Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

14 Harga Besi Beton Ulir Semua Ukuran 2022 : Per Batang & Per Kg

Harga Besi Beton Ulir

Harga Besi Beton Ulir – Istilah besi beton pasti sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan di dunia konstruksi bangunan. Dimana pengertian besi beton sendiri ialah sebuah besi yang digunakan dalam pengerjaan penulangan konstruksi beton atau juga biasa disebut sebagai beton bertulang.

Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis besi beton yang kerap digunakan sebagai material bahan pembuatan bangunan, yaitu besi beton polos serta ulir. Besi beton jenis ulir mungkin menjadi salah satu material paling unik karena mempunyai tekstur atau motif permukaan berbeda dari besi beton jenis polos.

Berbicara mengenai besi beton ulir, tentunya material tersebut di pasaran dijual dengan beragam ukuran atau dimensi serta merk. Selain itu, ukuran serta merk beton bertulang jenis ulir tersebut juga nantinya akan mempengaruhi besaran harganya, entah itu per kilogram ataupun per batang.

Maka dari itu, jika kalian berencana hendak membeli besi beton ulir sebagai kebutuhan konstruksi bangunan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa harganya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan penjelasan mengenai daftar harga besi beton ulir untuk semua merk serta ukurannya.

Karakter Besi Beton Ulir

Sebelum pembahasan utama mengenai harga besi beton ulir berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu karakter salah satu material bahan bangunan tersebut. Besi beton ulir atau biasa disebut juga dengan nama deformed bar ialah jenis baja tulangan yang mempunyai bentuk bersirip melintang dengan permukaan bercorak spiral.

Bentuknya tersebut membuat besi beton jenis ini juga dikenal dengan istilah BJTS atau Baja Tulangan Sirip. Dimana permukaan bercorak spiral tersebut bertujuan untuk lebih menyatukan antara elemen bahan bangunan dengan rangka yang disusun oleh material tersebut.

Kegunaan Besi Beton Ulir

Setelah mengetahui sekilas karakteristik besi beton ulir, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja fungsi ataupun kegunaannya. Besi beton ulir umumnya digunakan sebagai tulangan beton karena dinilai mempunyai ikatan lebih antara tulangan dan beton ketimbang besi beton polos.

Selain itu, bentuk ulir pada material tersebut juga diklaim bisa meningkatkan daya lekat sehingga menahan gerakan dari batang terhadap beton. Perlu diketahui, besi beton jenis ulir sendiri mempunyai nilai ketahanan tekan minimal sebesar 400 MPA.

Biasanya besi beton ulir dijual atau dipasarkan oleh distributor kepada kontraktor dalam jumlah volume besar, berbeda dengan besi beton polos yang biasanya dijual di pasar eceran (retail). Jika dilihat dari segi harga, besi beton ulir juga pastinya di banderol sedikit lebih mahal jika dibandingkan besi beton polos.

Standar Dimensi Besi Beton Ulir

Jika besi beton jenis ulir memiliki sedikit perbedaan dari segi karakteristik ataupun pemanfaatannya, namun jika dilihat dari segi ukuran atau dimensi sebenarnya kedua material tersebut sama saja. Umumnya besi beton ulir di jual di pasaran dengan standar panjang sekitar 12 meter per batangnya.

Dimana ukuran dimensi panjang besi beton jenis ulir sendiri sebenarnya sudah ditetapkan oleh Standar Nasional Indonesia atau SNI. Meskipun demikian, dalam pelaksanaannya di proyek terdapat juga beberapa besi beton ulir tidak sesuai standar ketetapan SNI dan disebut sebagai besi beton banci.

Di dalam proses produksi besi beton juga biasanya dikenal istilah batas toleransi. Batas toleransi ialah batas perbedaan ataupun selisih ukuran dari marking yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sebagai contoh besi beton ulir berdiameter 8 mm mempunyai batas toleransi sebesar 0.1 mm.

Dengan sebutan tersebut, artinya diameter sebenarnya kemungkinan besar mempunyai ukuran 0.1 mm lebih kecil dari 8 mm atau berukuran 7.9 mm. Namun, kembali lagi bahwa standar toleransi tersebut bisa saja dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya yaitu tentang merk besi beton.

Tabel Berat Besi Beton Ulir

Perlu diketahui, besi beton ulir di pasaran Indonesia biasanya dijual dengan satuan per kilogram ataupun per batang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya setiap ukuran dimensi besi beton ulir pastinya mempunyai berat jenis besi berbeda-beda dan nantinya juga akan mempengaruhi harga jualnya.

Sebenarnya pada pembahasan sebelumnya sudah kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung berat jenis besi beton, baik itu untuk tipe polos ataupun ulir. Nah, agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan tabel berat besi beton ulir untuk semua ukuran diameternya.

DiameterPanjang Berat/MeterBerat/Batang
10 mm12 m0.62 kg7.40 kg
13 mm12 m1.04 kg12.50 kg
16 mm12 m1.58 kg19 kg
19 mm12 m2.23 kg26.80 kg
22 mm12 m2.98 kg35.80 kg
25 mm12 m3.85 kg46.20 kg
29 mm12 m5.04 kg60.50 kg
32 mm12 m6.31 kg75.77 kg
35 mm12 m7.51 kg90.10 kg
38 mm12 m8.92 kg107.00 kg
42 mm12 m10.50 kg126.00 kg

Harga Besi Beton Ulir Semua Merk

Harga Besi Beton Ulir Semua Merk

Setelah mengetahui karakteristik, ukuran standar hingga berat jenis besi beton ulir, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besaran harga jualnya di pasaran Indonesia. Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini hampir semua produsen menjual besi beton ulir dengan satuan per batang ataupun per kg.

Namun, perlu diingat bahwa besaran harga besi beton ulir tersebut juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari ukuran dimensi, merk dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan tabel daftar harga besi beton ulir untuk semua ukuran serta merk di pasaran.

DiameterPanjangToleransiHarga
Besi Beton Ulir 10 mm12 m0.3 mmRp 88.800
Besi Beton Ulir 13 mm12 m0.3 mmRp 150.000
Besi Beton Ulir 16 mm12 m0.3 mmRp 228.000
Besi Beton Ulir 10 mm12 m0.2 mmRp 89.500
Besi Beton Ulir 13 mm12 m0.2 mmRp 101.250
Besi Beton Ulir 16 mm12 m0.2 mmRp 153.900
Besi Beton Ulir 10 mm12 m0.5 mmRp 96.200
Besi Beton Ulir 13 mm12 m0.5 mmRp 162.500
Besi Beton Ulir 16 mm12 m0.5 mmRp 190.000
Besi Beton Ulir 19 mm12 m0.5 mmRp 348.400
Besi Beton Ulir 22 mm12 m0.2 mm – 0.3 mmRp 457.130
Besi Beton Ulir 25 mm12 m0.2 mm – 0.3 mmRp 589.928
Besi Beton Ulir 29 mm12 m0.1 mmRp 767.400
Besi Beton Ulir 32 mm12 m0.1 mmRp 875.400
Harga besi beton ulir bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tips Memilih Besi Beton Ulir

Sebagaimana diketahui, sebagai material bahan bangunan, tentunya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan besi beton yang perlu diperhatikan. Dimana keunggulan dan kelemahan besi beton tersebut dapat dijadikan sebagai acuan kalian ketika hendak memilih dan membelinya.

Sebab, pemilihan besi beton ulir tidak boleh dilakukan secara sembarangan mengingat fungsinya terbilang sangat penting terhadap kekuatan serta kekokohan sebuah bangunan. Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips memilih besi beton ulir berkualitas.

  • Pilih besi beton ulir berstandar SNI.
  • Hindari memilih besi beton ulir berkarat.
  • Tentukan diameter besi beton ulir sesuai kebutuhan.
  • Minta saran kepada kontraktor berpengalaman.
  • Jangan tergiur harga murah.
  • Pilihlah merk besi beton ulir terkenal.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa harga besi beton untuk semua jenisnya termasuk ulir di pasaran rata-rata dijual dengan satuan per kg ataupun per batang. Namun, umumnya para produsen menjual besi beton ulir dalam jumlah ataupun volume besar kepada kontraktor sebuah proyek.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga besi beton ulir untuk semua merk dan ukuran dilengkapi tips memilihnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai gambaran ketika hendak membeli besi beton ulir.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.