Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Galian Pondasi Per Meter Kubik 2021

Harga Borongan Galian Pondasi

Harga Borongan Galian Pondasi – Sebagaimana diketahui, proses pelaksanaan pembangunan khususnya pekerjaan pondasi pastinya selalu berhubungan dengan tanah. Dimana salah satu pekerjaan di dalam pembuatan pondasi yang biasanya dilakukan setelah pembuatan bouwplank yaitu galian tanah.

Sebagai struktur utama sebuah bangunan, tentunya pondasi harus dibangun sekuat dan sekokoh mungkin pada saat proses pembuatannya. Hal ini dikarenakan fungsi dari pondasi sendiri yaitu untuk menopang beban konstruksi di atasnya, mulai dari dinding bangunan sampai struktur atap.

Maka dari itu, pekerjaan galian tanah pondasi harus dilakukan sesuai dengan perencanaan awalnya. Selain itu, pemilik rumah juga perlu menghitung berapa besar ongkos jasa galian tanah dengan tujuan supaya nantinya tidak terjadi pembengkakan anggaran dana pada saat proses pembangunan berlangsung.

Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pekerja borongan yang menawarkan jasa galian tanah pondasi bangunan, baik itu untuk rumah tinggal, gedung perkantoran dan lain sebagainya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan berapa besar harga borongan galian pondasi per meter kubiknya.

Kebutuhan Komponen Galian Pondasi

Kebutuhan Komponen Galian Pondasi

Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan galian tanah pondasi berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kebutuhan komponennya. Memang benar jika pekerjaan galian tanah untuk pondasi rumah tidak membutuhkan peralatan ataupun perlengkapan khusus.

Meskipun demikian, tetap saja jika pekerjaan pondasi dalam skala besar, maka pemilik bangunan ataupun pihak kontraktor harus mempersiapkan perlengkapan seperti alat berat. Namun, jika pekerjaan galian pondasi dalam skala kecil seperti pada rumah tinggal, maka mereka biasanya tidak memerlukan bantuan dari alat berat.

Umumnya pekerjaan galian tanah pondasi di rumah-rumah tinggal dilakukan oleh 5 sampai 6 orang pekerja bangunan. Dimana komponen tenaga kerja tersebut biasanya meliputi 2 pekerja, 2 tukang bangunan, 1 mandor serta 1 kepala tukang. Sebenarnya komponen mandor dan kepala tukang bisa dihilangkan apabila pekerjaan galian dilakukan dalam skala kecil.

Harga Borongan Galian Pondasi Per Meter

Harga Borongan Galian Pondasi Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN GALIAN SEPTIC TANK, besaran ongkos jasa borongan galian tanah pondasi juga biasanya akan berbeda di beberapa daerah ataupun wilayah. Tentunya perbedaan harga borongan atau jasa pemborong tersebut disebabkan oleh sejumlah hal.

Adapun beberapa faktor pembeda upah pekerja borongan dalam pekerjaan galian pondasi diantaranya yaitu seperti kondisi bidang tanah, tingkat kerumitan, hingga risiko pekerjaan galiannya. Umumnya para pekerja borongan tersebut mematok harga borongan galian pondasi mulai dari Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per meter kubiknya.

Perlu diingat, bahwa di dalam harga borongan tersebut sudah mencakup ongkos pekerja bangunan sistem borongan sampai penyewaan alat-alat pendukung pekerjaan penggalian tanah pondasi. Dengan kata lain, harga borongan di atas sudah mencakup ongkos pekerja hingga kebutuhan alat dan bahannya.

Cara Menghitung Biaya Galian Pondasi

Setelah mengetahui besaran harga borongan galian pondasi per meter kubiknya, selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana cara menghitung biaya pengerjaannya. Perlu diketahui, pada perhitungan biaya galian tanah pondasi, kalian perlu mencari tahu total volume pekerjaannya.

Agar lebih jelasnya, berikut adalah cara menghitung biaya galian pondasi menggunakan pekerja borongan.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, silahkan hitung volume atau luas bidang pekerjaan pondasi rumah terlebih dahulu. Misalkan kalian akan membuat galian tanah untuk pondasi tapak sepanjang 50 meter, tinggi 80 cm, lebar permukaan bawah 60 cm, lebar atas 30 cm dengan lebar atas galian 1 m, maka cara menghitungnya akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang pondasi : 50 m.
  • Tinggi pondasi : 80 cm = 0.8 m.
  • Lebar permukaan bawah : 60 cm = 0.6 m.
  • Lebar permukaan atas : 30 cm = 0.3 m.
  • Lebar atas galian : 1 m.

Perhitungan :

  • Luas Penampang Galian Pondasi
    • Luas penampang galian : ((Luas permukaan bawah + Luas atas) ÷ 2) x Tinggi.
    • Luas penampang galian : ((0.6 m + 1 m) ÷ 2) x 0.8 m.
    • Luas penampang galian : 1.6 m x 0.8 m = 1.28 m2
  • Volume Galian Pondasi
    • Volume galian : Luas penampang x Panjang.
    • Volume galian : 1.28 m2 x 50 m = 64 m3.

Biaya Galian Pondasi

Biaya Galian Pondasi

Langkah berikutnya yaitu menghitung biaya atau ongkos pekerja borongan dalam pekerjaan galian tanah pondasi seluas 64 meter kubik. Cara menghitungnya yaitu tinggal mengalikan volume galian pondasi dengan harga borongan per meter kubiknya.

  • Biaya galian tanah : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya galian tanah : 64 m3 x Rp 80.000 = Rp 5.120.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang diperlukan untuk membuat galian tanah pondasi seluas 64 meter kubik menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 5.120.000.

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran harga borongan galian pondasi per meter kubiknya dilengkapi cara menghitung biaya pengerjaannya. Semoga pembahasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat galian pondasi menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Galian Pondasi

IDR 80000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *