Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Pasang Aluminium Foil Atap 2022 : Upah & Tenaga

Harga Borongan Pasang Aluminium Foil Atap

Harga Borongan Pasang Aluminium Foil Atap – Seperti diketahui, atap menjadi salah satu bagian rumah dengan peran sangat penting seperti menahan panas dari sinar matahari atau menahan air ketika turun hujan. Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis material atap rumah, mulai dari kayu, baja ringan dan lain sebagainya.

Mungkin kebanyakan orang lebih memilih baja ringan sebagai material atap rumah karena dinilai lebih praktis serta efisien. Namun sayangnya, terdapat beberapa orang yang rumahnya menggunakan rangka baja ringan mengeluhkan bahwa atap rumah mereka kerap mengalami kebocoran saat hujan.

Jika kalian mengalami permasalahan serupa, jangan khawatir karena sebenarnya gangguan tersebut masih bisa diatasi, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan material aluminium foil. Dimana aluminium foil sendiri merupakan salah satu material bangunan yang kerap digunakan sebagai pelengkap rangka atap baja ringan.

Nah, apabila kalian berencana memasang aluminium foil atap menggunakan pekerja sistem borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harganya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap besaran harga borongan pasang aluminium foil atap untuk semua jenis beserta ukurannya.

Fungsi Aluminium Foil Atap

Fungsi Aluminium Foil Atap

Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan pasang aluminium foil atap berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja fungsinya. Perlu diketahui, aluminium foil memiliki bahan kemurnian 99.45% plastik tahan robek yang terbuat dari bahan polyethlene.

Melalui bahan tersebut, nantinya aluminium foil tidak akan merambatkan api jika terjadi korslet atau hubungan pendek arus listrik. Adapun sejumlah fungsi aluminium foil sebagai salah satu bahan material bangunan pada atap rumah tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Peredam panas.
  • Penahan air hujan.
  • Melindungi plafon.
  • Sebagai pemantul cahaya.

Jenis Aluminium Foil Atap

Sekedar informasi tambahan, saat ini besaran harga borongan pasang aluminium foil atap di pasaran Indonesia dipengaruhi oleh jenisnya. Dimana bahan material aluminium foil di pasaran sendiri terbagi menjadi 2 jenis. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis aluminium foil atap.

Single Sided

Jenis aluminium foil atap pertama yang beredar di pasaran Indonesia yaitu single sided. Aluminium foil atap jenis single sided lapisannya hanya terdiri dari satu sisi sehingga membuat material tersebut hanya akan terlihat mengkilap di bagian atasnya. Sementara bagian bawahnya terlihat buram.

Double Sided

Selanjutnya ada aluminium foil atap double sided. Dimana lapisan material ini mengkilap di bagian atas dan bawahnya, karena terdiri dari dua sisi. Selain itu, aluminium foil double sided juga mempunyai keunggulan dalam keefektifannya terhadap penolakan radiasi sehingga dinilai lebih kuat dibandingkan single sided.

Teknik Pasang Aluminium Foil Atap

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bagaimana cara atau teknik pemasangan aluminium foil atap. Secara garis besar, teknik pemasangan aluminium foil yaitu ditempatkan diantara reng serta profil C atau kasso baja ringan dengan penarikan secara merata, mulai dari sisi bawah sampai ujung atas.

Namun, perlu diingat bahwa penarikannya harus dilakukan secukupnya supaya tidak merobek ataupun merusak aluminium foil. Selain itu, gunakanlah reng jenis sisi yang terdapat lipatannya. Karena kalau tidak maka bisa berakibat robeknya aluminium foil karena terkena sisi reng.

Harga Borongan Pasang Aluminium Foil Atap

Harga Borongan Pasang Aluminium Foil Atap Per Meter

Setelah mengetahui fungsi, jenis hingga teknik pemasangan aluminium foil pada atap baja ringan, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa harga borongannya. Perlu diketahui, setiap daerah di Indonesia kemungkinan mempunyai sedikit selisih perbedaan harga borongan upah bangunan.

Hal tersebut dikarenakan besaran harga borongan tenaga kerja bangunan dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya. Hal tersebut juga pastinya berlaku untuk harga borongan pasang aluminium foil atap.

Selain itu, besaran harga borongan pasang aluminium foil atap juga nantinya dipengaruhi oleh jenisnya, entah itu single sided maupun double sided. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik daftar harga borongan pasang aluminium foil atap untuk semua jenis dan ukuran per meter perseginya di bawah ini.

KeteranganHarga
Aluminium foil atap single sidedRp 25.000
Aluminium foil atap double sidedRp 30.500
Harga borongan di atas sudah mencakup upah pekerja hingga kebutuhan materialnya.

Biaya Pasang Aluminium Foil Atap

Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui besaran harga borongan pasang aluminium foil atap namun tidak mengetahui bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya. Sebenarnya perhitungan biaya pasang aluminium foil atap hampir sama seperti saat menghitung kebutuhan atap spandek.

Hal ini dikarenakan kalian perlu mencari tahu luas atau volume bidang pekerjaan atap rumah yang akan dipasangi aluminium foil terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya pemasangan aluminium foil atap menggunakan pekerja borongan.

Volume Pekerjaan Atap

Pertama-tama, silahkan cari tahu luas atau volume bidang pekerjaan atap rumah baja ringan yang akan dipasangi material aluminium foil terlebih dahulu. Misalkan kalian ingin memasang aluminium foil double sided pada atap rumah model pelana berukuran 12 m x 7 m dengan overstek 1 meter serta tingkat kemiringan 10 derajat, maka tata cara menghitungnya akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang atap : 12 m.
  • Lebar atap : 7 m.
  • Overstek : 1 m.
  • Tingkat kemiringan atap : Cos 10 derajat (0.984).

Perhitungan :

  • Luas atap : ((Panjang + overstek) x (lebar + overstek)) ÷ Cos kemiringan atap).
  • Luas atap : ((12 m + 1 m) x (7 m + 1 m) ÷ 0.984).
  • Luas atap : 13 m x 8 m ÷ 0.984 = 105.69 m2 (dibulatkan menjadi 106 m2).

Biaya Pasang Aluminium Foil

Setelah mengetahui luas atau volume bidang pekerjaan atap rumahnya, selanjutnya kalian harus menghitung berapa total anggaran biaya pemasangannya. Caranya yaitu dengan mengalikan harga borongan pasang aluminium foil atap per meter persegi dengan luas bidang pekerjaannya.

  • Biaya pemasangan : Harga borongan x Luas atap.
  • Biaya pemasangan : Rp 30.500 x 106 m2 = Rp 3.233.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang aluminium foil double sided pada atap rumah model pelan berukuran 12 m x 7 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 3.233.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya pemasangan aluminium foil atap tersebut sudah meliputi ongkos pekerja borongan serta pembelian kebutuhan bahan materialnya.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini besaran harga borongan pemasangan aluminium foil atap dapat berbeda di sejumlah wilayah. Selain itu, jenis serta teknik pemasangan aluminium foil atap juga nantinya bisa mempengaruhi total upah pemasangannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan pasang aluminium foil atap per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang aluminium foil sebagai peredam panas pada atap baja ringan menggunakan pekerja borongan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *