Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Biaya Service Pompa Air Semua Merk & Jenis Kerusakan 2022

Biaya Servie Pompa Air
Advertisements

Biaya Service Pompa Air – Jika kalian masih memanfaatkan sumur sebagai sumber air bersih di rumah, maka mesin pompa air menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk penggunaan pompa air pada rumah ataupun tempat-tempat umum, performa alat tersebut harus tetap dijaga dalam kondisi bagus dan baik.

Namun sayangnya, minimnya pengetahuan terhadap penggunaan mesin pompa air seringkali mengakibatkan alat ini cepat rusak dan kebutuhan air menjadi tidak bisa tersalurkan. Maka dari itu, perawatan secara berkala sangat penting untuk dilakukan oleh pemilik pompa air, yaitu minimal 3 bulan sekali.

Namun, jika pompa air terdapat sebuah permasalahan atau gangguan sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal, maka salah satu solusinya yaitu dengan memanggil tukang service. Dimana di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali jasa penyedia service pompa air untuk berbagai macam jenis dan merk.

Advertisements

Apabila kalian berencana memperbaiki pompa air ke tukang service terdekat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga jasanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya service pompa air untuk semua jenis kerusakan dan merk mesinnya.

Jenis Kerusakan Pompa Air

Seperti dijelaskan sebelumnya, meskipun penggunaan pompa air sudah dilakukan sesuai prosedurnya, namun tetap saja bahwa peralatan rumah tangga tersebut memiliki usia pakai. Jadi, jika memang pompa air sudah dipakai selama puluhan tahun, maka kemungkinan besar akan menimbulkan beberapa masalah.

Salah satu jenis kerusakan yang paling umum dialami oleh alat tersebut yaitu pompa air mengeluarkan suara berisik. Selain itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membahas biaya service pompa air lebih lanjut, berikut akan kami berikan beberapa contoh jenis kerusakan ataupun permasalahannya.

  • Pompa air mati total.
  • Pompa air hidup namun suaranya aneh kemudian mati.
  • Pompa air menyala tapi air tidak mau keluar.
  • Pompa air lemah atau semburan airnya kecil.

Jenis Service Pompa Air

Jenis Service Pompa Air
Advertisements

Perlu diketahui, besaran biaya service pompa air sebenarnya tergantung pada jenis perbaikan serta tingkat kerusakannya. Jika pompa air hanya mengalami permasalahan ringan, maka kalian tidak perlu mengeluarkan anggaran dana terlalu besar. Begitu pun sebaliknya, jika kerusakan sudah cukup parah, maka kemungkinan besar kalian membutuhkan anggaran dana lebih besar pula.

Secara garis besar, para tukang atau penyedia jasa service pompa air menyediakan beberapa jenis pelayanan. Adapun jenis jasa pelayanan service pompa air tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Pengecekan

Pengecekan pompa air biasanya akan dilakukan oleh tukang service ketika alat tersebut mengalami sebuah masalah. Dimana tujuan pengecekan ini dilakukan supaya mereka dapat mengetahui dimana letak atau titik permasalahannya.

2. Service Ringan

Selanjutnya yaitu ada jenis service ringan. Service ringan sendiri akan dilakukan olah teknisi apabila tingkat kerusakan pompa air yang harus diperbaiki tidak harus mengangkat pipa dari dalam sumur. Salah satu contoh kerusakan ringan yaitu mesin pompa air menjadi lebih lambat perputarannya.

3. Service Besar

Sementara service besar yaitu termasuk ke dalam jenis kerusakan yang mengharuskan teknisi mengangkat pipa dari dalam sumur. Adapun contoh kerusakan besar yaitu saat terjadi kebocoran pada pipa atau biasa disebut dengan tusen klep. Biasanya permasalahan tersebut disebabkan oleh sumbatan pasir ataupun seal tape.

4. Jasa Pemasangan

Seperti diketahui, tidak semua orang bisa memasang pompa air. Sehingga mereka membutuhkan tenaga ahli yang pastinya sudah mengetahui prosedur pemasangannya. Sebelum memulai memasang pompa air, biasanya tukang service akan mempersiapkan instalasi kelistrikannya terlebih dahulu.

5. Jasa Bongkar Pasang

Bongkar pasang pompa air ialah sebuah jasa pelayanan untuk melepas pompa air yang sebelumnya sudah terpasang, kemudian memasangnya kembali ke tempat baru. Umumnya jasa pelayanan jenis ini akan dibutuhkan ketika seseorang berpindah tempat tinggal ataupun tempat kerja.

Biaya Service Pompa Air

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya tidak semua jenis kerusakan pompa air harus diperbaiki oleh teknisi ataupun tukang service. Sebagai contoh ketika kalian mengalami masalah seperti pompa air di rumah tersendat-sendat, maka sebenarnya masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya.

Akan tetapi, kalian juga tentunya harus mengetahui dasar-dasar sistem kerja pompa air sehingga kalian mengerti apa langkah yang dibutuhkan. Namun, supaya lebih aman dan tidak menimbulkan permasalahan lebih serius, maka saran kami sebaiknya panggillah tukang service ke rumah untuk memperbaikinya.

Untuk besaran biaya jasa service pompa air sendiri sebenarnya bisa berbeda-beda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara tuntas mengenai biaya service pompa air untuk semua jenis kerusakan serta merk mesinnya.

Jasa ServiceBiaya
Kunjungan dan Pengecekan (Tanpa Service)Rp 75.000
Service RinganRp 150.000
Service Besar (Angkat Pipa dari Sumur)Rp 400.000
Pemasangan Pompa AirRp 150.000 – Rp 300.000
Bongkar Pasang Pompa AirRp 200.000 – Rp 350.000

Catatan :

  • Biaya pengecekan pompa air tidak dikenakan jika menggunakan jasa lainnya serta akan dikenakan jika tidak menggunakan jasa service lainnya.
  • Jenis kerusakan ringan termasuk karet pompa air kendor, ganti serta setting radar, sembung pipa hingga ganti kapasitor.
  • Biaya jasa service pompa air di atas tergantung pada jenis mesinnya.

Tips Merawat Pompa Air

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya service pompa air untuk semua merk mesin beserta jenis kerusakannya. Supaya mesin pompa air di rumah bisa awet dan tahan lama, ada baiknya cari tahu beberapa tips perawatannya berikut ini.

  • Letakkan pompa air di tempat teduh untuk menghindari korsleting.
  • Berikan pelindung supaya pompa air terbebas dari genangan air.
  • Jangan meletakkan mesin pompa air di tempat rendah ataupun di bawah sumber isapan air.
  • Hentikan penggunaan mesin pompa air jika dalam kondisi kering.
  • Jangan mengoperasikan pompa air pada suhu ekstrem, yaitu sekitar di atas 40°C atau di bawah 5°C.
  • Berikan oli pada gigi putar atau leher pompa air.
  • Pastikan mesin pompa air sudah mati dan kabel telah terlepas dari stop kontak agar bisa menghemat listrik.
  • Jangan membungkus pompa air dengan bahan mudah terbakar.
  • Jangan biarkan mesin pompa air menyala dalam keadaan tanpa mengeluarkan air dalam waktu lama.

Akhir Kata

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar biaya service pompa air untuk semua merk mesin beserta jenis kerusakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin melakukan service pompa air ke teknisi terdekat.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.