan bangunan besar lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Baja WF

Meskipun baja WF memiliki sejumlah keunggulan di dalam dunia konstruksi banguan, namun bukan berarti material tersebut tidak mempunyai kelemahan sama sekali. Sebagai bahan pertimbangan sebelum lanjut membahas harga borongan konstruksi baja WF, ada baiknya pahami sejumlah kelebihan serta kekurangannya berikut ini.

Kelebihan

  • Baja WF sangat cocok dalam menahan beban.
  • Mampu membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh.
  • Biasa dimanfaatkan untuk membuat konstruksi bangunan pada kondisi tanah labil.
  • Memiliki sifat fleksibilitas tinggi sehingga tidak mudah runtuh.
  • Baja WF terbilang ekonomis serta mampu mengurangi waktu konstruksi.
  • Baja WF sudah tersedia dengan ukuran seragam.
  • Proses penyambungan baja WF terbilang mudah, baik itu menggunakan baut, paku keling maupun las.
  • Bisa digunakan kembali setelah pembongkaran.

Kekurangan

  • Baja WF lebih rentan terhadap api.
  • Biaya perawatannya cukup tinggi karena mudah mengalami karat.
  • Proses pengirimannya cukup memakan biaya.
  • Proses pemasangan dan pembongkaran baja WF membutuhkan tenaga ahli.
  • Baja WF rentan mengalami buckling atau tekukan apabila tekanan konstruksinya terlalu besar.

Ukuran Konstruksi Baja WF

Ukuran Konstruksi Baja WF

Perlu diketahui, umumnya besaran harga borongan konstruksi baja WF dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya yaitu ukuran atau dimensinya. Untungnya, ukuran baja WF sudah distandarisasi secara internasional sehingga memudahkan pemborong supaya proses koordinasi berjalan lancar.

Di pasaran Indonesia sendiri, material baja WF dijual dengan panjang standar kurang lebih sekitar 12 meter. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan daftar tabel ukuran atau dimensi standar konstruksi baja WF di pasaran dengan panjang standar 12 meter.

KeteranganPanjangBerat
Baja WF 100 x 50 x 5 x 7 mm12 m112 Kg
Baja WF 125 x 60 x 6 x 8 mm12 m158.4 Kg
Baja WF 148 x 100 x 6 x 9 mm12 m253.2 Kg
Baja WF 150 x 75 x 5 x 7 mm12 m168 Kg
Baja WF 175 x 90 x 5 x 8 mm12 m217.2 Kg
Baja WF 194 x 150 x 6 x 9 mm12 m367 Kg
Baja WF 198 x 99 x 4.5 x 7 mm12 m218.4 Kg

Harga Borongan Konstruksi Baja WF

Seperti halnya harga borongan bangunan pada umumnya, besaran ongkos jasa pekerjaan konstruksi baja WF juga bisa berbeda di beberapa wilayah. Adanya perbedaan harga borongan tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kebijakan pemborong atau kontraktor, kondisi bidang konstruksi, tingkat kerumitan hingga risiko pembangunannya.

Di atas juga sudah kami singgung bahwa besaran harga borongan konstruksi baja WF bisa dihitung baik itu dengan satuan per kg maupun per meter. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah daftar harga borongan konstruksi baja WF per kg.

KeteranganHarga
Upah tenaga per kgRp 7.000
Upah tenaga + alat per kgRp 9.500
Upah tenaga + alat dan bahan per kgRp 28.500
Upah tenaga + bahan pasang seng atap per meterRp 105.000

Selain harga borongan di atas, para pemborong atau kontraktor juga biasanya menyediakan jasa pemasangan atau pembongkaran baja WF tanpa pondasi dengan harga Rp 450.000 per meter perseginya, tergantung pada spesifikasi materialnya. Berikut akan kami berikan rincian tabel daftar harga borongan konstruksi baja WF, entah itu pekerjaan di bawah maupun di atas 10 ton.

Harga Konstruksi Baja WF di Bawah 10 Ton

PekerjaanKeteranganSatuanHarga
Konstruksi baja WFTenagakgRp 8.000
Konstruksi baja WFTenaga + alatkgRp 10.000
Konstruksi baja WFTenaga + alat + bahankgRp 30.000
Konstruksi baja WF atap zincalume (spandek)Tenaga + alat + bahanmRp 110.000

Harga Konstruksi Baja WF di Atas 10 Ton

PekerjaanKeteranganSatuanHarga
Konstruksi baja WFTenagakgRp 7.000
Konstruksi baja WFTenaga + alatkgRp 9.000
Konstruksi baja WFTenaga + alat + bahankgRp 28.500
Konstruksi baja WF atap zincalume (spandek)Tenaga + alat + bahanmRp 100.000

Catatan : Harga borongan konstruksi baja WF di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tips Membeli Baja WF

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai fungsi, ukuran standar hingga harga borongan konstruksi baja WF per kg dan per meter. Supaya bisa mendapatkan material baja WF berkualitas, ada baiknya ikuti beberapa tips membelinya di bawah ini.

  • Perhatikan fisik baja WF.
  • Pilihlah baja WF dengan berat sesuai SNI.
  • Pastikan mutu baja WF sudah terjamin kualitasnya.
  • Pastikan kondisi alat sambung baja WF masih sempurna.
  • Carilah material baja WF bergaransi.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini baja WF kerap dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam pembangunan beragam konstruksi bangunan, mulai dari gedung, jembatan, gudang, pabrik dan lain sebagainya. Untuk besaran harga borongannya sendiri dihitung berdasarkan satuan per kg maupun per meter.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan konstruksi baja WF untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin menggunakan jasa borongan dalam pemasangan konstruksi baja WF.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

One Reply to “3 Harga Borongan Konstruksi Baja WF 2022 : Per…”

  1. Bagus tulisan2nya mbak, terus menulis dan berbagi. Request ttg bambu ya, jenis bambu dan umurnya serta desain bangunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *