Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Sewa Pompa Beton 2023: Per M3, Per Jam & Per Hari

Harga Sewa Pompa Beton

Harga Sewa Pompa Beton – Pompa beton atau concrete pump ialah mobil pompa yang berfungsi untuk memindahkan atau menaikkan beton dari mobil beton ready mix ke lokasi proyek yang ingin di cor. Dimana alat tersebut mampu memindahkan beton ready mix ukuran truk 7 m3 hanya dalam waktu sekitar 15 sampai 20 menit saja.

Adapun cara kerja pompa beton sendiri yaitu mulai dari sampai di lokasi proyek, kemudian memarkirkan kendaraan tersebut ke struktur tanah yang akan dijadikan sebagai pijakan pompa beton supaya tidak amblas pada saat pengerjaan. Kemudian pompa nantinya mulai mengeluarkan kaki-kakinya untuk menahan beban saat mengeluarkan belalai pompa.

Di berbagai macam wilayah Indonesia sendiri kini sudah tersedia cukup banyak sekali jasa sewa pompa beton untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan. Akan tetapi, tentunya mereka mempunyai ketentuan mengenai besaran tarif atau harga jasa untuk setiap pelayanan menggunakan pompa beton tersebut.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana ingin menggunakan jasa sewa pompa beton, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai daftar harga sewa pompa beton semua tipe atau jenis di seluruh daerah di Indonesia.

Fungsi Pompa Beton

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar harga sewa pompa beton berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian hingga fungsinya. Secara garis besarnya, pompa beton ialah sebuah alat yang digunakan untuk mendorong hasil cairan beton yang sudah diolah dari mixer truck.

Biasanya pompa beton digunakan untuk mengecor lempengan beton, lantai basement atau juga bisa digunakan pada pondasi dasar kolam renang. Pada intinya, pompa beton atau concrete pump dimanfaatkan untuk mengerjakan pengecoran yang sulit dilakukan secara manual.

Keuntungan Pompa Beton

Seperti sudah disinggung sebelumnya, adanya pompa beton tentunya membuat pekerjaan pengecoran menjadi lebih cepat dan efisien. Oleh sebab itu, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan sejumlah keunggulan ataupun penggunaan pompa beton di dalam pekerjaan pengecoran konstruksi bangunan.

  • Penuangan beton menjadi lebih sederhana dan lebih cepat.
  • Pompa beton memastikan bahwa beton ditempatkan dengan mudah di lokasi yang tidak bisa diakses.
  • Pompa beton mengurangi kebutuhan tenaga kerja karena penanganan yang lebih sedikit.
  • Pompa beton menjanjikan akurasi dan kualitas penempatan beton cor yang lebih tinggi.
  • Penempatan beton menggunakan pompa beton sama sekali tidak dipengaruhi oleh kondisi cuaca.

Tipe Pompa Beton

Tipe Pompa Beton

Ketika hendak mengetahui besaran harga sewa pompa beton di berbagai macam daerah di Indonesia, tentunya kalian juga harus mengerti apa saja jenis-jenis ataupun tipenya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tipe pompa beton nantinya akan mempengaruhi besaran harga ataupun tarif penyewaannya.

Untuk saat ini, di Indonesia sendiri pompa beton atau concrete pump dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu pompa beton standar, mini, long boom dan super long boom. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan mengenai jenis-jenis pompa beton di dalam dunia konstruksi bangunan berikut ini.

  • Pompa Beton Standar
    • Mempunyai jangkauan belalai sampai 18 meter atau setara bangunan lantai 3-4. Pompa tipe ini merupakan pompa beton yang paling sering digunakan dalam pengerjaan bangunan rumah tinggal.
  • Pompa Beton Mini
    • Mampu menjangkau lantai 3 dengan panjang belalai mencapai 15 meter. Untuk ukuran mobil pompa beton mini lebih kecil dibandingkan dengan pompa beton standar dan seringkali digunakan bersamaan dengan pemesanan minimix.
  • Pompa Beton Long Boom
    • Mempunyai belalai berlipat 4 yang mampu menjangkau hingga 28 meter bangunan atau setara dengan lantai 5-6. Cukup berbeda dengan lipatan pompa beton mini dan standar, tipe ini memiliki lipatan lebih untuk menjangkau area cor.
  • Pompa Beton Super Long Boom
    • Mempunyai jangkauan belalai hingga 36 meter atau setara dengan bangunan 8-9 lantai. Pompa tipe ini memiliki lipatan yang lebih banyak serta harus dipersiapkan parkiran lebih luas untuk membuka kaki-kakinya.

Harga Sewa Pompa Beton

Setelah memahami sekilas pengertian, fungsi, keuntungan hingga jenis-jenis pompa beton di dalam dunia konstruksi bangunan, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa besar harga sewanya. Seperti halnya harga sewa alat berat, besaran harga sewa pompa beton juga bisa berbeda di beberapa wilayah Indonesia karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Adapun salah satu faktor yang mampu mempengaruhi besaran harga sewa pompa beton yaitu waktu penyewaannya, entah itu dalam hitungan per meter kubik, per jam maupun per hari. Namun, pada umumnya para penyedia jasa sewa pompa beton menentukan harga atau tarif penyewaan dengan hitungan 1 shift, yaitu 8 jam.

Jika pengerjaan atau penyewaan pompa beton melebihi batas waktu yang sudah ditentukan, maka pemilik bangunan biasanya akan dikenai biaya tambahan sebagai bentuk denda. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga sewa pompa beton untuk semua jenis di seluruh wilayah Indonesia.

Jenis Pompa BetonKubikasiHarga Sewa / 8 Jam
Pompa Beton Standar1 – 25 m³IDR 3.500.000
Pompa Beton Standar26 – 50 m³IDR 3.800.000
Pompa Beton Standar51 – 75 m³IDR 4.100.000
Pompa Beton Standar76 – 100 m³IDR 4.400.000
Pompa Beton Mini1 – 25 m³IDR 3.800.000
Pompa Beton Mini26 – 50 m³IDR 4.100.000
Pompa Beton Mini51 – 75 m³IDR 4.400.000
Pompa Beton Mini76 – 100 m³IDR 4.700.000
Pompa Beton Long Boom1 – 25 m³IDR 5.000.000
Pompa Beton Long Boom26 – 50 m³IDR 5.300.000
Pompa Beton Long Boom51 – 75 m³IDR 5.600.000
Pompa Beton Long Boom76 – 100 m³IDR 5.900.000
Pompa Beton Super Long Boom1 – 25 m³IDR 6.500.000
Pompa Beton Super Long Boom26 – 50 m³IDR 6.800.000
Pompa Beton Super Long Boom51 – 75 m³IDR 7.000.000
Pompa Beton Super Long Boom76 – 100 m³IDR 7.200.000

Catatan : Besaran daftar harga sewa pompa beton di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tips Sewa Pompa Beton

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga sewa pompa beton semua tipe di seluruh wilayah Indonesia, entah itu per meter kubik, per jam maupun per hari. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika ingin menyewa pompa beton.

  • Lakukan negosiasi harga sewa pompa beton.
  • Tentukan besaran volume dan mutu beton, akan lebih baik jika disesuaikan dengan bidang bangunan yang akan di cor.
  • Pastikan lokasi proyek pengecoran mempunyai akses jalan yang baik dan lebar agar truk molen ataupun truk pompa ready mix bisa masuk.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran daftar harga sewa pompa beton semua tipe di seluruh wilayah Indonesia, entah itu per m3, per jam maupun per hari. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menggunakan jasa sewa pompa beton untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Sumber gambar : strong-indonesia.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *