Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Kayu Ulin

Harga Kayu Ulin

Harga Kayu Ulin – Kayu ulin atau yang juga disebut dengan nama bulian atau kayu besi merupakan tanaman khas daerah Kalimantan. Kayu ini merupakan salah satu jenis material yang sering digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan, jembatan hingga konstruksi perkapalan.

Perlu kalian ketahui, kayu ulin termasuk ke dalam jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 meter dengan diameter hingga 120 cm. Kayu ini sudah terkenal dengan sifat berat dan keras karena ketahanannya terhadap perubahan suhu, kelembapan serta pengaruh air laut yang tinggi.

Oleh karena itulah kayu ini sering disebut dengan kayu besi karena memiliki daya tahan yang sangat kuat serta tahan banting. Jadi, bagi kalian yang sedang membangun rumah, kayu ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian gunakan sebagai material pondasi atau pagar rumah.

Namun, sebelum membelinya alangkah baiknya kalian mengerti terlebih dahulu berapa harga dari material tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa kisaran harga kayu ulin di pasaran untuk semua jenis-jenisnya.

Daftar Harga Kayu Ulin Terbaru & Terlengkap

Tidak jauh berbeda dengan KAYU BENGKIRAI, kayu ulin juga bisa kalian gunakan sebagai material bahan bagunan atau sebagai bahan pembuatan furnitur. Daripada kalian penasaran berapa harga kayu tersebut, langsung saja simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Jenis-Jenis Kayu Ulin

Jenis Kayu Ulin

Sebelum membahas harga kayu ulin lebih lanjut, sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Berdasarkan warna dan kegunaannya, kayu ulin dapat dibedakan menjadi 4 jenis. Di bawah ini akan kami jelaskan ciri-ciri dari masing-masing jenis kayu tersebut.

1. Ulin Lilin

Kayu ulin yang pertama ini mungkin menjadi salah satu jenis yang paling sering digunakan oleh sebagian orang. Kayu ini memiliki ciri-ciri batang berwarna cokelat yang lebih gelap. Biasanya kayu ini digunakan sebagai pondasi rumah ataupun untuk konstruksi lantai kayu.

2. Ulin Tando

Kayu ulin tando memiliki karakteristik khusus yang mana pada bagian batangnya memiliki warna cokelat kemerahan. Kayu ini kerap digunakan sebagai bahan flooring maupun pondasi bangunan.

3. Ulin Kapur

Jenis kayu ini sangat cocok untuk kalian gunakan sebagai bahan konstruksi atap. Pasalnya kayu ini memiliki batang yang berwarna cokelat muda yang sangat mudah untuk dibelah dan dibentuk.

4. Ulin Tembaga

Sesuai dengan namanya, kayu ulin tembaga ini memiliki batang yang berwarna kekuningan. Biasanya jenis ini dimanfaatkan sebagai konstruksi lantai kayu ataupun pondasi kayu sebuah bangunan.

Kegunaan Kayu Ulin

Kegunaan

Perlu kalian ketahui, kayu ulin merupakan salah satu jenis kayu yang berada pada kelas I jika dilihat dari segi keawetan dan ketahanannya. Selain itu, material ini juga tahan terhadap rayap, serangga, perubahan suhu serta kelembaban.

Oleh karena itu, kayu ulin sangat cocok untuk kalian aplikasikan sebagai material konstruksi bangunan, tiang listrik hingga perkapalan. Kalian juga bisa memanfaatkan kayu ini untuk membuat berbagai macam perabot rumah tangga seperti meja dan kursi atau kerajinan ukir kayu lainnya.

Harga Kayu Ulin Berdasarkan Bentuk

Harga Kayu Ulin Berdasarkan Bentuk

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis dan kegunaan dari kayu ulin, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa harganya. Berikut ini akan kami berikan daftar harga kayu ulin jika dilihat berdasarkan bentuknya.

1. Kayu Ulin Per Meter Persegi

Umumnya, kayu ulin ini di pasaran dijual dengan satuan per meter persegi. Nah, berikut ini adalah daftar harga beberapa kayu ulin per meter persegi dengan ukuran yang bervariasi.

Jenis KayuUkuranSatuanHarga
Kayu Ulin17 x 80 x 1.200 mmm2Rp 375.000
Kayu Ulin18 x 80 x 1.200 mmm2Rp 450.000
Kayu Ulin19 x 80 x 1.200 mmm2Rp 500.000
Kayu Ulin19 x 90 x 1.200 mmm2Rp 650.000
Kayu Ulin19 x 100 x 1.200 mmm2Rp 700.000
Kayu Ulin20 x 10 x 1.200 mmm2Rp 750.000

2. Kayu Ulin Per Batang

Selain dapat dibeli dengan ukuran per meter, kayu ulin juga bisa dibeli dengan satuan per batang. Kalian bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan, sebagai contoh ukuran 2 x 10 x cm yang biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 250.000 per batang.

3. Kayu Ulin Bekas

Apabila harga kayu ulin terasa terlalu mahal, kalian juga bisa memanfaatkan kayu ulin bekas. Pasalnya, saat ini sudah cukup banyak tersedia kayu ulin bekas yang dijual di pasaran. Tentunya harganya juga lebih murah dibandingkan dengan kayu baru, yaitu hanya sekitar Rp 280.000 per meter kubik.

4. Kayu Ulin Ukuran Besar

Kayu ulin dengan ukuran 20 x 10 x 1.200 cm merupakan ukuran terbesar yang bisa kalian dapatkan di pasaran. Kayu ini bisa kalian dapatkan dengan kisaran harga Rp 750.000 per meter perseginya. Harganya yang tergolong mahal tersebut juga sebanding dengan kualitas kayu yang akan kalian dapatkan.

5. Kayu Ulin Untuk Pagar

Perlu kalian ketahui, kayu ulin juga bisa kalian manfaatkan sebagai material untuk pagar rumah. Hal itu dikarenakan kayu jenis ini memiliki kualitas yang cukup baik serta mampu untuk bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kalian bisa menggunakan kayu ulin dengan ukuran 2 x 10 x 190 cm dengan harga Rp 136.000 untuk membuat sebuah pagar rumah.

Harga Kayu Ulin Berdasarkan Daerah

Harga Kayu Ulin Berdasarkan Daerah

Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan kayu ulin di berbagai daerah dengan harga yang cukup bervariatif. Nah, di bawah ini adalah harga kayu ulin berdasarkan daerahnya.

1. Kayu Ulin di Bali

Bali merupakan salah satu daerah yang kerap menggunakan berbagai macam jenis kayu untuk membuat karya seni, termasuk kayu ulin. Oleh karena itu, harga kayu jenis ini juga ditentukan oleh hasil karya para seniman. Semakin rumit bentuk yang ada, maka akan semakin mahal pula harganya.

2. Kayu Ulin Kalimantan

Kayu ulin Kalimantan hingga saat ini memang masih menjadi komoditas utama dalam dunia kayu. Salah satu kunggulan dari kayu ini yaitu pada saat terkena air, maka kayu ini tidak akan licin sehingga tidak akan membahayakan penggunanya. Meskipun begitu, kayu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sebesar Rp 16.000.000 per meter kubik.

3. Kayu Ulin Sulawesi

Sulawesi menjadi daerah penghasil kayu ulin terbesar kedua setelah Kalimantan. Namun, kayu ulin sulawesi ini dijual dengan harga yang sedikit lebih murah yaitu sekitar Rp 13.000.000 per meter kubiknya. Kayu ini juga dapat kalian pesan dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

4. Kayu Ulin Balikpapan

Daerah selanjutnya yang juga dikenal dengan penghasil kayu ulin terbesar yaitu Balikpapan. Biasanya kayu ini dijual dengan satuan per meter kubik dengan kisaran harga Rp 15.000.000. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kayu ulin balik papan memiliki harga yang berada di tengah-tengah antara ulin Kalimantan dan Sulawesi.

Akhir Kata

Setelah kalian membaca ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa harga dari material kayu ulin ini sangat bervariasi. Oleh karena itu, untuk mendapatkan harga yang kompetitif, penting untuk kalian ketahui mengenai informasi harga terbarunya.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai kisaran harga kayu ulin per meter dan per batang untuk semua jenisnya. Semoga informasi di atas bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak membeli material tersebut.

Harga Kayu Ulin

IDR 136000
9.3

Harga

8.8/10

Kualitas

9.5/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.6/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

One Reply to “Harga Kayu Ulin”

  1. Harga

    7

    Kualitas

    9

    Fungsional

    9

    Garansi

    9

    Daya Tahan

    9

    1 meterkubik Papan Kayu Ulin sama dengan berapa Kg. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *